Report Abuse

Stats

Comment

Hadits: Tinggalkan Keragu-Raguan

Post a Comment

Assalamu’alikum, Pembaca yang Budiman.
Pada kesempatan ini penulis akan menghadirkan goresan pena dengan topik hadits. Adapun hadits yang akan kita bahas yaitu hadits wacana perintah untuk meninggalkan keragu-raguan.  Rasulullah SAW telah menawarkan kita warisan yang tak tergantikan; Quran dan As-Sunnah. Mari kita amalkan proposal Rasulullah SAW wacana menginggalkan keragu-raguan. Namun keragu-raguan yang menyerupai apakah yang mesti kita tinggalkan?
Apakah keraguan atas haramnya sesuatu yang telah terperinci haramnya? Atau yang lainnya? Untuk lebih jelasnya silahkan luangkan waktu anda sekitar 1 menit untuk menambah ilmu dan mempermudah kita dalam kehidupan ini. Berikut hadits wacana proposal untuk meninggalkan keragu-raguan:
عن أبي محمد الحسن بن علي بن أبي طالب سبط رسول الله صلى الله عليه وسلم وريحانته رضي الله عنهما قال حفظت من رسول الله صلى الله عليه وسلم " دع ما يريبك إلى ما لا يريبك " رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح

Dari Abu Muhammad, Al Hasan bin ‘Ali bin Abu Thalib, cucu Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan kesayangan dia radhiallahu 'anhuma telah berkata : “Aku telah menghafal (sabda) dari Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam: “Tinggalkanlah apa-apa yang mewaspadai kamu, bergantilah kepada apa yang tidak mewaspadai kau “.
(HR. Tirmidzi dan berkata Tirmidzi : Ini yaitu Hadits Hasan Shahih)
[Tirmidzi no. 2520, dan An-Nasa-i no. 5711]

Kalimat “yang mewaspadai kamu” maksudnya tinggalkanlah sesuatu yang menyebabkan kau ragu-ragu dan bergantilah kepada hal yang tidak meragukan. Hadits ini kembali kepada pengertian Hadits keenam, yaitu sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam: “Sesungguhnya yang halal itu terperinci dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya banyak perkara syubhat”.

Pada hadits lain disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Seseorang tidak akan mencapai derajat taqwa sebelum ia meninggalkan hal-hal yang tidak berkhasiat sebab khawatir berbuat sia-sia”.
Tingkatan sifat semacam ini lebih tinggi dari sifat meninggalkan yang meragukan.
Demikianlah goresan pena hari ini untuk meng-upgrade pengetahuan kita, mudah-mudahan dapat memperteguh keyakinan kita dan biar goresan pena ini bermanfaat.
Wassalamu’alaikum.

Related Posts

Post a Comment