Report Abuse

Stats

Comment

4 Tahap Mencari Penulis Artikel Yang Berbakat Untuk Konten Blog Anda

Post a Comment

Tidak semua blogger menulis artikel sendiri.
Kadang alasannya ialah pemiliknya tidak ada waktu, alasannya ialah blognya sudah terlalu besar, atau bisa juga alasannya ialah mereka tidak terlalu paham wacana topiknya (sehingga butuh yang lebih ahli).
Tapi mencari penulis tidak bisa sembarangan.
Kesuksesan blog itu dipengaruhi 100% oleh kontennya, blog anda akan gagal jikalau penulis yang anda rekrut tidak bisa menciptakan konten berkualitas.
Inilah yang akan kita pelajari sekarang…
Setelah membaca panduan ini, anda akan paham cara mencari penulis yang bisa menulis konten berkualitas.
Sebelum masuk ke inti topik kali ini—tentang mencari penulis, saya akan membahas sekilas wacana perkembangan blog yang kita jadikan sebagai studi kasus.
Ini data dari Google Analytics untuk bulan April:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Di bulan April, total ada 65.686 sessions (+58,42%).
Dibandingkan bulan Maret, tidak ada perkembangan yang cukup signifikan alasannya ialah artikel-artikel yang gres dibentuk belum masuk ke halaman 1 Google.
Ini pendapatan dari AdSense:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Di bulan April, blog ini rata-rata mendapat sekitar $2,7 per hari. Pendapatan total dari AdSense di bulan April yaitu $83,38.
Ada 2 sumber pendapatan lagi selain AdSense.
Pertama, dari Amazon:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Saya sempat membandingkan pendapatan Amazon saya dengan beberapa website lain milik teman-teman saya, ternyata pendapatan blog ini jauh di bawah rata-rata.
Hanya $185,97 di bulan April.
Setelah konsultasi dengan para pakar Amazon, alasan utamanya karena konten-konten yang saya buat selama ini tidak efektif untuk menghasilkan pembelian di Amazon.
Maka dari itu meskipun jumlah pengunjungnya tidak mengecewakan tapi konversinya kecil.
Yang terakhir, ini pendapatan dari Clickbank:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Pendapatan dari Clickbank juga belum optimal, alasannya sama menyerupai Amazon. Seperti yang bisa anda lihat di atas, pendapatan hariannya tidak stabil.
Pendapatan total dari Clickbank di bulan April yaitu $511,39.
Dengan demikian, ini statistik simpulan di bulan April:
  • Total pengunjung: 65.686
  • Total pendapatan: $780,74
Itulah perkembangan blog studi kasus kita.
Seperti yang sudah saya ceritakan di awal, saya hanya bisa menghabiskan waktu 1-3 jam per ahad untuk mengurus website ini.
Maka dari itulah saya butuh penulis.
Menggunakan jasa penulis memang butuh biaya, tapi biaya ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan waktu yang bisa saya irit untuk menulis artikel sendiri.
(selain itu, biayanya juga sudah tertutup oleh penghasilan)
Kali ini kita akan berguru cara mencari penulis artikel untuk blog.

Berapa sih upah rata-rata untuk penulis artikel?

Biasanya blogger pemula tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk membayar penulis.
Ini bahaya…
Memang pada kenyataannya ada penulis yang upahnya sangat rendah. Bahkan saya pernah melihat beberapa penulis Indonesia rela dibayar Rp 10.000 per artikel 500 kata.
Tapi ini masalahnya:
Kalau bayarannya rendah, kualitasnya PASTI kacau.
Mereka ini biasanya orang yang butuh uang santai. Mereka tidak mau menghabiskan banyak waktu untuk riset dan menulis, sehingga artikelnya ngawur.
Coba saja dihitung:
Kalau misal per artikel dibayar Rp 20.000, berarti untuk mencapai pendapatan Rp 3 juta per bulan maka mereka harus menulis 150 artikel dalam 30 hari!
Berarti mereka harus kejar setoran…
Yang penting cepat, kualitas nomor sekian.
Maka dari itu, ini pesan saya:
Kalau anda tidak bisa mengeluarkan modal, jangan cari penulis.
Mending tulis sendiri.
Lebih baik punya sedikit artikel yang berkualitas daripada banyak artikel tapi semuanya tidak layak.
…lalu berapa upah yang layak?
Sebetulnya tergantung.
Kalau artikel anda butuh banyak riset, maka harganya lebih mahal. Kalau artikelnya gampang dibuat, lebih murah.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, MINIMAL biaya yang harus anda keluarkan untuk mendapat penulis yang layak ialah $0.03 per kata.
($45 atau Rp 450.000 per artikel 1500 kata)
Tapi, sekali lagi, tergantung… bisa juga lebih murah.

1. Mencari penulis di TextBroker dan Problogger

Ini 2 daerah favorit saya untuk mencari penulis.
Keunggulan, kelemahan, dan cara mencarinya akan saya jelaskan masing-masing di bawah ini.

Menggunakan TextBroker

TextBroker ialah sebuah website jual beli antara orang yang butuh jasa penulis artikel dengan para penulis. Kita bisa memasang job pembuatan artikel, kemudian akan ada penulis yang mengambil jobnya.
Ada banyak website sejenis, tapi berdasarkan saya TextBroker yang paling cantik antara harga dan kualitasnya.
Lakukan langkah-langkah berikut:
Pertama, buat akun di TextBroker.
Kemudian buat orderan baru, pilih open order.
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Setelah itu pilih General Order.
Ikuti pengaturan di bawah ini untuk mendapat artikel yang kualitasnya cukup bagus:
  1. Word count: minimal 1000, untuk topik artikel yang perlu dibahas panjang minimal 2000
  2. Processing time: minimal 1 hari per 1000 kata
  3. Quality level: Minimal 4 stars
  4. Advanced SEO options: kosongkan semuanya
  5. Keywords: kosongkan
Quality level sebaiknya minimal 4 stars. Saya sudah pernah mencoba di bawah 4 stars, tapi karenanya tidak memuaskan.
Setelah itu, anda akan diminta memasukkan order briefing.
Ini rujukan order briefing yang bisa anda gunakan:
IMPORTANT: Please do not pick up this project unless you have an actual experience in [topic].
Voice: 1st person singular (I, me, my) and 2nd person (you, your)
Style/Tone: Conversational.
Formatting Requirements: Use shorter paragraphs (1-3 sentences), subheaders (H3), and bulleted or numbered lists. Your article must link to at least 2 other articles on [topic] blogs.
Example of writing style: [link ke rujukan artikel yang ingin ditiru]
Dengan menawarkan briefing, maka artikel anda akan jadi lebih seragam meskipun ditulis oleh orang yang berbeda.
Sesuaikan briefing di atas dengan kebutuhan anda.
Setelah itu, bayar pesanannya dan tunggu artikelnya selesai.

Mencari penulis tetap di ProBlogger

TextBroker bergotong-royong sudah cukup.
Tapi saya pribadi lebih suka punya penulis tetap.
Alasannya karena penulis tetap kualitasnya lebih terpercaya dan bisa diberikan training/instruksi yang lebih spesifik supaya karenanya sesuai dengan apa yang saya harapkan.
Untuk memasang job di ProBlogger anda diharuskan membayar $50. Tapi biaya ini tidak ada apa-apanya dibandingkan kualitas penulis dan jumlah pendaftar.
Pertama-tama, buka Jobs Problogger.
Klik link “Post a job” di kanan atas.
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Untuk deskripsi jobnya, anda bisa tiru lowongan kerja lain kemudian ubah sesuai kebutuhan.
Ini rujukan yang bisa anda gunakan:
[Blog] is looking for an experienced writer with actual experience in [topic].
Job overview:
  • Topics covered: [topic1], [topic2], [topic3]
  • Length: 1000+ words
  • Article requirements: well-researched, in-depth, visual, inbound and outbound link, conversational tone
Tambahkan lagi keterangannya sesuai kebutuhan anda. Kalau bingung, tiru saja lowongan yang lainnya.
Kemudian di cuilan How to Apply, ini contohnya:
To apply for this job, please include:
  • A bit about you and why you’d be a perfect fit for this job
  • Your experience in [topic]
  • Your rate or hourly rate per article
  • Links to any [topic] article you’ve published previously
Send your application to xxx@xxx.com

2. Merekrut penulis yang melamar dari Problogger

Tahap ini khusus untuk Problogger saja.
Setelah job di ProBlogger terpasang, anda akan mendapat puluhan atau ratusan pendaftar dalam beberapa hari ke depan.
Anda harus menentukan mana yang cantik dan mana yang kurang bagus.
Ini ciri-ciri yang bagus:
  1. Semua kelengkapan yang harus disertakan dalam registrasi terpenuhi
  2. Punya pengalaman faktual terhadap topiknya
  3. Atau, pernah menulis di situs besar wacana topik tersebut
  4. Contoh artikel yang pernah mereka tulis sesuai dengan standar kualitas anda
Tapi ini saja belum cukup.
Setelah menyeleksi yang bagus, anda harus menguji kemampuan mereka lagi semoga lebih yakin.
Caranya, berikan tes.
Seperti ini tes yang bisa anda berikan:
  1. Minta mereka mengirimkan 3 judul artikel ke email anda beserta 1-3 kalimat penjelasan
  2. Kalau judulnya sesuai dengan impian anda, pilih salah satu dan minta mereka menulis artikelnya
  3. Setelah selesai, tinjau kualitasnya. Kalau cocok, maka si penulis tersebut dibayar sesuai harga yang diminta dan beliau jadi penulis tetap
Setelah anda mendapat penulis, kita lanjut ke langkah berikutnya.

3. Me-manage penulis dan proses pembuatan konten

Di episode sebelumnya kita sudah bicara wacana keyword, pembuatan blog, dan kini anda sudah punya penulis.
Saatnya menciptakan konten.
Yang pertama anda lakukan ialah menciptakan akun di WordPress anda untuk si penulis (kalau dari Problogger).
Caranya, buka Dashboard, kemudian masuk ke sajian Users > Add New.
Pada cuilan Role, pilih Author:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Selanjutnya, menyerupai ini prosesnya:
  1. Minta si penulis untuk mengirimkan 3 judul artikel atau lebih setiap minggunya
  2. Anda pilih judul yang paling bagus
  3. Penulis menciptakan artikel berdasarkan judul yang anda pilih
  4. Penulis menaruh artikel yang sudah selesai ke Draft di WordPress
  5. Anda melaksanakan pemeriksaan terhadap artikelnya
  6. Pembayaran dikirimkan ke penulis
  7. Lakukan editing apabila diperlukan
  8. Artikel diterbitkan
Kalau anda ingin semoga si penulis menciptakan artikel berdasarkan keyword yang sudah anda riset di awal tadi, berikan mereka keywordnya.
Lalu minta semoga mereka menciptakan judul berdasarkan keyword tersebut.
Komunikasinya bisa dilakukan via email.
Atau, semoga pertukaran email jadi lebih minim, saya biasanya memakai aplikasi web bernama Trello.
Seperti ini:
 Tidak semua blogger menulis artikel sendiri 4 Tahap Mencari Penulis Artikel yang Berbakat untuk Konten Blog Anda
Itu rujukan “editorial board” untuk salah satu blog saya.
Di dalam board ini ada beberapa “list” dari kiri ke kanan:
  1. Suggested Titles: penulis menaruh judul/topik artikel yang mereka usikan tiap ahad di sini
  2. Article Titles: topik artikel yang diterima dipindahkan ke sini, jikalau saya ingin menawarkan masukan topik gres juga ditempatkan di sini
  3. In Progress: penulis memindahkan topik artikel yang akan mereka garap ketika ini
  4. Finished: pindahkan ke sini ketika artikel sudah selesai ditulis
  5. Published: pindahkan ke sini ketika artikel sudah diterbitkan di blog
Setelah listnya anda buat, undang si penulis ke board ini semoga mereka bisa pribadi menambahkan topik.
Kaprikornus kini kiprah anda hanya 2:
  • Memilih topik artikel yang diajukan oleh penulis.
  • Menerbitkan artikel dari Draft.
Keduanya paling-paling cuma memakan waktu 1-3 jam per minggu. Sehingga blog anda bisa berjalan (hampir) otomatis.

4. Membuat artikel yang bisa masuk halaman 1 Google

Supaya bisa masuk ke halaman 1, tentunya kualitas artikel harus tinggi.
Tapi masalahnya begini:
Kalau kita memakai jasa dari penulis untuk menciptakan artikel blog, kualitasnya sulit untuk dikontrol.
Apalagi jikalau dari TextBroker.
Karena kita tidak tahu apa yang akan si penulis sertakan di dalam artikel tersebut, kita hanya tahu kualitasnya sehabis artikel tersebut selesai ditulis.
Maka dari itu, anda harus punya “standar kualitas”.
Standar kualitas dari artikel blog saya kira-kira singkatnya menyerupai ini:
  1. Artikel list (cth: 10 makanan berprotein tinggi) jumlah itemnya harus paling banyak daripada artikel lain di halaman 1 Google
  2. Artikel what or why (cth: semua yang perlu anda ketahui wacana Omega-3) harus mendalam, disertai data penelitian dan rujukan kasus
  3. Artikel how-to (cth: cara menciptakan website) harus dijelaskan langkah-langkahnya hingga yang paling detail
Kira-kira itu.
Ini hanya contoh, saya pribadi punya 13 standar kualitas dan template yang mendetail untuk masing-masing jenis artikel.
Semua penulis yang gres saya rekrut diharuskan untuk baca dan paham standar kualitasnya.

Konten untuk keyword primer dan sekunder

Ingat kembali di episode kemudian kita punya 2 jenis keyword: primer dan sekunder.
Keyword primer itu keyword yang sifatnya fundamental dan dibutuhkan oleh semua orang yang ingin mempelajari topik tersebut.
Volume pencariannya besar, persaingannya tinggi.
Untuk bisa masuk ke halaman 1 Google untuk keyword primer, maka kualitas dari kontennya harus tinggi. Lebih tinggi daripada konten untuk keyword sekunder.
Biasanya ini disebut “konten pilar”.
Ciri-cirinya menyerupai ini:
  • Isinya sangat mendalam
  • Kadang bisa terdiri dari beberapa cuilan (bab)
  • Kualitasnya jauh lebih tinggi daripada konten biasa
  • Proses pembuatannya memakan waktu lebih lama
Ribet kan?
Tapi memang harus menyerupai ini…
Kalau anda tidak menciptakan konten yang lebih cantik daripada yang lain, maka tidak ada peluang untuk masuk ke halaman 1 Google.
Selain itu, ada manfaat lain dari konten pilar:
  1. Konten pilar anda akan selalu direkomendasikan kepada orang lain (karena banyak yang butuh)
  2. Blog anda akan menyerupai jadi “pusatnya ilmu” oleh mereka yang ingin belajar
Dengan demikian, website anda jadi punya authority. Kalau anda berhasil menciptakan konten pilar, konten-konten anda yang lain akan jadi lebih gampang masuk ke halaman 1 Google.
Lebih sulit, tapi manfaatnya jauh lebih besar.
Sebagai contoh, artikel panduan SEO ini dulu yang paling pertama saya buat di PanduanIM.
Sampai sekarang, artikel tersebut terus direkomendasikan melalui lembaga dan social media kepada orang yang mau berguru SEO.
Oke, kemudian cara buatnya gimana?
Intinya, kumpulkan konten-konten dalam topik yang sama dengan yang ingin anda tulis, kemudian buat struktur konten yang isinya lebih baik daripada mereka semua.
Strukturnya saja.
Kemudian berikan struktur konten tersebut kepada penulis artikel anda. Minta semoga mereka menciptakan artikel berdasarkan struktur tersebut.
Itulah cara menciptakan konten yang bisa masuk halaman 1.

Related Posts

Post a Comment