Report Abuse

Stats

Comment

Cara Menulis Informasi Untuk Website Instansi Dan Perusahaan

Post a Comment
Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan
Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan - Professional Online News Writing Tips.

TIPS cara menulis informasi ini sengaja aku tambah judulnya dengan "untuk Website Instansi dan Perusahaan" dengan impian postingan ini dibaca oleh karyawan instansi pemerintah atau perusahaan yang bertugas menulis informasi untuk isi website instansi/perusahaannya.

Saya masih sering menemukan informasi yang disajikan di situs web instansi/perusahaan disajikan "asal-asalan". Padahal, menulis di website itu sebaiknya mengikuti kaidah menulis di media online semoga gampang dibaca dan dipahami.

Dalam hal teknis penulisan, cara menulis informasi untuk website instansi/perusahaan sama saja dengan cara menulis informasi untuk media profesional, media komersial, atau media pers (media siber).

Staf Humas Instansi/Perusahaan, khususnya yang bertugas sebagai web content editor, pun harus dapat menulis sebagaimana wartawan profesional semoga beritanya lezat dibaca dan gampang dipahami.

Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan

Hal penting yang sering dilupakan dalam menulis informasi online ialah cara menyajikan naskahnya. Saya ambil pola naskah informasi di sebuah website instansi pemerintah.

Berikut ini screenshotnya.

Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan

Sajian naskah di atas memakai perataan teks (text alignment) rata kiri-kanan (justify/justified). Padahal, standar penulisan website ialah rata kiri (align-left), sebagaimana dikemukakan laman W3C berikut ini:

“Many people with cognitive disabilities have a great deal of trouble with blocks of text that are justified (aligned to both the left and the right margins). The spaces between words create “rivers of white” running down the page, which can make the text difficult for some people to read.

This failure describes situations where this confusing text layout occurs. The best way to avoid this persoalan is not to create text layout that is fully justified.” (World Wide Web Consortium/W3C).


Jadi, sebaiknya naskah dalam gambar di atas tampil ibarat ini, yakni memakai perataan teks rata kiri.

Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan

Setelah diubah menjadi rata kiri, maka sajian naskah menjadi lebih gampang dipindai (scannable), gampang dibaca, dan gampang dipahami.

Lebih baik lagi, kalau sajian naskah informasi di atas diubah lagi menjadi ibarat ini:

Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan

Setelah kita "penggal-penggal", sajian naskah di atas menjadi lebih baik atau lebih scannable. Ini sesuai dengan hasil studi NN Group perihal cara pengguna membaca di website: How user read on the Web.

Dengan demikian, naskah informasi yang disajikan di website instansi/perusahaan dan di media online  pada umumnya, sebaiknya:
  1. Rata Kiri
  2. Menggunakan Alinea Pendek
  3. Ada Jarak Antar Alinea
  4. Naskah Panjang Dipenggal dengan Subjudul (Subheading)
Demikian Cara Menulis Berita untuk Website Instansi dan Perusahaan dari segi Perataan Teks (Text Aligment) yang sering dilupakan atau dibaikan. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Sumber https://www.romelteamedia.com

Related Posts

Post a Comment