Report Abuse

Stats

Comment

10 Bahari Terluas Di Dunia Beserta Letak Dan Penjelasannya

Post a Comment
Daftar 10 maritim terluas di dunia - Sebanyak dua per tiga bab Bumi dipenuhi oleh wilayah perairan. Oleh alasannya ialah itu, banyak lautan-lautan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Ada juga lautan dengan luas wilayah yang sangat besar. Apa saja daftar maritim terbesar di dunia? Kali ini akan kami bahas mengenai daftar 10 maritim terluas di dunia dikala ini.

Permukaan bumi memang dipenuhi wilayah perairan. Di Indonesia sendiri misalnya, terdapat banyak lautan mulai dari Laut Jawa sampai Laut Arafuru. Selain itu ada banyak selat atau teluk yang ada di Indonesia. Hal ini memang wajar, mengingat Indonesia sendiri termasuk kategori negara maritim dimana daerahnya didominasi oleh daerah perairan.

Pengertian maritim ialah sekumpulan air asin yang sangat luas dan bekerjasama dengan samudera. Samudera juga sanggup diartikan kumpulan maritim yang sangat luas. Contoh samudera terluas di dunia contohnya ialah Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Selain itu, maritim juga memisahkan pulau dan benua yang ada di dunia.

Laut mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat maritim antara lain ialah sebagai tempat hidup bagi makhluk hidup di laut, menyerupai ikan-ikan, terumbu karang dan lain-lain. Beberapa biota maritim ini tinggal di daerah perairan yang merupakan habitat alami mereka sampai membentuk ekosistem bawah laut. Laut juga sanggup digunakan sebagai sarana olahraga air bagi manusia. Orang-orang sanggup melaksanakan surfing atau berenang di lautan.

Laut juga digunakan untuk tempat persediaan garam mengingat kandungan air maritim yang mengandung garam. Tak heran bila maritim mempunyai peranan penting untuk ekonomi suatu negara. Laut juga mempunyai banyak benda-benda maritim yang sanggup digunakan untuk menciptakan suvenir dan cinderamata pantai, menyerupai kerang, mutiara dan sejenisnya.

Beberapa maritim mempunyai luas yang sangat besar dengan wilayah jutaan kilometer persegi. Deretan maritim terbesar di dunia yang paling luas ini terletak di daerah perairan yang bersahabat dengan samudera. Berikut akan kami tampilkan artikel gosip mengenai daftar 10 maritim terluas di dunia, tidak termasuk dari wilayah perairan samudera.

(baca juga pulau terbesar di dunia)

 Sebanyak dua per tiga bab Bumi dipenuhi oleh wilayah perairan 10 Laut Terluas di Dunia Beserta Letak dan Penjelasannya

10 Laut Terluas di Dunia


1. Laut Cina Selatan


Luas permukaan maritim : 3.500.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut terluas di dunia ialah Laut Cina Selatan atau dikenal sebagai South China Sea. Luas Laut Cina Selatan ialah 3,5 juta km persegi. Laut ini merupakan bab dari Samudera Pasifik. Adapun negara yang mempunyai wilayah perairan disini ialah China, Taiwan, Filipina, Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura dan Vietnam.

2. Laut Karibia


Luas permukaan maritim : 2.754.000 km persegi
Letak : Bersebalahan dengan Samudera Atlantik

Urutan maritim terluas di dunia ialah Laut Karibia atau dikenal sebagai Caribbean Sea. Luas Laut Karibia ialah 2,75 juta km persegi. Laut ini bersebelahan dengan Samudera Atlantik. Adapun negara yang mempunyai wilayah di perairan ini ada banyak, di antaranya ialah Meksiko, Belize, Honduras, Guatemala, Kuba, Haiti, Jamaika dan negara-negara Karibia lain.

3. Laut Tengah


Luas permukaan maritim : 2.500.000 km persegi
Letak : Antara benua Eropa, Asia dan Afrika

Laut terbesar di dunia berikutnya ialah Laut Tengah atau dikenal sebagai Mediterranean Sea. Luas Laut Tengah ialah 2,5 juta km persegi. Laut ini berada di antara benua Eropa, Asia dan Afrika. Terkadang maritim ini juga dikategorikan sebagai danau. Ada banyak negara yang mempunyai wilayah perairan ini di antaranya ialah Albania, Aljazair, Kroasia, Siprus, Mesir, Italia, Yunani, Prancis, Libya, Tunisia, Maroko, Spanyol, Suriah, Slovenia, Turki dan lain-lain.

4. Laut Bering


Luas permukaan maritim : 2.291.900 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut terluas di dunia berikutnya ialah Laut Bering atau biasa dikenal sebagai Bering Sea. Luas Laut Bering secara keseluruhan ialah 2,29 juta km persegi. Laut ini merupakan bab dari wilayah perairan Samudera Pasifik. Negara yang mempunyai wilayah perairan di Laut Bering ialah Rusia dan Amerika Serikat.

5. Laut Meksiko


Luas permukaan maritim : 1.600.000 km persegi
Letak : Di antara Meksiko dan Amerika Serikat

Peringkat maritim terluas di dunia selanjutnya ialah Laut Meksiko atau dikenal sebagai Gulf of Mexico. Laut ini memang juga dikategorikan sebagai teluk. Luas Laut Meksiko mencapai 1,6 juta km persegi. Letak maritim ini berada di antara negara Meksiko dan Amerika Serikat. Selain kedua negara tersebut, Kuba juga mempunyai wilayah di maritim ini.

6. Laut Okhtsk


Luas permukaan maritim : 1.392.000 km persegi
Letak : Terletak di perairan Rusia

Laut Okhtsk atau biasa dikenal sebagai Sea of Okhotsk menjadi maritim terluas di dunia yang keenam menurut luas wilayahnya. Luas Laut Okhtsk secara keseluruhan ialah 1,39 juta km persegi. Letak maritim ini berada di perairan Rusia. Adapun negara yang mempunyai wilayah di maritim ini ialah Rusia dan Jepang.

7. Laut Jepang


Luas permukaan maritim : 1.012.000 km persegi
Letak : Di sebelah barat Samudera Pasifik

Urutan ketujuh lautan terluas di dunia ialah Laut Jepang atau dikenal sebagai Sea of Japan. Luas Laut Jepang ialah 1,01 juta km persegi. Letak Laut Jepang ada di sebelah barat Samudera Pasifik. Beberapa negara mempunyai wilayah perairan di Laut Jepang, di antaranya yaitu Jepang, Rusia, Korea Selatan dan Korea Utara.

8. Laut Hudson


Luas permukaan maritim : 730.000 km persegi
Letak : Terletak di Timur Laut Kanada

Peringkat kedelapan maritim terluas di dunia ialah Laut Hudson dikenal juga sebagai Hudson Bay. Luas Hudson ini ialah 730 ribu km persegi. Lokasi Laut Hudson berada di sebelah timur maritim wilayah Kanada. Adapun negara yang mempunyai wilayah perairan di Laut Hudson ini ada dua, yaitu Kanada dan Amerika Serikat.

9. Laut Cina Timur


Luas permukaan maritim : 664.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Pasifik

Laut Cina Timur atau biasa dikenal sebagai East China Sea menjadi maritim terluas kesembilan di dunia. Luas Laut Cina Timur ialah 664 km persegi. Letak Laut Cina Timur merupakan bab dari Samudera Pasifik. Ada 4 negara yang mempunyai wilayah perairan di maritim ini yaitu China, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan.

10. Laut Andaman


Luas permukaan maritim : 564.000 km persegi
Letak : Bagian dari Samudera Hindia

Urutan kesepuluh maritim terbesar di dunia ialah Laut Andaman. Luas Laut Andaman ialah 564 km persegi. Laut ini merupakan bab dari Samudera Hindia. Negara-negara dengan wilayah perairan di lautan ini ialah India, Myanmar, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Laut Andaman juga menjadi maritim terluas di Indonesia.


Nah itulah sekilan info mengenai daftar 10 maritim terluas di dunia yang paling besar selengkapnya update terbaru. Lautan-lautan tersebut mempunyai total luas permukaan terbesar. Lautan terluas di dunia ialah Laut Cina Selatan yang daerahnya mencapai daerah selatan Cina sampai membentang ke daerah Asia Tenggara. Semoga info tersebut sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan.

Related Posts

Post a Comment