Report Abuse

Stats

Comment

Pengertian Media Gres (New Media)

Post a Comment
 Meski keduanya mengartikan media gres sebagai  Pengertian Media Baru (New Media)
Pengertian Media Baru (New Media).

MENDEFINISIKAN media gres tidak mudah. Demikian Bailey Socha and Barbara Eber-Schmid dari New Media Institute. "Defining New Media Isn't Easy," katanya.

Meski keduanya mengartikan media gres sebagai "segala macam barang yang terkait dengan internet, teknologi, gambar, dan suara", namun dalam kenyataannya definisi media gres berubah setiap hari dan akan terus demikian.

"Media Baru yakni istilah periode ke-21 yang dipakai untuk mendefinisikan semua yang terkait dengan internet dan interaksi antara teknologi, gambar dan suara. Bahkan, definisi media gres berubah setiap hari, dan akan terus berkembang".

"New Media is a 21st Century catchall term used to define all that is related to the internet and the interplay between technology, images and sound. In fact, the definition of new media changes daily, and will continue to do so."

Media gres yakni media yang gres muncul sehabis media konvensional atau media lama. Media konvensional yakni media cetak dan elektronik (radio, televisi, film).


Media gres yaitu media yang tersaji di internet, yakni media siber (media daring/media online) atau situs web, serta media sosial. Aplikasi WhatsApp dan Line juga termasuk media baru.

 Meski keduanya mengartikan media gres sebagai  Pengertian Media Baru (New Media)


Versi Wikipedia dengan referensi Flew (2005). New Media : An Introduction. 2nd Edition, Oxford University Press: New York, media gres ( new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media gres yakni Internet.

Baca Juga: Pengertian Media Online

Ciri Media Baru

Pakar komunkasi Denis McQuail dalam buku Teori Komunikasi Massa (2011) menjelaskan, ciri utama media gres yaitu:
  • Adanya saling keterhubungan (interkonektivitas)
  • Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai peserta maupun pengirim pesan
  • Interaktivitasnya
  • Kegunaan yang bermacam-macam sebagai huruf yang  terbuka
  • Sifatnya yang ada di mana-mana

Jenis-Jenis Media Baru

Laman  Southeastern University menyebutkan 5 jenis media gres sebagai berikut:
  1. Blog
  2. Virtual Reality
  3. Social Media
  4. Online Newspaper
  5. Digital Games

Media Baru dalam Komunikasi Massa

 Meski keduanya mengartikan media gres sebagai  Pengertian Media Baru (New Media)
Dulu, sebelum kehadiran dan perkembangan internet (media online), komunikasi massa hanya dapat berlangsung secara satu arah (one way communication) melalui suratkabar, majalah, televisi, radio, dan film.

Meski ada interaktivitas di televisi dan radio, namun tidak secepat dan semudah interaksi di media online --sharing, commenting, liking, dan bahkan bullying.

Kehadira media baru, utamanya blog dan media sosial, memungkinkan semua orang memproduksi dan menyebarluaskan informasi yang dulu hanya dapat dilakukan wartawan melalui media massa konvensional.

Kini, di era media baru, semua orang dapat menjadi wartawan (dalam pengertian teknis), bahkan menciptakan jalan masuk penyebaran informasi sendiri dengan fasilitas menciptakan situs web atau blog.

Media gres juga memudahkan praktisi humas dan marketing officer untuk mengiklankan produk atau jasa dan penjelasan isu.

Era media gres juga memungkinkan wartawan mempunyai media publikasi sendiri dalam konsep Stand-Alone Journalism.

Demikian ulasan ringkas perihal media baru. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Sumber https://www.romelteamedia.com

Related Posts

Post a Comment