Report Abuse

Stats

Comment

Cara Mengatasi Laptop yang Terkena Air

Post a Comment
Air adalah penghantar listrik yang baik. Bila tanpa disengaja air tumpah di laptop waktu bekerja mungkin akan menjadi hal serius apabila tidak cepat ditangani. Air yang tumpah bisa saja masuk merembes ke keyboard dan ke komponen mainboard lainnya merupakan kejadian fatal karena dapat merusak komponen didalamnya terlebih lagi jika laptop masih dalam keadaan menyala dan arus komponen didalamnya sedang bekerja.  Tapi jangan panik dulu jika laptop terkena air, karena ada beberapa tips yang perlu anda lakukan jika laptop terkena air.

 Air adalah penghantar listrik yang baik Cara Mengatasi Laptop yang Terkena Air


Cara Mengatasi Laptop yang Terkena Air :

1. Segera matikan laptop juga sambungan arus listrik langsung. kemudian cabut charger baterai laptop untuk mencegah konslet yang lebih parah pada komponen didalamnya.

2. Cabut semua perangkat yang terhubung dengan laptop seperti mouse, modem, dan lainnya, agar terhindar dari konslet yang merembet ke semua komponen dan perangkat lainnya.

3. Balikkan laptop sehingga air didalam nya bisa segera turun dan tidak menyebar ke bagian komponen lainnya. 

4. Namun jika sudah terlanjur banyak air yang masuk ke dalam, mau tidak mau anda harus membongkar bagian laptop, khususnya usahakan untuk bisa membuka keyboard karena bagian tersebut pastinya adalah yang paling mungkin menjadi tempat merembesnya air. Selain itu dengan membongkar bagian laptop akan memudahkan udara masuk ke dalam sehingga mempercepat proses pengeringan air.

5. Lap bagian laptop yang terkena air dengan kain yang memiliki daya serap yang tinggi dan usahakan dapat menjangkau semua bagian-bagian terkecil pada komponen. Jika tidak terjangkau gunakan cotton buds dengan lembut.

6. Masih dalam laptop dengan keadaan terbuka, keringkan laptop dengan cara mengangin-anginkan dengan kipas tetapi jangan gunakan hair dryer karena perangkat tersebut mengeluarkan panas yang dapat menyebabkan kerusakan komponen laptop.

7. Jika anda sudah yakin kering dan tidak adanya air didalamnya maka rakit kembali komponen yang telah dibongkar tadi kemudian nyalakan laptop apakah masih bisa menyala dengan baik. Dan jika laptop tersebut tidak nyala segera hubungi service center untuk laptop untuk penanganan selanjutnya

Related Posts

Post a Comment