Report Abuse

Stats

Comment

Kumpulan Rumus Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

Post a Comment
Kumpulan rumus Excel lengkap beserta contohnya - Microsoft Excel merupakan software dengan banyak manfaat. Excel ialah aplikasi spreadsheet yang sanggup dipakai untuk menghitung atau mengolah data. Di software ini juga terdapat banyak formula Excel yang bermanfaat. Apa sajakah rumus rumus di Microsoft Excel? Kali ini akan kami bagikan kumpulan rumus Microsoft Excel lengkap beserta pola rumus Excel-nya.

Excel ialah aplikasi spreadsheet buatan Microsoft. Excel setara dengan Microsoft Word atau Microsoft Power Point. Fungsi Excel sangat banyak dan bermanfaat, serta penting dipakai di sekolah, kantor atau daerah kerja. Lalu bagaimanakah cara mencar ilmu Microsoft Excel? Caranya ialah dengan mempelajari rumus-rumus yang ada di Microsoft Excel.

Dengan Excel memudahkan kita mengolah data dan angka, entah untuk keperluan menghitung angka, pendataan, database dan lain-lain.Beberapa fungsi Excel pun tidak hanya melulu soal operasi matematika saja. Rumus formula Excel juga sanggup dipakai untuk memakai formula kecerdikan dengan syarat dan kondisi tertentu.

Jika dipelajari dengan baik, juga terdapat banyak fungsi dan rumus Excel lengkap lainnya yang mungkin bermanfaat. Kali ini kita akan mencar ilmu rumus Excel dengan membahas rumus-rumus Microsoft Excel beserta contohnya.

(baca juga cara cek kuota 3)

 Microsoft Excel merupakan software dengan banyak manfaat Kumpulan Rumus Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

Kumpulan Rumus Excel Lengkap Beserta Contohnya


Berikut ini akan kami bagikan warta kumpulan rumus Excel lengkap beserta contohnya, mencakup rumus operasi matematika, rumus menghitung di Excel, fungsi kecerdikan dan kondisi serta rumus formula Excel lengkap lainnya.

Cara Menghitung di Excel


Ada beberapa cara menghitung di Microsoft Excel yang sanggup digunakan, yaitu untuk operasi matematikan dasar ibarat penjumlahan, pengurangan, pengkalian dan pembagian. Berikut merupakan rumus cara menghitung memakai Excel.

1. Menjumlahkan angka

Untuk menjumlahkan angka sanggup memakai formula + (tambah)

Contoh : =A1+A2
Fungsi : Menjumlahkan angka pada cell A1 dan A2

2. Mengurangi angka

Untuk mengurangkan angka sanggup memakai formula - (kurang)

Contoh : =A1-A2
Fungsi : Mengurangkan angka pada cell A1 dengan A2

3. Mengali angka

Untuk mengali angka sanggup memakai formula * (bintang)

Contoh : =A1*A2
Fungsi : Mengkalikan angka pada cell A1 dan A2

4. Membagi angka

Untuk membagikan angka sanggup memakai formula / (garis miring)

Contoh : =A1/A2
Fungsi : Membagikan angka pada cell A1 dengan A2

Fungsi Sum


Formula sum dalam Microsoft Excel dipakai untuk menjumlahkan sekumpulan data dalam suatu range. Sum merupakan abreviasi dari summary atau total jumlah dan dipakai sebagai rumus Excel menjumlahkan semua data.

Contoh :
=SUM(A1:A10)
Fungsi : Menjumlahkan semua angka yang ada pada cell A1 hingga A10

Fungsi Average


Formula average dalam Microsoft Excel dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data dalam suatu range. Average sendiri berarti nilai rata-rata dan dipakai sebagai rumus Excel mencari rata-rata.

Contoh :
=AVERAGE(A1:A10)
Fungsi : Mencari rata-rata dari angka yang ada pada cell A1 hingga A10

Fungsi Max


Formula max dalam Microsoft Excel dipakai untuk mencari angka paling besar (nilai maksimal) dari sekumpulan data dalam suatu range. Max merupakan abreviasi dari maximum atau nilai maksimum dan dipakai sebagai rumus Excel menghitung nilai maksimum.

Contoh :
=MAX(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling tinggi dari angka yang ada pada cell A1 hingga A10

Fungsi Min


Formula min dalam Microsoft Excel dipakai untuk mencari angka paling kecil (nilai minimum) dari sekumpulan data dalam suatu range. Min merupakan abreviasi dari minimum dan dipakai sebagai rumus Excel menghitung nilai minimum.

Contoh :
=MIN(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling kecil dari angka yang ada pada cell A1 hingga A10

Fungsi Count


Formula count dalam Microsoft Excel dipakai untuk menghitung jumlah data dari suatu range tertentu. Count sendiri berarti jumlah dan dipakai sebagai rumus Excel menghitung jumlah data.

Contoh :
=MIN(A1:A10)
Fungsi : Mencari nilai paling kecil dari angka yang ada pada cell A1 hingga A10

Fungsi Logika If


Formula if dalam Microsoft Excel dipakai untuk melaksanakan pengujian kecerdikan dengan syarat-syarat tertentu yang ditentukan.

Contoh : 
=IF(A1>=70,"Lulus","Tidak Lulus")
Fungsi : Jika nilai pada A1 lebih dari atau sama dengan 70 maka kesudahannya ialah 'Lulus', tapi bila nilai kurang dari 70 maka kesudahannya ialah 'Tidak Lulus'.

Fungsi VLookup & HLookup


Formula VLookup dalam Microsoft Excel dipakai untuk melaksanakan pencarian secara vertikal dengan mencari nilai kolom pada tabel tertentu. Sementara formula HLookup dalam Microsoft Excel dipakai untuk melaksanakan pencarian secara horizontal dengan mencari nilai baris pada tabel tertentu.


Nah itulah tips trik komputer lengkap mengenai kumpulan rumus Microsoft Excel terbaru. Tips trik rumus lengkap Excel tersebut sanggup dipraktekkan di banyak sekali versi Excel, baik Microsoft Excel 2003, Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, Microsoft Excel 2013 atau pun Microsoft Excel 2016. Sekian warta tips rumus Ms Excel kali ini.

Related Posts

Post a Comment