Saat baru mengenal SEO, banyak hal yang membuat kita bingung dan takut.
Akan muncul banyak pertanyaan di kepala:
“Apakah yang saya lakukan ini aman? Apakah ini bisa meningkatkan rangking? Apakah ini baik atau buruk untuk website saya? Atau justru bisa beresiko penalti?”
Sayangnya, jawabannya sulit dicari.
Salah satu solusinya yaitu tanya di situs-situs forum…
…tapi tiap orang seperti punya pandangan yang berbeda-beda. Jawaban dari si A dan si B berbeda atau malah bertentangan.
Karena itulah artikel ini dibuat.
Semua pertanyaan yang saya terima dan temukan terkait SEO baik melalui komentar, social media, atau email akan ditampung di sini.
Dan jawaban yang akan saya berikan berdasarkan analisa, pembuktian, dan sumber terpercaya.
Jadi, kalau ada yang membuat anda bingung, periksa dulu artikel ini.
Apakah SEO itu ilmu yang tidak pasti?
Ini bukan pertanyaan yang sering ditanyakan, tapi merupakan pernyataan yang sering diungkapkan dalam diskusi.
Tapi tidak benar.
SEO itu bukan ilmu yang tidak pasti.
Google dan mesin pencari lain punya algoritma untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian.
Artinya, penentuan peringkat bukan acak. Melainkan ada faktor-faktor penyebab mengapa sebuah website berada di peringkat atas dan mengapa sebuah website terkena penalti.
SEO itu ilmu pasti…
…kalau anda ingin membuat website/konten yang mendapatkan peringkat tinggi, ada hal-hal yang bisa anda lakukan.
Untuk kursus SEO Indonesia, saya belum bisa memberi rekomendasi karena saya sendiri tidak pernah ikut kursus.I
Mengapa ketika bertanya tentang SEO, jawaban yang saya peroleh selalu berbeda-beda?
Banyak jalan menuju Roma.
Untuk bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari, tidak semua orang menggunakan cara yang persis sama.
Meskipun berbeda, bukan berarti salah satunya salah.
Tapi…karena ini internet, jadi anda tidak boleh percaya dengan kata orang begitu saja. Ketika mempelajari hal baru, pikirkan dengan logika.
Setelah itu coba sendiri.
Tidak semua strategi pas untuk semua jenis website.
Mengapa website saya belum ter-index? Bagaimana caranya supaya ter-index?
Saya perlu meluruskan dulu, karena ternyata ada banyak yang keliru dengan istilah ini. Banyak yang mengira ter-index itu artinya sudah masuk ke halaman 1 untuk keyword yang mereka inginkan.
Bukan, ter-index artinya website anda sudah ada di mesin pencari (meskipun posisinya entah dimana).
Untuk memeriksa, gunakan kata kunci “site:namawebsite.com”.
Kalau ada hasilnya, artinya sudah ter-index.
Sedangkan kalau tidak ada, berarti belum ter-index (website baru) atau terkena penalti.
Lalu, apa yang harus dilakukan supaya website baru anda ter-index?
Tidak ada.
Umumnya, secara otomatis setelah 1-2 hari setelah pendaftaran domain website anda akan langsung ter-index.
Saya sudah melakukan on-page SEO, tapi kenapa peringkatnya belum naik?
Wajar.
Karena sebagian besar teknik on-page SEO itu bukan untuk meningkatkan rangking.
Melainkan untuk mempersiapkan website anda supaya bisa mendapatkan rangking yang bagus dalam kata kunci tertentu.
Jadi, on-page SEO saja tidak cukup. Saya juga sudah melakukan off-page SEO, tapi kenapa masih belum naik?
Ada 2 penyebabnya:
Pertama, karena upaya off-page SEO yang anda lakukan tidak tepat, belum optimal, atau masih kalah dengan website lain yang menjadi saingan anda.
Kedua, karena hasilnya tidak instan.
Google butuh waktu selama beberapa hari-minggu untuk mengupdate index mereka dan menata ulang rangking bagi setiap kata kunci.
Mana yang lebih penting, on-page atau off-page SEO?
Tidak ada.
Dalam SEO, tidak ada 1 strategi yang bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan rangking. Semua strategi yang ada harus dilakukan bersama-sama untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Jadi on-page dan off-page itu bukan pilihan.
Keduanya harus dilakukan.
Website saya masih baru, harus tunggu berapa lama sebelum melakukan SEO?
Nol hari.
Tidak ada gunanya menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum mengaplikasikan ilmu yang sudah anda pelajari.
Tetapi ada yang perlu diingat:
Website baru yang berusia 1 bulan biasanya masih belum bisa mendapatkan peringkat tinggi dalam keyword dengan persaingan menengah sampai tinggi.
Jadi jangan khawatir apabila dalam rentang durasi ini anda belum melihat hasilnya.
Meskipun begitu, kalau anda melakukan SEO yang benar, tidak ada gunanya menunggu.
Sedangkan kalau anda menggunakan black hat SEO, menunggu berapa lama pun resiko penalti tidak akan hilang. I
Apa yang sebaiknya dilakukan untuk website baru terkait SEO?
Pasang Google Analytics
Verifikasi Search Console (Webmaster Tools) dan submit sitemap.xml
Lakukan keyword research untuk menemukan kata kunci terbaik dalam topik website anda
Buat konten berkualitas, sesuaikan topiknya dengan kata kunci yang anda temukan
Promosikan konten yang sudah dibuat
Hal terpenting yang harus dilakukan untuk website baru adalah menyediakan manfaat bagi orang lain.
Saya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk website baru. Apa yang harus saya lakukan?
Bukan SEO.
Begini:
SEO itu adalah strategi jangka panjang.
Hasil dari strategi SEO yang kita terapkan biasanya baru akan terlihat setelah 1-3 bulan, terutama untuk keyword yang persaingannya menengah-tinggi dan volume pencariannya besar.
Jadi kalau anda butuh traffic sekarang juga, bukan SEO jawabannya.
Saya juga sangat menganjurkan untuk tidak hanya memanfaatkan SEO sebagai strategi mendatangkan pengunjung.
Jadi jawabannya ada 2:
Gunakan iklan berbayar, atau lakukan promosi konten. I
Apakah website saya SEO-nya sudah bagus atau belum? Sampai kapan saya harus melakukan SEO?
Mari kita ubah cara pandangnya:
Jangan melihat SEO sebagai suatu goal atau tujuan dari sebuah website. Tujuan utama kita adalah meningkatkan pengunjung, meningkatkan jumlah pembeli, atau yang lainnya…tergantung anda.
Dan SEO adalah proses untuk mencapai tujuan itu.
Jadi selama anda belum puas dengan tujuan utama tadi, SEO akan terus dilakukan.
Kalau saya cari di Google dengan keyword ____, website saya tidak muncul. Kenapa ya?
Penyebabnya ada bermacam-macam.
Pertama, bisa jadi karena halaman/konten yang dibuat masih baru.
Kedua, karena setelah halaman/konten diterbitkan anda sama sekali tidak melakukan apapun. Setiap konten yang diterbitkan harus dipromosikan.
Ketiga, karena kualitasnya kalah dibandingkan yang saat ini menempati peringkat atas.
Keempat, karena terkena penalti.
Apa yang bisa saya lakukan setiap hari dalam SEO?
Inilah beberapa pekerjaan harian yang bisa dilakukan seorang praktisi SEO:
Merencanakan dan membuat konten baru
Melakukan riset kata kunci
Merencanakan dan menganalisa strategi konten
Mempromosikan konten
Menjalin hubungan dengan pemilik website lain
Mencari prospek untuk link building
Berpartisipasi di situs komunitas untuk membangun reputasi
Melakukan analisa performa konten & keyword di Google Analytics
Ketika berdiri sendiri, sebetulnya SEO merupakan bidang yang sempit. Karena itu, SEO modern diintegrasikan dengan pemasaran dan penjualan.
WordPress atau Blogger, mana yang lebih bagus SEO-nya?
Sama saja.
SEO bukan ditentukan dari fitur-fitur yang ada dalam platform website anda. Melainkan dari konten yang anda sediakan dan dari kepuasan pengunjung terhadap website anda.
Pada akhirnya yang paling menentukan peringkat adalah kualitas website anda sendiri dan cara anda memasarkannya.
Jangan memilih platform berdasarkan SEO, tetapi berdasarkan kebutuhan anda terhadap fitur dan fleksibilitasnya.
Template/theme mana yang SEO friendly, bagus untuk SEO?
Tidak ada.
Sayangnya, tidak ada template yang secara ajaib akan membuat peringkat website anda tiba-tiba naik ke halaman 1.
Memang betul bahwa ada template yang bisa berdampak buruk terhadap SEO karena cacat dalam kodenya. Tetapi kalau anda mencari template di WordPress.org misalnya, 99% template-nya aman.
Jangan terlalu pusing memilih template hanya karena SEO.
Template yang SEO friendly dengan yang tidak SEO friendly, kalau ditulis dalam angka bedanya paling-paling hanya 5%.
Pada akhirnya yang menentukan adalah cara anda mengembangkan website tersebut, bukan template-nya.
Jadi pilihlah sesuai selera (dan kebutuhan), bukan SEO.
Plugin SEO mana yang terbaik untuk WordPress?
Pada dasarnya, sama saja.
Ada beberapa fitur utama dari plugin SEO: mengganti judul, menambahkan meta description, sitemap, dan menambahkan rel=”canonical”.
Hampir semua plugin SEO yang populer punya fitur tersebut.
Selain itu hanya tambahan.
Kalau website anda hanya berupa blog atau sejenisnya, plugin SEO yang manapun sudah cukup.
Salah satu pilihan paling populer adalah Yoast SEO.
Apakah meta description wajib untuk SEO? Bagaimana dengan meta tag lainnya?
Tidak wajib.
Meta description masih digunakan oleh Google sebagai ringkasan website di hasil pencarian, tetapi saat ini sudah sangat jarang muncul.
Google lebih sering menggunakan 1-2 kalimat dari halaman sebagai snippet.
Selain itu, keberadaan meta description juga tidak mempengaruhi peringkat.
Meskipun begitu, karena prakteknya sangat tidak sulit maka sebaiknya anda tidak mengosongkan meta description.
Jadi kemungkinan besar angka PR yang anda cek saat ini tidak akan berubah lagi.
Jadi jawaban singkatnya, PageRank tidak bisa ditingkatkan lagi.
Tapi…
Sebetulnya istilah PageRank masih digunakan oleh internal Google sebagai sebuah algoritma yang menentukan peringkat website di hasil pencarian berdasarkan penting atau tidaknya sebuah halaman website.
Intinya PageRank masih digunakan, tetapi angkanya tidak ditunjukkan.
Jadi, jangan heran kalau ada yang berdebat PR sudah “mati” atau belum.
Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?
Page Authority adalah angka yang digunakan oleh Moz untuk menunjukkan “kekuatan” sebuah halaman website dari 0-100. Sedangkan Domain Authority untuk keseluruhan domain.
Angka dari PA dihitung berdasarkan jumlah dan kualitas link menuju halaman tersebut.
Sedangkan DA berdasarkan rata-rata PA dari semua halaman.
Jadi:
Untuk meningkatkan PA dan DA maka anda membutuhkan link dari website-website dengan reputasi tinggi.
Tapi ingat, ada baiknya anda tidak terlalu fokus dengan angka ini.
Karena PA dan DA bukan merupakan angka resmi dari Google sehingga hasilnya tidak selalu menunjukkan keadaan sebenarnya.
Bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank?
Rangking di Alexa dipengaruhi oleh traffic dan link.
Semakin tinggi traffic dan link yang anda peroleh, semakin baik peringkatnya. Tidak rumit.
Sebagai pemilik website, ada baiknya anda tidak terlalu fokus dengan angka ini. Untuk rangking lebih dari 100.000 biasanya angka di Alexa tidak akurat.
Bagaimana cara mendapatkan sitelinks?
Sitelinks ditentukan oleh algoritma.
Artinya kita tidak bisa mempengaruhi secara langsung keputusan pemberian sitelinks. Apabila website anda dirasa layak oleh algoritma, maka secara otomatis akan mendapatkan sitelinks.
Tidak ada “trik” untuk mendapatkan sitelinks.
Kriterianya kelayakannya seperti ini:
Pertama, apabila website anda memang dirasa merupakan pemilik dari brandkeyword tersebut.
Misalnya kalau saya menggunakan kata kunci “Garuda Indonesia” maka saya pasti ingin mencari website resminya Garuda Indonesia. Karena itulah mereka mendapatkan sitelinks.
Kedua, apabila reputasi website anda dirasa sudah cukup baik.
Sehingga meskipun kata kuncinya sama persis, tapi kalau website-nya masih baru maka belum diberikan sitelinks. Bagaimana cara mendapatkan rating bintang (star rating) di hasil pencarian?
Ada yang perlu anda ketahui dulu:
Star rating/seller rating/peringkat penjual/rating bintang hanya diberikan kepada website-website yang menjual barang, produk, jasa, atau layanan yang punya review dari pembeli.
Bintang hanya akan diberikan apabila anda sudah punya review dari pembeli…dan apabila website anda sudah dianggap memiliki reputasi positif oleh Google.
Saya punya website berbentuk portal berita, seperti apa SEO yang bisa saya lakukan?
Untuk on-page kurang lebih sama dengan SEO pada umumnya.
Ini yang membedakan:
Situs berita yang masih baru tidak bisa mengandalkan traffic dari mesin pencari.
Ini karena artikel-artikel berita umurnya singkat. Hanya hangat dalam rentang 1-2 hari, atau paling lama seminggu. Setelah itu, tidak ada lagi yang mencari.
Maka sangat tidak efektif kalau hanya mengandalkan SEO.
Situs berita modern lebih banyak mengandalkan strategi konten-konten viral serta promosi konten berbayar dengan menggunakan iklan. Website saya sudah mendapatkan peringkat dan traffic yang lumayan, bagaimana caranya supaya bisa meningkat lagi?
Berbicara dari segi SEO, yang bisa anda lakukan adalah membuat konten-konten baru yang mengincar keyword lain.
Banyak keyword = banyak pengunjung.
Tapi ingat, jumlah pengunjung bukan satu-satunya faktor penentu kesuksesan.
Kalau website anda berada dalam satu topik/bidang/industri, jangan membuat konten yang sama sekali tidak berhubungan hanya untuk menambah pengunjung.
Ini justru akan mengacaukan website anda.
Lebih baik punya sedikit pengunjung yang tepat sasaran dan loyal daripada banyak tapi semuanya cuma “sekedar baca”.
Itu untuk SEO.
Nyatanya, sumber traffic bukan hanya mesin pencari.
Ada yang lain, seperti social media, situs komunitas, atau iklan. Ada baiknya anda tidak hanya mengandalkan mesin pencari saja.
Keyword yang saya targetkan ternyata persaingannya berat, apa yang sebaiknya saya lakukan?
Kabur
Hadapi
Tergantung anda.
Pertimbangkan sesuai kemampuan, waktu, dan budget.
Persaingan yang berat bukan berarti tidak bisa ditembus oleh pendatang baru.
Sediakan konten yang berkali-kali lipat lebih bagus daripada mereka. Kemudian melakukan pemasaran yang lebih agresif.
Kalau anda berhasil melakukan keduanya, tinggal waktu yang menjawab.
Tapi kalau memang tidak mampu, lebih baik hindari…
…justru akan buang-buang waktu.
Saya ingin membuat website dalam topik tertentu, tapi ternyata volume pencariannya di Google Keyword Planner kecil. Apakah sebaiknya saya ganti topik?
Ya dan tidak.
Google Keyword Planner tidak selalu menggambarkan apa yang terjadi di dunia nyata.
Ada topik-topik yang sebetulnya populer, tapi kita tidak pernah menggunakan Google untuk mencari informasinya.
Pastikan dulu.
Apakah topik ini memang betul-betul tidak ada peminatnya, ataukah karena peminatnya tidak menggunakan Google.
Kalau yang pertama, ganti topik anda.
Kalau yang kedua, tidak perlu ganti. Coba gunakan sumber traffic lain dimana orang-orang yang berminat pada topik ini berkumpul.
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website di Google?
Singkatnya, tidak ada yang tahu…
…selain orang dalam Google sendiri.
Google tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat website. Karena bisa disalahgunakan.
Tapi bukan berarti kita 100% buta.
Selama bertahun-tahun, para praktisi SEO baik yang white hat maupun black hat terus melakukan analisa mengenai faktor rangking Google.
Meskipun tidak resmi dan 100% akurat, tetapi bisa dijadikan patokan.
Hasilnya, ada banyak hal yang mungkin menjadi faktor rangking…
…inilah beberapa korelasi yang tingkat keakuratannya tinggi:
Kualitas dan kuantitas link ke domain
Kualitas dan kuantitas link ke halaman
Relevansi konten dengan keyword
Kemudahan untuk dibaca/disimak oleh manusia dan mesin
Tingkat interaksi user terhadap website di hasil pencarian
Reputasi brand domain
Relevansi keseluruhan website dengan keyword
Panjang dan ekstensi dari domain
Kualitas dan kuantitas social share (sudah dikonfirmasi, bukan faktor SEO)
Dari atas ke bawah tingkat akurasinya makin rendah.
Sekali lagi, ini bukan pernyataan resmi dari Google, melainkan merupakan korelasi antar website-website yang menempati halaman 1. ↑ DAFTAR ISI
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa peringkat 1?
Tergantung.
Seberapa sulit persaingannya? Seberapa bagus website/konten anda? Seberapa agresif anda melakukan pemasaran? Apakah website anda sudah memiliki reputasi atau masih sangat baru?
Untuk keyword yang sangat mudah, website yang sudah memiliki reputasi bisa langsung peringkat 1 dalam hitungan hari. Tapi website baru dengan persaingan tinggi bisa membutuhkan waktu hingga lebih dari sebulan.
Jadi tergantung posisi anda saat ini.
Sekedar untuk perkiraan berdasarkan pengalaman pribadi, website yang masih baru dengan persaingan menengah kira-kira membutuhkan 2-4 bulan untuk masuk halaman 1 (bukan peringkat 1).
Gambar di atas adalah salah satu konten di website TORETO BLOG.
Pertama kali muncul pada tanggal 28 Mei, peringkat 46. Tanggal 14 Agustus naik ke posisi 9.
Jadi sekitar 3 bulan untuk masuk ke halaman 1.
Tapi hati-hati:
Jangan gunakan perkiraan saya sebagai patokan.
Ini justru bisa membuat anda jadi “malas-malasan”, karena menganggap masih dalam batas wajar.
Pada kenyataannya, ada juga yang bisa lebih cepat daripada itu.
Dan sangat banyak yang gagal mencapai halaman 1 dalam lebih dari 4 bulan. ↑ DAFTAR ISI
Peringkat saya di Google naik-turun, kenapa ya?
Wajar.
Normalnya, peringkat website di hasil pencarian tiap hari akan naik-turun sekitar 0-3 posisi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Berikut ini grafik dari Algoroo:
Grafik ini menunjukkan rata-rata perubahan peringkat di Google setiap harinya. ↑ DAFTAR ISI
Peringkat saya di Google.co.id dan Google.com berbeda, kenapa ya?
Karena Google.co.id lebih mengutamakan website berbahasa Indonesia.
Jadi website Indonesia cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google.co.id daripada Google.com. ↑ DAFTAR ISI
Skor SEO (atau kecepatan website) saya 100, tapi kenapa belum peringkat 1?
Karena:
1. Website-website lain skornya tidak kalah jauh.
2. Karena skor ini tidak mencakup keseluruhan SEO, hanya sebagian kecil (on-page) saja. Maka dari itu banyak faktor lain yang tidak diperhitungkan.
Jangan berpatokan dengan angka yang didapatkan dari tool.
Kalau anda periksa, bahkan website-website besar pun skornya tidak sempurna.
Saya sudah mendapatkan peringkat 1, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
Selamat!
Ini artinya website/konten anda ditunjuk menjadi yang terbaik oleh para pengunjung dan oleh Google…tapi tidak untuk selamanya karena setiap hari ada ratusan-ribuan website bersaing posisi teratas.
Jadi tugas anda adalah menjaga kualitasnya agar tetap jadi yang terbaik.
Supaya mereka yang berkunjung tetap puas dengan website anda.
Sudah peringkat 1, tapi kenapa pengunjung masih sepi?
Ada 2 alasan yang mungkin jadi penyebabnya:
Pertama, karena Google Personalized Search.
Jadi website anda mendapatkan peringkat 1 hanya di komputer anda sendiri, sedangkan di komputer lain tidak demikian.
Kedua, karena keyword tersebut tidak ada yang mencari.
Gunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui berapa banyak orang yang melakukan pencarian dengan keyword yang anda pakai untuk memeriksa rangking. ↑ DAFTAR ISI
Saya sudah rajin blogwalking, tapi kenapa belum bisa peringkat 1 juga?
Kemungkinan besar persepsi anda tentang blogwalking salah.
Saya akan jelaskan dari 2 sisi:
Banyak orang yang merasa blogwalking itu penting karena kita akan mendapatkan backlink ketika komentar kita diterbitkan. Harapannya, mendapatkan backlink berarti peringkat akan naik.
Salah.
Backlink dari komentar blog sifatnya nofollow. Artinya link tersebut tidak berdampak positif untuk SEO.
Meskipun ada orang yang bilang bahwa nofollow tetap berdampak positif (kita tidak bisa membuktikan), tetapi yang jelas manfaatnya terhadap rangking (hampir) tidak terasa.
Artinya, meskipun anda berkomentar di 1000 blog, anda tidak akan bisa mengalahkan website yang berada di peringkat teratas.
Tapi bukan berarti blogwalking itu percuma.
Berkomentar di blog merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjalin hubungan dengan si pemilik blog.
Syaratnya, komentar anda tidak boleh asal-asalan. ↑ DAFTAR ISI
Adakah tool yang bisa membuat website saya jadi peringkat 1?
Sayangnya, tidak ada.
Tinggi-rendahnya peringkat website anda di Google murni ditentukan oleh bagus-tidaknya website anda, terutama bagi manusia yang mengunjungi.
Seperti namanya, tool itu hanya alat bantu.
Tidak ada alat yang bisa secara ajaib mengubah website yang kualitasnya rendah menjadi bagus. ↑ DAFTAR ISI
Saya punya toko online, bagaimana caranya mendapatkan peringkat 1 dengan cepat supaya saya bisa mendapatkan pembeli?
Kalau anda ingin mendapatkan pembeli dengan cepat, SEO bukan solusinya.
Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik toko online. Mereka cuma “menunggu SEO” untuk mendapatkan pembeli.
Padahal, butuh waktu bulanan untuk bisa masuk ke halaman 1.
Kalau anda perlu pembeli dengan cepat demi kelangsungan bisnis, JANGAN hanya mengandalkan SEO. Keburu bangkrut!
Bagaimana cara mendapatkan rangking 1 dalam sehari?
Bukannya tidak bisa.
Bisa…
…kalau anda mengincar kata kunci yang sama sekali tidak ada saingannya.
Masalahnya, kata kunci yang tidak ada saingannya berarti tidak ada yang mencari.
Anda (mungkin) bisa rangking 1 dalam sehari, tapi tidak akan mendapatkan traffic…percuma kan?
Oke, sekarang jawaban yang lebih serius:
Dalam kondisi normal, tidak bisa.
Kita sebagai orang luar tidak akan bisa memanipulasi Google sedemikian rupa sehingga website kita bisa menjadi peringkat 1 dalam sehari.
Kalau ada yang menjanjikan anda seperti itu, jangan dipercaya. ↑ DAFTAR ISI
Apakah kebanyakan menggunakan gambar akan berdampak negatif terhadap SEO?
Ya dan tidak.
Ini salah satu kesalahan yang paling umum: takut menggunakan gambar.
Alasannya karena menggunakan gambar berarti memperberat loading website, dan akibatnya peringkat website jadi turun
Masuk akal, tapi salah.
Memang betul bahwa kecepatan loading merupakan faktor rangking. Tapi, ukuran halaman yang jadi besar (akibat gambar) tidak berdampak buruk.
Kecepatan loading yang berdampak buruk dipengaruhi oleh:
Kinerja hosting
File & script yang menghambat proses rendering
Gambar bukan keduanya…karena gambar baru dimuat setelah halaman website selesai disusun oleh browser kita. Jadi tidak menghambat rendering.
Lihat grafik ini:
Dari penelitian yang dilakukan Moz, ukuran halaman berbanding terbalik dengan rangking. Semakin tinggi rangkingnya, semakin berat halamannya.
Yang terjadi justru sebaliknya…
Penggunaan gambar secara tidak langsung akan meningkatkan rangking. Ini karena pengunjung website lebih suka melihat gambar daripada tulisan yang bertumpuk-tumpuk.
Tapi perlu diingat, gambar yang anda gunakan di website harus dikompres supaya ukurannya optimal. ↑ DAFTAR ISI
Apakah sharing ke social media bisa meningkatkan rangking?
Jawaban singkatnya, tidak.
Ini pernyataan resmi dari Matt Cutts di tahun 2014 lalu:
Google tidak memiliki kemampuan untuk membaca “sinyal” berupa like, share, tweet, follow, vote, dan lain-lain yang berasal dari social media.
Tapi yang lebih penting adalah karena data dan angka yang ada bisa dengan mudah dimanipulasi. Sehingga kondisi seperti ini bisa merusak informasi apabila ditampung oleh Google.
Selain itu, link di social media berupa nofollow.
Lalu mengapa ada yang menganggap social signal adalah faktor SEO?
Karena biasanya halaman website yang menempati peringkat atas di Google mendapatkan banyak social share. Jadi anggapannya social signal mempengaruhi SEO.
Pada kenyataannya, justru terbalik…
…peringkatnya naik bukan karena social share. Social share-nya yang jadi banyak karena peringkatnya tinggi. ↑ DAFTAR ISI
Kalau social share tidak mempengaruhi peringkat, apakah berarti percuma menggunakan social media?
Tidak juga.
Malahan, social media merupakan tempat terbaik bagi website baru untuk mendapatkan pengunjung dengan cepat dan pada akhirnya akan meningkatkan rangking di Google juga.
Meskipun tidak berdampak langsung, tetapi manfaatnya sangat tinggi.
Apakah melakukan ‘ping’ bisa meningkatkan rangking di mesin pencari?
Tidak.
Ping bertujuan untuk memberitahu mesin pencari bahwa kita menerbitkan halaman/konten baru. Supaya ter-index.
Tapi, sekarang ping sudah tidak perlu dilakukan lagi.
Mesin pencari sudah punya jadwal tersendiri kapan mereka akan memeriksa website anda apabila ada yang baru. Jadi tanpa melakukan apapun, halaman baru akan ter-index dengan sendirinya.
Untuk mempermudah proses ini, anda bisa memasukkan sitemap.xml di Search Console. ↑ DAFTAR ISI
Apakah pop-up dan pop-under berdampak buruk terhadap peringkat website?
Ya dan tidak.
Google sendiri tidak punya algoritma yang menghukum website dengan pop-up dan pop-under. Karena keduanya memang banyak dimanfaatkan pemilik website sebagai sumber penghasilan.
Jadi iklan sejenis ini tidak berdampak apapun secara langsung.
Tetapi, bisa berdampak buruk secara tak langsung.
Hasil pencarian dipengaruhi oleh kepuasan manusia.
Pop-up dan pop-under adalah elemen website yang tergolong mengganggu bagi manusia. Karena itu, apabila terlalu berlebihan maka pengunjung website akan tidak puas.
Akibatnya, peringkat juga berpotensi terganggu.
Ada baiknya anda perhatikan data-data seperti bounce rate dan average time on site di Google Analytics. Bandingkan sendiri sebelum dan setelah dipasang pop-up dan pop-under. ↑ DAFTAR ISI
Apakah tags dan categories di WordPress bisa meningkatkan rangking?
Tidak.
Tags dan categories bertujuan untuk mempermudah navigasi pengunjung.
Tetapi sering disalahgunakan. Misalnya, dengan menumpuk keyword-keyword di tags. Harapannya supaya halaman tersebut bisa mendapatkan rangking yang bagus dalam berbagai keyword.
Yang terjadi malah sebaliknya:
Navigasi pengunjung terganggu.
Website anda dianggap sebagai spam karena terlalu banyak keyword.
Peringkat jadi turun.
Dalam keyword yang persaingannya rendah, kadang-kadang categories dan tags bisa mendapatkan peringkat yang tinggi.
Ini sepertinya bagus…tapi justru berbahaya.
Kedua halaman ini punya bounce rate yang sangat tinggi. Ini bisa menunjukkan bahwa pengunjung tidak puas dengan website anda.
Gunakan tags dan categories dengan bijak. ↑ DAFTAR ISI
Apakah _____ berdampak baik/buruk terhadap peringkat website?
BANYAK sekali variasi pertanyaan seperti ini. Ada yang konyol, ada yang sekilas masuk akal, ada yang betul-betul berpengaruh.
Saya akan mempermudah cara berpikir anda terhadap SEO.
Kalau anda membaca beberapa pertanyaan sebelumnya, anda mungkin akan sadar 1 hal:
Peringkat website dipengaruhi oleh kepuasan pengunjung.
Pegang konsep ini baik-baik.
Ketika lain kali anda ingin melakukan sesuatu di website anda, dan anda tidak tahu apakah dampaknya baik atau buruk terhadap SEO…jawab pertanyaan ini:
“Apakah yang saya lakukan ini baik untuk pengunjung?”
Itu kuncinya…
Apapun yang anda lakukan di website anda, kalau itu baik untuk manusia, maka pasti juga akan baik untuk mesin pencari. ↑ DAFTAR ISI
Bagaimana supaya video YouTube saya mendapatkan rangking tinggi di Google?
Sama dengan website biasa:
Sertakan keyword di judul
Sertakan keyword di deskripsi
Gunakan tags yang sesuai dengan topik & keyword
Dapatkan views, like, & subscribe
Dapatkan backlink
Hindari menggunakan software/bot penambah view & like untuk YouTube.
Mereka punya filter spam yang ketat.
Ingat, tidak semua jenis video bisa mendapatkan rangking yang bagus di Google. Biasanya hanya dalam jenis ini: panduan/tutorial/how-to.
…memberitahu search engine supaya link tersebut tidak mempengaruhi rangkingnya.
Tapi, bukan berarti percuma.
Kalau anda mendapatkan backlink dari website yang populer, Wikipedia misalnya. Meskipun nofollow, tapi link tersebut akan membuat banyak orang datang ke website anda.
Link berkualitas tetaplah link berkualitas, meskipun nofollow. ↑ DAFTAR ISI
Apakah link di website saya yang menuju website lain harus nofollow?
Tidak.
Ada yang bilang bahwa kalau kita memasang link ke website lain, maka PageRank website kita akan “bocor” ke website mereka. Makanya dibuat nofollow.
100% salah.
PageRank tidak bisa bocor ke website lain.
Dengan memasang link, website mereka akan mendapatkan manfaat positif. Tapi website anda tidak akan kena hukuman apapun.
Justru bisa meningkatkan reputasi website anda sendiri.
Menurut seorang Webmaster Trends Analyst dari Google, John Mueller, memasang link ke website yang bisa mendukung konten anda adalah faktor positif dalam rangking. ↑ DAFTAR ISI
Apakah link dari social bookmark, guest book, blog comment, dan website directory itu bagus?
Saya tidak akan semata-mata bilang jelek.
Tergantung dari website asalnya.
Kalau anda mendapatkan link dari social bookmark terbaik di dunia, dan ternyata jadi populer…tentunya link tersebut juga jadi terhitung berkualitas. Tapi kalau tidak ada orang yang tahu sama sekali mengenai keberadaan link tersebut, artinya tidak bagus.
Logikanya kalau manusia pun tidak tahu mengenai keberadaannya, tidak mungkin robot menganggap link tersebut penting.
Jadi, begini:
Kalau anda ingin memasang link di tempat-tempat tersebut, jangan hanya sekedar memasang link. Percuma.
Pastikan link tersebut bisa menarik perhatian orang lain. ↑ DAFTAR ISI
Apakah backlink dari ______ bagus untuk website saya?
Kalau anda tidak yakin apakah backlink dari suatu website itu bagus atau tidak, begini caranya untuk memastikan kualitasnya:
Apakah topiknya relevan dengan website anda?
Apakah website penuh dengan spam?
Apakah pengunjung website tersebut pasif atau aktif? (berkomentar, sharing, dll.)
Apakah link-nya langsung muncul atau atas persetujuan pemilik web?
Apakah anda diminta untuk membayar?
Backlink yang baik berasal dari website yang: topiknya relevan, bukan spam, pengunjungnya aktif, diberikan atas kemauan pemilik web, dan tidak dengan imbalan. ↑ DAFTAR ISI
Apakah berbahaya kalau saya memasang link ke website yang reputasinya buruk?
Kalau hanya sekali-dua kali, tidak.
Tapi kalau di hampir semua halaman/konten terdapat link ke website yang reputasinya buruk dan yang topiknya tidak berhubungan, ini bisa jadi berbahaya. ↑ DAFTAR ISI
Apakah berbahaya kalau saya mendapatkan link dari website yang reputasinya buruk?
Kalau hanya 1-2, tidak.
Tapi kalau anda sebagian besar backlink anda berasal dari website yang reputasinya buruk, website anda juga akan dianggap memiliki reputasi buruk.
Hampir semua website besar punya halaman 404 (not found).
Google tidak akan mengambil tindakan apapun yang mempengaruhi rangking anda secara keseluruhan apabila mereka menemukan broken link di website anda.
Tetapi halaman 404 itu sendiri akan hilang dari hasil pencarian.
Dalam SEO, broken link bukan masalah. Tetapi tentunya anda sebagai pemilik website sebaiknya segera memperbaiki atau memberikan redirect ke halaman 404 karena mengganggu kenyamanan pengunjung. ↑ DAFTAR ISI
Ada yang menawarkan jasa backlink, mereka memberikan ribuan backlink dengan harga murah. Apakah ini bagus?
Sama sekali tidak bagus.
Bahkan di kalangan praktisi black hat SEO yang terbiasa jual-beli backlink pun hal seperti ini dianggap tidak bagus.
Memberikan ratusan-ribuan backlink = bunuh diri.
Hati-hati,
Meskipun si penjual mengatakan backlink mereka berkualitas, meskipun mereka bilang bisa meningkatkan rangking…jangan dipercaya. ↑ DAFTAR ISI
Bagaimana cara mendapatkan banyak backlink sekaligus?
Pertama, saya perlu mengatakan bahwa anda sebaiknya tidak mencoba memasang banyak backlink sekaligus…apalagi yang sifatnya spam.
Bisa berakibat penalti.
Tapi, untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu, jawabannya: dengan software.
Ada beberapa software yang biasa digunakan untuk melakukan spam, salah satu yang paling populer adalah GSA Search Engine Ranker. ↑ DAFTAR ISI
Apakah link dari blog dummy, blog zombie, atau PBN (Private Blog Network) bagus untuk meningkatkan rangking?
Tergantung.
Kalau anda bertanya kepada praktisi black hat SEO, mereka akan bilang bagus.
Tapi karena saya bukan praktisi black hat SEO, maka saya akan menyarankan anda untuk menghindari jenis backlink seperti itu karena beresiko penalti.
PBN merupakan tipe black hat yang (saat ini) paling rendah resikonya.
Ini karena blog-blog dalam PBN tersebut bisa dibuat agar tidak mengandung footprint (jejak), sehingga Google tidak sadar bahwa semuanya dimiliki oleh 1 orang.
Tetapi ada kelemahannya:
Repot, terutama bagi pemula
Biayanya cukup tinggi
Tetap punya resiko
Jadi, tanpa memancing perdebatan, saya akan menyarankan setiap pemula untuk tidak bergantung dengan teknik-teknik backlink seperti itu.
Buat konten berkualitas, lakukan pemasaran yang bersih.
Pada akhirnya, kalau anda ingin menggunakan jenis backlink seperti itu…pahami bahwa anda harus siap apabila tiba-tiba website yang anda buat dengan susah payah lenyap dalam sehari. ↑ DAFTAR ISI
Backlink seperti apa yang terbaik untuk SEO?
Topiknya relevan dengan website anda.
Berasal dari website yang pengunjungnya ramai dan aktif (berkomentar & sharing).
Berasal dari website yang masih aktif.
Bukan dari website yang hanya berisi 1-2 konten.
Tidak langsung muncul begitu saja ketika kita pasang. Dengan kata lain, melalui proses seleksi oleh si pemilik website.
Saya sudah punya beberapa backlink, tapi kenapa peringkat belum naik juga?
Bisa jadi karena salah satu alasan ini:
Kualitasnya rendah
Nofollow
Backlink belum ter-index oleh Google
Normalnya, memang peringkat website tidak akan langsung naik banyak dalam hitungan 1-2 hari. ↑ DAFTAR ISI
Berapa backlink yang saya perlukan untuk bisa mendapatkan peringkat 1?
Semakin berat persaingannya, anda akan butuh semakin banyak backlink berkualitas.
Semakin tinggi kualitasnya, maka anda hanya butuh sedikit backlink.
Selain itu, backlink juga bukan satu-satunya faktor yang menentukan peringkat.
Ada banyak website yang backlinknya sedikit tapi bisa menempati peringkat lebih tinggi daripada website yang punya banyak.
Jadi, tergantung.
Tapi, sebagai gambaran…sebagian besar konten di blog TORETO BLOG ini hanya membutuhkan 1-2 backlink dari website berkualitas untuk bisa masuk ke halaman 1.
Apakah website saya yang masih baru aman kalau diberikan banyak backlink?
Bukan soal baru atau lama.
Bahkan website lama pun tidak akan aman kalau diberikan banyak backlink yang tidak berkualitas.
Selain jumlah, juga tergantung dengan kualitas.
Kalau website anda masih baru, dan punya konten yang jadi viral — sehingga banyak yang memberikan backlink dengan sukarela — maka jumlah banyak pun tidak masalah.
Tapi kalau backlink tersebut dari spam atau software, jumlah sedikit pun bisa berbahaya. ↑ DAFTAR ISI
Berapa rasio/perbandingan backlink dofollow dan nofollow agar terlihat natural?
Tidak ada.
Jangan berusaha hanya supaya terlihat natural…
…berusahalah supaya benar-benar natural.
Maka dari itu, tidak ada rasio antara nofollow dan dofollow agar terlihat natural.
Tetapi, naturalnya, halaman yang sangat populer akan mendapatkan jauh lebih banyak backlink dofollow daripada nofollow. ↑ DAFTAR ISI
Lebih baik memasang backlink ke homepage atau halaman/inner page?
Mari kita lihat teknisnya dulu:
Ketika anda mendapatkan backlink ke suatu halaman di website anda (termasuk homepage), maka halaman-halaman lain dalam domain yang sama akan mendapatkan sebagian porsi kecil dari backlink tersebut.
Jadi kalau ada backlink ke homepage, maka semua halaman mendapatkan manfaat.
[]
Kalau ada backlink ke inner page, maka homepage (dan halaman lain) juga akan mendapatkan manfaat.
[]
Sehingga, pertanyaannya jadi seperti ini:
Halaman mana yang ingin anda dorong supaya mendapatkan rangking?
Kalau anda ingin supaya halaman X mendapatkan rangking 1 untuk keyword A, maka berikan backlink ke halaman X.
Kalau anda ingin supaya homepage mendapatkan rangking 1 untuk keyword A, maka berikan backlink ke homepage.
Ada 2 hal yang wajib anda lakukan setelah menerbitkan konten: mempromosikan konten dan link building.
Tanpa melakukan keduanya, konten sebagus apapun jadi percuma.
Ketiga, masih butuh waktu.
Kita tidak akan bisa langsung mendapatkan rangking 1 dalam hitungan hari, kecuali dalam kata kunci yang sangat rendah persaingannya. ↑ DAFTAR ISI
Mengapa ada website yang kualitas kontennya rendah tetapi peringkatnya tinggi?
Bisa jadi karena konten-konten di bawahnya lebih jelek lagi.
Atau karena promosi yang mereka lakukan lebih efektif.
Atau bisa jadi juga karena mereka melakukan black hat SEO dan belum tertangkap basah oleh Google.
Yang mana pun penyebabnya, ini mestinya jadi kesempatan yang bagus buat anda…karena ini artinya persaingan di kata kunci tersebut tidak sulit. ↑ DAFTAR ISI
Berapa keyword density dalam artikel yang bagus untuk SEO?
Tidak ada.
Kalau anda ingin membuat artikel yang bagus, jangan pedulikan keyword density.
Ada sebagian orang (dan tool) yang mengatakan bahwa keyword density yang bagus antara 3-5%.
Ini salah besar.
Keberadaan keyword dalam artikel memang bisa mempengaruhi peringkat konten anda. Tapi, keyword density dari artikel-artikel populer tidak sebesar itu.
Hanya sekitar 1%, kurang lebih.
Ini persentase dari salah satu artikel di Backlinko yang mendapatkan peringkat 3 dalam kata kunci “keyword research”:
Artinya, justru artikel-artikel yang terbaik tidak memusingkan keyword dalam pembuatannya. ↑ DAFTAR ISI
Apakah bold, italic, underline, h1, h2, h3, dll. dalam artikel penting untuk SEO?
Untuk SEO, tidak penting.
Semua elemen formatting tersebut tidak akan mempengaruhi peringkat anda.
Tapi, dengan menggunakan formatting tersebut secara bijak maka artikel anda akan jadi lebih mudah untuk dinikmati oleh pembaca. ↑ DAFTAR ISI
Seberapa panjang artikel yang bagus untuk SEO? Apakah makin panjang makin bagus?
Artikel yang bagus adalah artikel yang dibahas dengan tuntas.
Seberapa pun panjangnya.
Kalau topiknya cukup dibahas dengan singkat, jangan dipanjangkan. Kalau topiknya butuh penjelasan yang panjang, tuntaskan hingga selesai.
Pada akhirnya yang menentukan adalah manusia.
Yang sering terjadi saat ini adalah orang-orang memilih topik yang mestinya butuh penjelasan panjang, tetapi karena malas (atau alasan lain) mereka hanya membahas 500-1000 kata.
Kalau seperti itu, pembaca tidak akan puas.
Maka dari itulah yang mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci persaingan tinggi biasanya yang pembahasannya lebih lengkap:
Saya sudah menerbitkan konten setiap hari, tapi kenapa website masih sepi?
Tidak ada hubungannya antara frekuensi konten dengan jumlah pengunjung.
Anehnya, banyak orang yang mengaku pakar menganjurkan para pemula supaya menerbitkan konten minimal sehari sekali.
Salah besar.
Ini beberapa pendapat yang sering muncul, dan koreksi dari saya:
1. “Supaya pengunjung balik lagi karena banyak konten baru” — website baru belum punya pengunjung, jadi akan rugi membuat banyak konten.
2. “Website/blog besar menerbitkan banyak konten dalam sehari” — website besar menerbitkan banyak konten karena mereka sudah punya banyak pengunjung dan mereka punya banyak penulis.
3. “Google lebih suka website yang aktif” — menerbitkan konten seminggu atau sebulan sekali juga masih tergolong aktif.
4. “Bikin konten kan nggak lama” — ya, bikin konten yang kualitasnya rendah memang nggak lama. Tapi konten berkualitas rendah ini tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinggi.
Memang tidak salah menerbitkan banyak konten…
…tapi biasanya pemilik website baru tidak akan sanggup membuat banyak konten berkualitas dalam waktu singkat.
Lebih baik membuat 1 konten berkualitas daripada 10 konten murahan.
Karena itu, jangan habiskan tenaga anda membuat banyak konten. Habiskan tenaga anda membuat 1 konten yang berkualitas, lalu targetkan supaya konten ini mendapatkan peringkat 1. ↑ DAFTAR ISI
Apakah konten baru lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi daripada konten lama?
Freshness memang adalah salah satu faktor rangking Google.
Singkatnya, yang dipengaruhi hanya topik-topik yang isinya selalu berubah setiap waktu.
Misalnya:
Konten yang berubah tiap periode: “harga iphone”, “smartphone terbaik”
Event rutin: “world cup”, “klasemen premier league”, “juara indonesian idol”
Berita hangat: “demo mahasiswa jakarta”, “kecelakaan di jalur pantura”
Keyword seperti itu membutuhkan informasi-informasi yang baru.
Bandingkan dengan keyword seperti: “cara mencuci baju”. Pembahasannya sampai kapanpun tidak akan berubah. Sehingga topik ini tidak butuh konten yang fresh. ↑ DAFTAR ISI
Apakah website dengan banyak konten/halaman akan mendapatkan peringkat lebih tinggi?
Tidak.
Jangan tertipu ketika melihat website-website besar dengan ribuan konten dan sering menempati peringkat 1.
Ini terbalik.
Jumlah halaman tidak berpengaruh dengan peringkat.
Ini penjelasan dari Matt Cutts:
Jadi website besar menempati peringkat-peringkat atas bukan karena mereka menerbitkan banyak konten. Tapi karena mereka punya banyak konten, jadi mereka bisa mendapatkan rangking di banyak keyword.
Hati-hati…
…jangan meniru strategi website besar yang menerbitkan banyak konten apabila anda tidak punya banyak penulis. ↑ DAFTAR ISI
Judul halaman/konten saya di hasil pencarian Google berbeda dengan apa yang saya tulis di website. Kenapa bisa begitu?
Wajar.
Banyak website yang diganti title-nya secara otomatis.
Apakah artikel yang dibuat dengan spinner bisa mendapatkan peringkat tinggi?
Tidak, karena:
Hasilnya tidak terbaca
Merupakan duplikasi
Tidak mungkin ada artikel yang tidak terbaca tapi bisa menempati halaman 1 Google. ↑ DAFTAR ISI
Apakah aman menerbitkan ratusan halaman/konten dalam sehari?
Aman, kalau masuk akal.
Misalnya kalau anda memang sengaja menerbitkan ratusan baru secara serentak.
Tetapi kalau ratusan halaman ini akibat copy-paste konten dari website lain, tentunya tidak akan aman. ↑ DAFTAR ISI
Saya tidak bisa/lancar berbahasa Inggris, apakah bisa berhasil mendapatkan peringkat tinggi apabila saya menulis artikel dalam Bahasa Inggris?
Sulit. Kemungkinannya nol.
Kecuali apabila artikel yang anda buat benar-benar luar biasa sampai orang-orang mengabaikan kesalahan tata bahasa dan ejaan.
Kalau tidak, maka tidak akan bisa.
Tidak mungkin Google memberikan peringkat tinggi kepada artikel yang membuat pembaca bingung. ↑ DAFTAR ISI
Saya punya 2 konten yang mengincar keyword yang sama. Kenapa hanya 1 yang muncul di hasil pencarian?
Wajar.
Apabila ada 2 artikel dalam 1 website yang mengincar kata kunci yang persis sama, maka Google akan memilih yang lebih baik untuk di halaman 1.
Kecuali apabila kata kunci tersebut adalah brand milik anda.
Maka dari itu, ketika membuat konten jangan mengincar keyword yang sama persis. Sudah terlanjur? Gabungkan kedua isinya menjadi satu konten yang lebih besar. ↑ DAFTAR ISI
Website saya tidak punya konten, bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan peringkat yang tinggi?
Tidak mungkin website yang tidak punya konten mendapatkan peringkat tinggi.
Tapi mungkin anda keliru antara konten dan artikel.
Artikel adalah salah satu jenis konten, tapi konten bukan hanya artikel.
Gambar, audio, video, teks, PDF, file download, game, kuis, dan lain-lain juga termasuk konten. Bukan hanya artikel. ↑ DAFTAR ISI
Bagaimana melakukan SEO untuk website yang minim konten seperti toko online?
Sebetulnya toko online tidak minim konten.
Foto produk, deskripsi, spesifikasi produk, review, video, dll. juga termasuk konten. Ini bisa anda gunakan untuk mengoptimasi website.
Disamping itu, toko online dan website bisnis jaman sekarang juga semakin banyak yang menyediakan konten artikel dalam bentuk blog. Tujuannya supaya website mereka bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan akhirnya mendapatkan backlink.
Jadi kalau memang mampu, anda juga bisa melakukan seperti itu.
Tool ini berguna untuk menghilangkan pengaruh backlink yang mencurigakan ke website anda.
Meskipun begitu, lebih baik tidak menggunakan tool ini sampai ada tanda-tanda website anda terkena penalti. Karena dampaknya bisa negatif. ↑ DAFTAR ISI
Saya sudah terlanjur memasang backlink dari spam ke website saya, apa yang harus saya lakukan?
Hentikan prosesnya.
Kemudian kalau ternyata ada tanda-tanda website anda terkena penalti, gunakan disavow tool. Kalau tidak, tidak perlu melakukan apapun. ↑ DAFTAR ISI
Saya ingin menjual slot iklan di website saya, apa yang harus saya perhatikan?
Jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung.
Gunakan rel=”nofollow” untuk iklan berupa link.
Kalau keduanya diabaikan, maka website anda bisa beresiko penalti. ↑ DAFTAR ISI
Apakah kontes SEO dan kontes blogging berbahaya?
Bagi penyelenggara kontes, berbahaya.
Terutama apabila anda menyuruh partisipan untuk memasang link dengan anchor yang dioptimasi untuk SEO.
Kontesnya sendiri tidak masalah. Karena itu, ada baiknya anda meminta partisipan untuk memasang rel=”nofollow” di dalam link yang mereka pasang ke website anda.
Bagi partisipan, terlalu sering mengikuti kontes SEO juga bisa berakibat penalti.
Selain kontes, ini juga berlaku untuk review berbayar, advertorial, dan native advertising. ↑ DAFTAR ISI
Google akan mengeluarkan update algoritma baru, apakah website saya terancam bahaya?
Tidak perlu panik…
Ingat:
Google sebagai mesin pencari ingin selalu menampilkan hasil-hasil pencarian terbaik bagi pengguna. Update algoritma di masa depan nanti akan selalu mengarah kepada 1 tujuan ini.
Apakah anda sudah menyediakan hasil terbaik?
Kalau sudah, berarti anda akan aman dari update algoritma manapun!
Tapi kalau anda melakukan yang sebaliknya, kalau anda menyediakan konten-konten berkualitas rendah kemudian memanipulasi Google supaya konten anda muncul di halaman pertama…silahkan panik. ↑ DAFTAR ISI
Saya (atau website lain) menggunakan teknik black hat, backlink-nya spam, dan kontennya copas. Kenapa tidak terkena penalti?
Bukannya tidak kena…tapi belum kena.
Google adalah mesin, bukan manusia. Algoritma mereka belum sempurna.
Pastinya ada beberapa yang lolos dan yang belum mampu dideteksi.
Tapi manusia-manusia yang bekerja di Google akan selalu bekerja meningkatkan kualitas si mesin pencari. Bahkan mungkin suatu saat nanti Google bisa secanggih manusia, siapa tahu?
Pertanyaannya kembali kepada anda:
Apakah mau terus kejar-kejaran dengan Google? ↑ DAFTAR ISI
Website saya kena penalti/sandbox! Bagaimana cara supaya kembali seperti semula?
Saya akan terang-terangan:
Tidak ada cara yang terjamin untuk bisa keluar dari penalti Google.
Jadi kalau website anda masih relatif baru, dan anda merasa sudah melanggar banyak aturan Google…saya sarankan lebih baik buat website baru.
Daripada pusing.
Tapi kalau website anda sudah “matang”…kalau website ini merupakan bisnis anda yang sama sekali tidak tergantikan. Dan kalau anda terkena penalti karena ketidaksengajaan…mungkin masih ada harapan.
Pertama, ketahui dulu jenis penalti yang anda alami.
Secara umum ada 3:
Manual action
Panda
Penguin
Manual action artinya anda tertangkap basah oleh orang dari Google bahwa anda telah melanggar aturan.
Penalti dari algoritma Panda berarti konten anda bermasalah, dan Penguin berarti backlink-nya. Biasanya karena kualitasnya rendah.
Coba dipikirkan kembali, kira-kira yang mana.
Kemudian perbaiki.
Untuk manual action, anda akan mendapatkan peringatan dari Search Console beserta apa yang harus anda lakukan. Ikuti instruksinya kemudian ajukan reconsideration request.
Sedangkan Panda dan Penguin tanpa peringatan.
Untuk Panda, perbaiki seluruh kualitas konten anda. Pastikan konten-konten yang ada miliki adalah yang terbaik dibandingkan semua yang ada di halaman 1 Google.
Ini adalah rata-rata jumlah EMD (Exact Match Domain) di 10 besar hasil pencarian. Misalnya untuk keyword “beli buku” maka domainnya belibuku.com, belibuku.net, atau belibuku.org.
Hanya 3%.
Artinya rata-rata EMD hanya muncul setiap 3-4 kali pencarian. Sangat sedikit.
Jadi anda tidak perlu pusing dengan keyword di domain kalau memang tidak mungkin. Lagipula, ketika membuat halaman atau konten baru URL-nya tetap bisa mengandung keyword. ↑ DAFTAR ISI
Bagaimana cara memilih domain yang bagus untuk SEO?
Namanya mudah diingat
Tidak terlalu panjang, sebisa mungkin di bawah 15 huruf
Mengandung keyword, tetapi tetap enak dibaca
Tidak mengandung hyphen (tanda hubung, -), karena sering digunakan oleh spammer
Ada juga ccTLD (domain negara) yang dianggap sebagai gTLD. Ini beberapa yang cukup populer: .co, .me, .io, dan lain-lain.
Utamakan .com di atas ekstensi lain, karena orang-orang lebih terbiasa menggunakan .com dibandingkan yang lain. Kecuali kalau anda sama sekali tidak bisa mendapatkan .com. ↑ DAFTAR ISI
Lebih bagus mana, .co.id (ccTLD) atau .com (gTLD)?
Kalau anda membuat website dalam Bahasa Indonesia dan target audiens anda adalah orang Indonesia, tidak ada bedanya antara .co.id dan .com.
Tetapi kalau target audiens anda orang luar negeri, ada perbedaan besar.
Secara umum, Google tidak mengutamakan ccTLD yang berasal dari negara luar. Maka kalau anda menggunakan .co.id maka akan lebih sulit mendapatkan rangking yang bagus ketika dicari oleh orang luar negeri.
Kecuali apabila website anda memang sudah memiliki reputasi tinggi. ↑ DAFTAR ISI
Apakah hosting berpengaruh terhadap SEO?
Ya.
Salah satu faktor rangking yang sudah dikonfirmasi langsung oleh Google adalah kecepatan website. Hosting memegang peranan terbesar dalam kasus ini.
Tidak semua hosting memiliki kualitas yang sama.
Jangan menggunakan hosting dengan kualitas yang rendah, karena akan berdampak buruk secara langsung maupun tak langsung terhadap SEO.
Bukan hanya itu,
Kalau website anda untuk orang Indonesia, ada baiknya menggunakan server Indonesia (atau sekitarnya) supaya kecepatannya tinggi.
Sedangkan kalau website anda untuk orang US, gunakan server US (atau sekitarnya). ↑ DAFTAR ISI
Apakah saya harus menggunakan SSL atau https:// untuk meningkatkan rangking di Google?
Google mengumumkan bahwa SSL adalah salah satu faktor rangking. Jadi memang betul bahwa SSL bisa meningkatkan rangking website anda di Google.
Google says this gives websites a small ranking benefit, only counting as a “very lightweight signal” within the overall ranking algorithm. In fact, Google said this carries “less weight than other signals such as high-quality content.”
Lalu, apakah percuma menggunakan SSL?
Tidak juga…
Fungsi utama SSL bukan untuk SEO tetapi sebagai “pelindung” website dan pengguna website anda saat terjadi pertukaran data, seperti saat login misalnya.
Jadi pertimbangan menggunakan SSL sebaiknya tidak didasarkan pada SEO melainkan keamanan.
Apa saja yang termasuk black hat SEO?
Ada banyak, ini yang paling sering digunakan untuk manipulasi rangking:
Spam komentar blog & trackback, dengan atau tanpa software
Membuat blog khusus untuk memasang link ke website utama
Membuat web 2.0 untuk memasang link ke website utama
Memperlihatkan konten yang berbeda antara user dan mesin pencari
Redirect 301 dari domain yang expired
Duplikasi konten
Spam ke social media
Spam ke direktori artikel/website
Auto Generated Content (AGC)
Apakah black hat SEO ilegal?
Tidak juga.
Tidak ada hukum-hukum yang melarang penerapan black hat SEO.
Praktisi black hat SEO dunia juga banyak membantu white hat SEO dalam menemukan faktor-faktor rangking yang tidak diumumkan oleh Google.
Masalahnya di sini:
Banyak pemula yang tidak tahu apakah mereka sebaiknya menggunakan black hat atau tetap bertahan di white hat. Ini diperparah dengan banyaknya praktisi black hat, terutama mereka yang menjual jasa/layanan, mempengaruhi para pemula.
Meskipun terdengar menggiurkan, dan beberapa orang memang memilih black hat daripada white hat…tapi tidak semua orang/bisnis cocok dengan teknik tersebut.
Untuk paham lebih lanjut, baca pertanyaan-jawaban di bawah ini:
Apakah dengan black hat SEO peringkat website lebih cepat naik daripada white hat SEO?
Beberapa teknik black hat SEO memang betul-betul bisa meningkatkan website dengan cepat. Dengan memanfaatkan celah algoritma Google yang tidak sempurna.
Tapi resikonya juga besar.
Praktisi black hat SEO yang seperti itu sadar bahwa website yang mereka buat akan segera terkena penalti dalam hitungan hari/minggu.
Dalam waktu singkat itulah mereka mengambil keuntungan secepat-cepatnya.
Setelah penalti, prosesnya diulangi lagi dari awal.
Ada 1 tipe lagi:
Black hat yang lebih soft, beberapa orang mengistilahkan “Grey Hat”.
Praktisi black hat tipe kedua ini membuat konten sungguhan untuk website (terlepas dari kualitasnya), tetapi mereka tidak melakukan pemasaran seperti white hat.
Mereka menggunakan PBN dan software backlink.
Karena lebih halus, masa hidup website-nya lebih panjang. Meskipun tetap saja tidak terlepas dari resiko penalti.
Mengenai kecepatan rangking, tidak jauh berbeda dengan white hat…
…tetapi prosesnya bisa di-semi-otomatis-kan.
Kalau bisa berhasil dengan black hat, untuk apa saya belajar white hat SEO?
Untuk masa depan.
Kita tidak akan tahu kapan metode black hat akan “mati”.
Meskipun para praktisi black hat selalu menemukan celah-celah baru, tapi lama-kelamaan celah ini akan semakin sempit.
Kalau anda bingung memilih white atau black, pikirkan ini:
Apa peran SEO bagi anda?
Kalau SEO adalah strategi yang anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung, mengembangkan bisnis, dan meningkatkan penghasilan, sebaiknya anda di jalur white hat.
Tapi kalau proses SEO itu sendiri adalah bisnisnya, maka anda di black hat.
Artinya, ketika celah-celah algoritma Google ditutup, maka anda akan terus-menerus mencari celah lain. Kalau tidak maka sumber pendapatan anda lenyap, bisnisnya pun mati.
Bisakah bersaing dengan website yang mengandalkan black hat apabila kita hanya mengandalkan white hat?
Kalau black hat itu seperti lari sprint, maka white itu lari maraton.
Meskipun mengenai kecepatan rangkingnya bisa diperdebatkan, tapi karena black hat SEO mengandalkan teknik yang melanggar aturan maka mereka punya umur hidup yang pendek.
Sebaliknya, white hat tidak punya resiko penalti.
Selain itu, saat ini dengan black hat anda bisa mendapatkan rangking yang tinggi dengan lebih cepat untuk kata kunci yang persaingannya menengah-rendah.
Tapi untuk kata kunci persaingan tinggi, black hat tidak akan bisa mengalahkan white hat.
Karena belum sampai di puncak sudah digusur oleh Google.
Maka dari itulah 90% website yang ada di internet saat ini menggunakan white hat.
Apakah saya butuh jasa SEO?
Tergantung.
Ini adalah tugas yang dilakukan seorang penyedia jasa SEO:
Kalau anda tidak membutuhkan semuanya, berarti anda tidak butuh jasa SEO.
Saya ingin menggunakan jasa SEO, apa yang perlu saya ketahui?
Pertama, jangan menggunakan jasa SEO yang menawarkan backlink.
Tanyakan kepada si penyedia jasa SEO, seperti apa proses yang akan mereka lakukan. Kalau mereka menyebutkan bahwa mereka akan memberikan backlink, jangan dilanjutkan.
Kedua, jangan menggunakan yang bisa menjanjikan peringkat tertentu.
Tidak ada yang bisa menjamin peringkat 1.
Ketiga, jangan memilih jasa SEO hanya karena mereka muncul di halaman pertama untuk kata kunci “jasa SEO”.
Rangking di Indonesia masih mudah dimanipulasi, yang muncul pertama tidak selalu yang terbaik.
Keempat, minta studi kasus atau referensi dari klien-klien terdahulu.
Jangan terlalu cepat percaya dengan testimonial yang ada di halaman website mereka. Kalau bisa, lihat langsung apa yang terjadi dengan website klien mereka.
Selain SEO, apa yang bisa saya pelajari supaya website saya sukses?
SEO adalah sebagian kecil dari digital marketing.
Pertama, sumber traffic bukan hanya mesin pencari, masih banyak yang lainnya.
Maka untuk mendukung SEO, pelajari juga mengenai social media marketing, dan paid marketing.
Kedua, setelah traffic datang, apa yang kita lakukan?
Tentunya tujuan utama anda bukan hanya mendatangkan traffic, melainkan untuk meningkatkan penjualan, mengembangkan bisnis, dan pada akhirnya mendapatkan penghasilan.
Jadi, jangan berhenti hanya menjadi praktisi SEO…
…jadilah seorang marketer.
Ini beberapa skill yang bisa anda pelajari selanjutnya:
Post a Comment
Post a Comment