Report Abuse

Stats

Comment

Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya part 2

Post a Comment

Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya part 2

Posting ini adalah lanjutan posting saya beberapa hari lalu : Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya

Berikut lanjutannya, untuk posting sebelumnya mengenai topik yang sama silakan lihat disini

1. Laptop mengeluarkan suara bising.
Permasalahan :
Laptop menyala dan bekerja normal ataupun sempurna tetapi yang menjadi masalah laptop mengeluarkan suara bising dan menderak setiap saat digunakan.
Solusi :
Dalam kebanyakan kasus kebisingan ini berasal dari kipas pendingin atau hard drive laptop. untuk memeriksa asal suara, dengarkan dengan seksama pada bagian bawah laptop. Jika laptop membuat kebisingan ketika kipas pendingin mulai berjalan, kemungkinan besar rusak. Pasang kembali kipas pendingin. Jika laptop membuat suara bahkan ketika kipas tidak berputar, mungkin itu berasal dari hardisk. Back up data penting anda dari hardisk sesegera mungkin, kerusakan total dapat terjadi setiap saat.
Berikut adalah teknik lain untuk mencari tahu apakah kebisingan yang berasal dari kipas atau hardisk. Lepaskan hardisk dari laptop dan nyalakan kembali laptop. Tunggu sampai hangat dan kipas mulai berputar. Jika laptop masih terdengar suara bising ketika hardisk sudah dilepas, kemungkinan besar kipasnya yang rusak.
2. Beberapa tombol keyboard laptop tidak berfungsi.
Permasalahan:
Laptop menyala dan bekerja dengan baik tetapi masalahnya beberapa tombol keyboard laptop berhenti bekerja atu tidak berfungsi dengan baik
Solusi :
Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard gagal. Keyboard laptop tidak dapat diperbaiki. Jika beberapa tombol berhenti bekerja, Anda harus mengganti keyboard.

3. Laptop mati atau hang ketika sedang digunakan.
Permasalahan :
Laptop menyala dan berjalan dengan baik, tetapi setelah beberapa saat setelah digunakan Laptop langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.
Solusi :
Bersihkan kipas pendingin dan heatsink untuk memperbaiki masalah.


4. Layar jadi gelap sementara laptop berjalan.
Permasalahan :
Waktu dinyalakan laptop strat dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati. Layar laptop blank tidak muncul gambar atau tanda apa-apa
Solusi:
Kemungkinan besar itu baik inverter layar atau lampu layar backlight (CCFL) rusak sehingga menyebabkan cahaya layar redup. Untuk trobuleshoot jenis kegagalan secara efektif diperlukan beberapa suku cadang, baik inverter kerja baru atau lampu backlight yang dikenal masih baik.
5. Tombol keyboard laptop tercopot, hilang atau rusak.
Permasalahan:
Sebuah atau beberapa tombol keyboard laptop hilang ataupun lepas.
Solusi:
Ini sering terjadi jika tidak menggunakan tombol keyboard dengan baik, apalagi menekan tombol-tombol keyboard terlalu keras, akibatnya lama-lama tombol akan terlepas dari engselnya. Jika tombol yang lepas masih ada pasang kembali tombol yang lepas di engselnya. Jika tombolnya hilang dari keyboard, masih mungkin untuk memperbaikinya tanpa mengganti seluruh keyboard. Jika Anda memiliki banyak tombol hilang, mungkin masuk akal untuk mengganti seluruh keyboard.

Demikian rangkuman singkat ini, masih banyak lagi masalah-masalah yang umum terjadi pada hardware laptop yang tidak sempat saya posting sekarang. saya akan memposting kelanjutannya di part yang ke III.

Related Posts

Post a Comment