Report Abuse

Stats

Comment

Tips Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Post a Comment

Untuk memperbaiki Hard Disk yang bad sector tidak harus membongkar komputer atau laptop sobat. Melainkan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang aman. Jika kita mengerti tentu tidak harus “memboyong” komputer atau laptop ketempat service Cuma masalah bad sector. Tapi sebelumnya kita harus mengenali apa bad sector itu sendiri dan penyebabnya.
Untuk memperbaiki Hard Disk yang bad sector tidak harus membongkar komputer atau laptop so Tips Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Bad Sector adalah kondisi dimana terdapat bagian dari hard disk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena sebuah kerusakan atau kegagalan OS dalam mengaksesnya. Kerusakan hard disk ini bisa sangat merugikan, karena komputer akan menjadi lambat.
Bad sector ini sendiri terbagi dalam dua bagian, yaitu bad sector secara fisik (Physical Bad Sector) dan bad sector secara software (Logical Bad Sector).  Bad sector secara fisik seringkali disebabkan oleh adanya kerusakan fisik, seperti hardisk terjatuh, terkena debu, kepanasan, dan lain sebagainya. Kerusakan ini biasanya tidak bisa diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk, bad sector secara fisik menyebabkan head pada hardisk terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Sedangkan untuk bad sector secara software (Logical Bad Sector) bisa terjadi karena kesalahan pengoperasian komputer/laptop. Untuk lebih jelasnya tentang penyebab hard disk rusak silakan baca postingan saya sebelumnya Penyebab Hardisk cepat rusak.
Berikut cara memperbaiki Hard Disk rusak karena bad sector :

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

1.    Hard Disk Drive Low Level Format Tool
Cara ini mewajibkan Anda untuk memback up semua data yang tersimpan di dalam hardisk. tujuannya agar file penting tetap tersimpan dengan aman  karena aplikasi ini akan menghapus semua data dan mereset hardisk sehingga kondisi hardisk sama persis waktu pertama kali Anda beli. Hal ini membuat hardisk kembali fresh dan kerusakan pun akan hilang.

2.    Hard Disk Drive Bad Sector Repair
Aplikasi ini yang bekerja sesuai dengan seri 541DX Maxtor. Proses bekerja dari aplikasi ini adalah dengan mendeteksi kesalahan terlebih dahulu yang terdapat pada hard drive yang mengalami bad sector. Kemudian aplikasi ini akan melakukan perbaikan sedemikian rupa sehingga hardisk bisa bekerja seperti semula sebelum rusak.

3.    Software Recovery
Cara kerja aplikasi ini  sebaliknya dari aplikasi pada nomor satu. Aplikasi ini bekerja dengan mengembalikan seluruh data pada hardisk yang hilang, terhapus, terformat, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi ini, silakan Anda memilih satu di antaranya yang menurut Anda terbaik.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara memperbaiki hard disk bad sector. Mudah-mudahan dapt dipergunakan. Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts

Post a Comment