Report Abuse

Stats

Comment

Ciri-ciri Virus Shortcut dan Cara Serangannya

Post a Comment

ciri Virus Shortcut dan Cara Serangannya Ciri-ciri Virus Shortcut dan Cara Serangannya

Setelah beberapa waktu lalu saya membuat artikel Ciri-ciri Komputer yang terkena virus. Kali ini saya juga akan berbagi info tentang ciri-ciri dari virus shortcut. Berbeda dengan virus yang lain virus shortcut juga merupakan virus yang paling menjengkelkan. Virus Shortcut/Ramnit adalah virus yang paling sukses menyebar di tahun 2011, dengan kemampuan update layaknya program anti virus. Virus ini mempunyai kemampuan untuk menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE dan DLL baik berupa file program aplikasi maupun file system Windows. Berikut ciri-ciri virus shortcut.

Ciri-ciri virus shortcut diantaranya adalah:

1. Setelah menginfeksi komputer, virus shortcut akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments.
2. Virus ini akan membuat file thumb.db (note: untuk thumbs.db pada drive atau folder anda merupakan file cache dari komputer anda yang asli. Jika thumb.db merupakan database dari virus. hati-hati dengan perbedaan nama yang akan mengelabuhi anda.)
3. Virus ini akan membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder anda. dan biasanya menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk.
4. Untuk mengelabui dan menjebak korbannya, virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink disetiap folder drive. Jika anda mencoba membuka file tersebut maka sama juga dengan mengaktifkan virus tersebut.
5. Periksa Task Manager anda apakah ada file wscript.exe yang berjalan di system anda, jika ada matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.

Sekian artikel kali ini tentang ciri-ciri dari virus shortcut, untuk trik dan tips cara menghapus virus shortcut akan saya posting dalam postingan yang akan datang.

Related Posts

Post a Comment