Report Abuse

Stats

Comment

Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Komputer / Mengatasi komputer Lemot

Post a Comment
Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Komputer Tips dan Trik Meningkatkan Kinerja Komputer / Mengatasi komputer Lemot

Mungkin kita akan sangat kesal ketika saat kita bekerja dikomputer tiba-tiba komputer hang atau lemot kinerjanya. Akibatnya kita harus menunggu lama baik ketika mengcopy file, membuka browser, menjalankan aplikasi ataupun aktivitas lainnya dikomputer baik PC atau Laptop. Biasanya lambatnya kerja komputer disebabkan beberapa hal selain hubungannya dengan spesifikasi komputer itu sendiri, diantaranya kebanyakan instal program yang berat, game, ataupun terserang virus. Berikut beberapa tips yang kiranya dapat membantu meningkatkan kinerja komputer.

1. Defragment hardisk
Defragment hardisk bertujuan untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya. Defragment hardisk Ini bisa dilakukan melalui menu Properties > System Tools > Disk Defragment

2. Uninstall program yang tidak dipakai
Banyaknya Aplikasi yang diinstall dikomputer akan mempengaruhi kinerja komputer. Meskipun tidak dijalankan, Aplikasi atau program yang jarang atau tidak pernah digunakan bisa ikut mengkonsumsi memori. Terutama program yang menyimpan seting-setingnya di registry. Mengapa ? karena setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula.

3. Mematikan service yang tidak terpakai
Jika komputer tidak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa di non aktifkan. Misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya ( bisa di cek keterangannya). Hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komputer. kita perlu berhati-hati, jika salah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tidak berjalan. Services merupakan program/library juga yang dijalankan (di load) setiap komputer hidup. Bisa dilihat melalui Control Panel > Administrative Tools > Services.

4. Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan Windows
Hal ini bisa di cek dengan program seperti autoruns. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tidak begitu penting atau kurang penting. Jika anda menggunakan laptop, maka biasanya aplikasi yang otomatis berjalan dengan windows akan semakin banyak. Salah satu indikasinya adalah banyaknya icon yang ada di sistem tray. Untuk mengatasinya anda bisa  menggunakan software gratis Autorun, bisa di download disini.

5. Hindari penggunakan Skin windows
Penggunaan tampilan/skin tambahan windows juga bisa mempengaruhi kinerja cukup signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Karena secara otomatis program tersebut berjalan di komputer setiap komputer dinyalakan dan akan standby selama pemakaian komputer. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda gunakan saja Windows Themes (bawaan windows).

6. Batasi tambahan jumlah font
Terlalu banyaknya font tambahan akan mempengaruhi ke memori yang digunakan dan loading akan terasa lebih lambat. Ini berpengaruh ke aplikasi yang menggunakan Pilihan font seperti Microsoft Office.

7. Pastikan Komputer terbebas dari Virus
Anti Virus adalah program wajib dikomper. Untuk windows 8 biasanya sudah tersedia anti virus bawaan windows sendiri. Sementara untuk windows versi kebawah perlu diinstall anti virus tambahan dari pihak ke tiga. Jika komputer terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Oleh karena itu sebaiknya selalu dijaga agar komputer bebas virus.

8. Menggunakan Software TuneUp, defragment dan sejenisnya.
Jika kita kesulitan dengan optimalisasi sistem manual dan ingin cara mudah, maka kita bisa menggunakan program-program TuneUp, Defragment registry, dan sejenisnya.

9. Hapus icon di desktop yang tidak penting
Sering program yang di install di komputer akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Jika kita jarang menggunakan icon-icon ini untuk membuka program, lebih baik di hapus saja supaya sedikit mengurangi pemakaian memori.

10. Install Ulang
Install ulang Komputer adalah solusi yang terbaik, karena biasanya dengan system yang lebih “fresh” kinerja bisa maksimal.

Demikian tips singkat cara mempercepat kinerja komputer semoga bermanfaat,,

Related Posts

Post a Comment