Report Abuse

Stats

Comment

10+ Pola Perkara Pelanggaran Ham Di Indonesia Terbaru Lengkap

Post a Comment
Contoh masalah pelanggaran HAM di Indonesia - Apa saja teladan pelanggaran HAM di Indonesia? Meski dikenal sebagai negara demokratis, nyatanya masih banyak terjadi praktek pelanggaran HAM di Indonesia. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia terjadi bahkan hingga sekarang. Kali ini akan dibahas mengenai 10 teladan masalah pelanggaran HAM di Indonesia terbesar dan terberat semenjak dulu hingga kini terlengkap.

HAM ialah akronim dari hak asasi insan dan merupakan hak dasar yang dimiliki oleh semua manusia. Di antara sifat-sifat HAM antara lain sudah dimiliki semenjak dan merupakan anugerah dari Tuhan. Tentunya dalam kalangan masyarakat, kita harus menghormati hak orang lain. Namun pada realitanya masih banyak terjadi pelanggaran HAM. Baik di Indonesia maupun di dunia, banyak terjadi penyimpangan hak asasi manusia.

Sejumlah teladan pelanggaran HAM di Indonesia yang tergolong berat di antaranya ibarat pembunuhan atau pembantaian suatu golongan. Berbagai upaya pemerintah dalam penegakan HAM di Indonesia pun juga masih banyak menerima sorotan alasannya ialah dinilai belum maksimal. Akibatnya masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, baik yang ringan maupun yang berat.

Jika dilihat ke belakang terdapat beberapa tragedi yang menyalahi hak asasi, ibarat penjajahan yang dilakukan oleh negara Belanda dan Jepang terhadap Indonesia. Selain itu juga banyak teladan lain yang makin marak sesudah negeri ini merdeka. Beberapa di antaranya bahkan hingga menjadikan banyak korban jiwa. 

Berikut list mengenai beberapa penyelewengan HAM yang pernah terjadi di tanah air. Contoh masalah pelanggaran HAM di Indonesia yang ditampilkan diambil dari aneka macam periode, mulai dari kala orde usang hingga orde gres hingga pelanggaran HAM terbaru beberapa tahun terakhir. Inilah list teladan masalah HAM di Indonesia terbesar dan terberat selengkapnya.

Contoh masalah pelanggaran HAM di Indonesia  10+ Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Terbaru Lengkap

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia


1. Peristiwa Trisakti dan Semanggi


Peristiwa di Trisakti dan Semanggi ini terjadi pada tahun 1998. Peristiwa ini berkaitan dengan gerakan di kala reformasi yang gencar disuarakan di tahun 1998. Gerakan tersebut dipicu oleh krisis moneter dan tindakan KKN presiden Soeharto, sehingga para mahasiswa kemudian melaksanakan demo besar-besaran di aneka macam wilayah yang kemudian berujung dengan bentrok antara mahasiswa dengan abdnegara kepolisian. Hal ini memicu meninggalnya 4 mahasiswa dari Universitas Trisakti dan 5 mahasiswa di Semanggi. Mereka tewas sesudah terkena tembakan peluru abdnegara kepolisian. Peristiwa ini menjadi salah satu sejarah kelam bagi bangsa.

2. Kasus Marsinah


Kasus Marsinah terjadi pada tanggal 3-4 Mei 1993. Peristiwa ini berawal dari agresi mogok yang dilakukan oleh Marsinah dan buruh PT CPS. Mereka menuntun kepastian pada perusahaan yang telah melaksanakan PHK mereka tanpa alasan. Setelah agresi demo tersebut, Marsinah malah ditemukan tewas 5 hari kemudian. Ia tewas di tempat hutan Wilangan, Nganjuk dalam kondisi mengenaskan. Penyelidikan masih belum menemukan titik terang hingga sekarang.

3. Aksi Bom Bali


Peristiwa bom bali menjadi salah satu agresi terorisme terbesar di Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2002. Sebuah bom diledakkan di tempat Legian Kuta, Bali oleh sekelompok jaringan teroris. Akibat tragedi ini, sebanyak 202 orang meninggal dunia, mulai dari turis absurd hingga warga lokal yang ada di sekitar lokasi. Kepanikan sempat melanda di penjuru Nusantara akhir tragedi ini. Aksi bom bali ini juga banyak memicu tindakan terorisme di kemudian hari.

4. Kasus Pembunuhan Munir


Sampai sekarang, masalah pembunuhan Munir masih belum sanggup diselesaikan. Munir merupakan seorang pencetus yang banyak menangani permasalahan hak asasi lain. Ia kemudian meninggal dalam perjalanan di pesawat dikala akan menuju kota Amsterdam, Belanda. Kejadian ini pun menciptakan gempar. Banyak spekulasi yang bermunculan bila Munir tewas diracun atau dibunuh oleh golongan tertentu. Beberapa saksi tidak memberi keterangan yang terang hingga akibatnya penyelidikan tidak boleh beberapa tahun berselang.

5. Peristiwa Tanjung Priok


Peristiwa ini dipicu oleh warga sekitar yang melaksanakan demonstrasi pada pemerintah dan abdnegara yang hendak melaksanakan pemindahan makam keramat Mbah Priok. Para warga yang menolak dan murka kemudian melaksanakan unjuk rasa, hingga memicu bentrok antara warga dengan anggota polisi dan TNI. Akibantnya banyak warga yang luka-luka, bahkan hingga mengakibatkan kematian.

6. Kasus Bulukumba


Kasus Bulukumba merupakan masalah pelanggaran HAM yang terjadi pada tahun 2003 lalu. Awalnya PT. London Sumatra melaksanakan ekspansi area perkebunan namun ditolak oleh warga sekitar. Dalam sebuah aksi, abdnegara kepolisian dilaporkan menembak seorang warga. Warga sekitar pun semenjak usang menuntut PT London untuk mengembalikan tanah mereka.

7. Pembunuhan Dukun Santet di Banyuwangi


Peristiwa ini terjadi pada tahun 1998. Pada dikala itu di Banyuwangi sedang marak maraknya terjadi praktek dukun santet di desa desa. Warga sekitar yang berjumlah banyak mulai melaksanakan kerusuhan berupa penangkapan serta pembunuhan terhadap orang yang dituduh sebagai dukun santet tanpa peradilan. Polisi dan Tentara Nasional Indonesia pun berupaya menyelamatkan orang yang dituduh dukun santet yang masih sanggup diselamatkan dari amukan warga.

8. Peristiwa Abepura


Pelanggaran HAM di Indonesia juga pernah terjadi di daerah Papua. Peristiwa ini terjadi di daerah Abepura, Papua pada tahun 2003 lalu. Kasus pelanggaran HAM ini terjadi akhir penyisiran yang dilakukan oleh pelaku yang diduga menyerang mapolsek Abepura. Komnas HAM menyimpulkan bahwa telah terjadi pelanggaran HAM di tragedi Abepura.

9. Kasus Salim Kancil di Lumajang


Peristiwa pelanggaran HAm ini terjadi di Lumajang pada tahun 2015 Awalnya adanya penambangan pasir Pantai Watu Pecak ilegal, seorang pencetus mencoba menghentikan penambangan tersebut. Namun pencetus yang berjulukan Salim tersebut kemudian ditangkap, dipukuli dan bahkan berdasarkan kaporan hingga digergaji lehernya. Kegaduhan terjadi di sekitar daerah tersebut. Polres Lumajang dikala ini telah mengamankan 22 orang terduga pelaku pengeroyokan.

10. Kasus Penganiayaan Wartawan Udin


Kasus penganiayaan wartawan Udin terjadi di Yogyakarta pada tahun 1996. Wartawan ini berjulukan lengkap Fuad Muhammad Syafruddin. Sebelum tragedi ini, Udin kerap menulis artikel kritis perihal kebijakan pemerintah Orde Baru dan militer. Ia menjadi wartawan semenjak tahun 1986. Udin diduga telah diculik, dianiaya oleh orang tak dikenal dan akibatnya ditemukan sudah tewas.


Nah demikianlah info mengenai masalah pelanggaran HAM di Indonesia yang pernah terjadi di negara Indonesia terlengkap dan terbaru. Selain list tersebut, juga ada beberapa teladan pelanggaran HAM Indonesia atau pun teladan pelanggaran HAM internasional lainnya. Sebagai manusia, harusnya kita sanggup saling menghormati hak asasi antar manusia. Jika saja tiap orang sanggup menerapkan prinsip tersebut, bukan tidak mungkin bila perdamaian dunia akan tercipta hingga tidak ada lagi perselisihan antar kelompok dan golongan tertentu yang terjadi.

Related Posts

Post a Comment