Report Abuse

Stats

Comment

Inilah Bahasa Arab Nama-Nama Materi Bangunan

Post a Comment
Sahabat yang supaya selalu dalam lindungan Allah -ta'aala-.


 yang supaya selalu dalam lindungan Allah  Inilah Bahasa Arab Nama-Nama Bahan Bangunan

Hari ini sesudah keliling mengantar istri belanja, saya dan keluarga mampir ke masjid untuk shalat Zhuhur sekaligus istirahat. Saya shalat lebih dulu, alasannya istri harus menjaga anak-anak. Setelah selesai shalat, saya pun harus menggantikan istri menjaga mereka.

Di ketika mereka bermain dan berlarian, saya hanya duduk dan mengamati sambil 'berkelana' memikirkan banyak hal. Di antaranya ialah perihal materi atau tema apalagi yang harus ditulis di blog ini. Akhirnya terlintas ilham untuk menulis goresan pena ini, yaitu kosakata bahasa Arab perihal nama-nama materi bangunan.

Mengapa ilham ini muncul?


Kebetulan masjid yang saya singgahi tersebut sedang ada proyek perluasan, sehingga banyak materi bangunan bertebaran di sana-sini. Maka lahirlah ilham penulisan artikel yang sedang Anda baca sekarang. Langsung saja, berikut ini daftar nama-nama materi bangunan dalam bahasa Arab. 


No
Kata
Mufrad
Jamak
1
Bangunan
بِنَاءٌ
أَبْنِيَةٌ
2
Pasir
رَمْلٌ
رِمَالٌ
3
Besi
حَدِيْدٌ
حَدَائِدُ
4
Baja
فُوْلَاذٌ
فَوَالِيْذُ
5
Batubata
لَبِنَةٌ
لَبِنَاتٌ
6
Semen
ُأَسْمَنْت

7
Kapur
كِلْسُ

8
Batu
حَجَرٌ
أَحْجَارٌ
9
Kerikil
حَصَى
حَصَيَاتٌ
10
Kayu
خَشَبٌ
أَخْشَابٌ
11
Tripleks
خَشَبٌ رَقَائِقِيٌّ
أَخْشَابٌ رَقَائِقِيَّةٌ
12
Seng
صَفِيْحَةٌ
صَفِيْحٌ
13
Kawat
سِلْكٌ
أَسْلَاكٌ
14
Paku
مِسْمارٌ
مَسَامِيْرُ
15
Pipa
أُنْبُوْبٌ
أَنَابِيْبُ

Huft..alhamdulillah sesudah usaha pencarian dan pengumpulan, jadinya selesai juga goresan pena ini. Semoga daftar nama-nama bangunan dan terjemahannya dalam bahasa Arab di atas dapat memperlihatkan pelengkap kosakata bagi Anda para pecinta bahasa Al Quran.

Jika ada yang salah mohon ingatkan, dan jikalau ada yang baik silahkan ambil dan bagi sesuka hati. Dan kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silahkan tulis via kolom komentar di bawah ini.

Akhir kata terima kasih atas kunjungannya, wa jazaakumullahu khairan.

Related Posts

Post a Comment