Report Abuse

Stats

Comment

Hari Ke-7 Pendapatan Adsense Blogger Tahun 2021

Post a Comment

Adsense blogger blog ini gres disetujui oleh Google Adsense (GA) pada 27 Juni 2021, sehabis berulang kali mengalami kegagalan alasannya beberapa faktor. Sebelum disetujui oleh GA, saya telah melakukan beberapa perbaikan cukup signifikan termasuk mengubah template.

Pergantian template dilaksanakan semoga tampaklebih simpel dan elegan, dan membuat lebih mudah navigasi. Saya mengajukan ulang blog ini ke adsense, dan hasilnya diterima untuk mengikuti acara GA. Setelah hari ke-7 pemasukan blog ini meningkat daripada tidak didaftarkan sama sekali.

Beberapa perubahan yang saya lakukan sebelum diterima GA dan selama aku diterima GA, sebagai berikut:

penyeleksian template blogger. Setelah saya berbelanja dan memakai template EvoMagz, aku membereskan navigasi termasuk menu-sajian yang tersedia dilaman utama, widget, dan beberapa penyesuaian tataletak blog. 

Pengaturan template Evomagz dapat dijalankan secara berdikari dengan menyaksikan panduan yang telah tersedia dalam pembelian. 

Memperbaiki Taksonomi (klasifikasi)

Setelah selesai dengan template, saya beralih membenahi klasifikasi blog saya. Mulanya aku mencontoh dan mengadaptasi blog peneliti ialah David Lankes. Setelah berjalannya waktu, blog ini aku kategorikan ulang sesuai karakteristik blog ini ialah "Blog personal periode sekarang, berisi catatan ilmu perpustakaan dan gosip, Beasiswa LPDP dan hasil karya". 

Saya menjajal untuk mengkategorikan sesuai konten yang sudah ada sebelumnya dan meniadakan beberapa klasifikasi yang tidak relevan, mengulang klasifikasi (kategori sama dengan penamaan berlawanan). 

Banyak klasifikasi yang telah saya hapus, mirip publikasi, penyajian, riview tempat wisata, puisi dan artikel SMA. Akhirnya saya telah memutuskan beberapa kategori sesuai dengan karakteristik blog dan akan diperbarui kembali lihat gambar dibawah.

Menghapus konten yang tidak berkaitan

Beberapa konten yang tidak berkaitan dalam blog ini saya hapus, mirip puisi, riview tempat wisata, makalah Sekolah Menengan Atas yang pernah aku buat dan beberapa konten lain. Konten ini sengaja saya hapus (dari blog) karena view terlalu sedikit, konten kurang berhubungan dan agar lebih mempunyai ciri khas berlainan dengan blog lain. 

Ciri khas ini mempermudah pembaca untuk menyaksikan apa saja isi dari blog ini (Lihat daftar isi). Memilih konten yang ditulis dan dipublikasikan blog membuat pembaca dapat mengenali karakteri blog (penulis), bidang apa yang ditekuni dan keahlian yang dimiliki lewat representasi blog yang ditulis.

Adsense blogger blog ini baru disetujui oleh Google Adsense  Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021

Memperbarui struktur artikel

Postingan pertama blog ini adalah tanggal 19 November 2016 menjadi langkah awal aku menulis blog ini. Total saat ini terdapat 186 artikel yang telah terbit dengan berbagai ragam klasifikasi. 

Pada dikala menulis blog, waktu itu saya belum banyak membaca dan paham terkait struktur artikel blog. Alhasil, postingan usang saat itu memakai live writer, copy paste (copas) dari Microsoft Office Word (word), pengubahan font dan heading yang tidak konsisten menimbulkan stuktur tulisan dalam postingan menjadi semrawut. 

Beberapa tulisan tidak memiliki jarak antar paragraf dan representasi HTML menjadi berantakan sehingga terlihat kurang rapi ketika dibaca dan merugikan peringkat SEO Google. Setelah saya mempelajari cara menciptakan artikel SEO Blog, menulis artikel yang benar yakni menggunakan lembar artikel blog yang tersedia atau memakai office word caranya di konversi ke notepad (Copas artikel word ke notepad lalu pindah ke blog) agar struktur yang telah ada dalam blog tidak kacau.

Perbaikan yang kerjakan di atas ternyata mempunyai dampak pada penerimaan blog ini di GA. Beberapa proes saya jalani sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Tidak lantas final setelah mengikuti GA, blog ini terus diperbaiki, sampai kini (baca juga: perjalanan blog ini)

Perbaikan selama diterima GA

Penataan tata letak dan Iklan

Setelah GA diterima oleh pihak Google, trial dan error aku lakukan termasuk penempatan isyarat iklan manual dan otomatis. Saya otak-atik, apakah menggunakan keduanya atau hanya satu jenis iklan saja. Kemudian saya putuskan untuk memilih keduanya. 

Awalnya iklan otomatis terlihat sungguh kaca di blog, harusnya iklan setelah paragraf mampu secara otomatis diletakkan ditempat didalam postingan. Tidak hanya 2-3 iklan dalam artikel melainkan bisa lebih dari 5. Oleh sebab, aku menjajal melaksanakan pembatasan iklan, dengan memilih tata cara manual. 

Selain itu, iklan yang ditampilkan juga ada beberapa yang mengandung konten sensitif sehingga saya blokir dan berikan iklan yang sesuai dengan karakteristik bloh. Meskipun iklan yang tidak berkaitan mungkin bisa timbul, maka aku akan lakukan perbaikan-perbaikan dengan memblokir iklan lewat tautan. 

Gambar artikel

Beberapa gambar postingan ini mempunyai ukuran yang tidak terstruktur dan bahkan mempunyai size yang cukup besar sehingga kurang baik dalam performa blog. Ukuran standar unggah gambar dalam artikel sebaiknya 600*320 pixel sehingga menghasilkan size (kb) kecil sesuai rekomendasi dan panduan gambar blog secara umum. Perbaikan gambar artikel ini akan menjadi prioritas seiiring berjalannya waktu. 

Penambahan halaman

Beberapa penambahan halaman dalam blog ini adalah privacy policy dan terms & conditions. Syarat utama blog didaftarkan adsense ialah memiliki laman kontak, perihal, disclaimer, privacy policy. 

Meskipun dalam praktiknya, blog ini tidak mempunyai privacy policy tetapi mampu lolos mengikuti GA. Akan namun saya juga tambahkan pula, laman yang belum ada. Penambahan laman dapat dikerjakan dengan mengunjungi tautan https://www.privacypolicyonline.com/, laman generator membuat disclaimer, privacy policy dan  terms & conditions. 

Pendapatan adsense hari ke-7

Pendapatan GA setelah hari ke-7 total telah mencapai Rp. 9.382,89 naik >999% dari sebelumnya tidak pernah mengikuti GA. Rata-rata perhari sudah menciptakan duit Rp. 1.000,- untuk konten yang telah aku buat di blog. 

Pendapatan yang belum stabil ini tentu akan berkembangseiring ketabahan dan konsistensi menulis postingan-artikel bermutu. Merujuk pembagian terstruktur mengenai tufifudin "AdSense Indonesia mensyaratkan minimum penghasilan 1.300.000 gres lalu saldo akan masuk ke rekening. 

Apabila blog sudah mencapai 1000 view per hari, maka  akan menciptakan 230.000. Sehingga, butuh waktu sekitar 6 bulan untuk saldo cair". Ia menganjurkan semoga trafik blog terus tersadar dan mengusahakan terus bertambah.

Kesimpulan

Beberapa langkah perbaikan dapat dilaksanakan biar blog diterima oleh GA sehingga nantinya akan menghasilkan pendapatan komplemen. Beberapa pemasukan atau sumber penghasilan selain GA, mirip menjual jasa dan produk di blog, penawaran khusus di blog, mengikuti afiliasi, dan honor selaku pembicara atau narasumber yang hendak dibahas di dalam postingan terpisah mampu menjadi solusi dan alternatif yang dapat dipakai atau bahan dikombinasikan. 

Akhirnya, artikel ini masih banyak kekurangan sehingga perlu dibenahi dan dikembangkan sehingga berfaedah dan menginspirasi pembaca. Kritik dan saran yang membangun pasti akan bahagia hati diterima penulis. 

Kesalahan atau kekurangan dalam penulisan postingan ini, pasti aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Menulis blog adalah salah satu cara semoga penulis dapat terus eksis dan menginspirasi pembaca. - Pramudyo -

Referensi

Tufiddin.2020 "Berapa Pendapatan AdSense Blog 1000 View Per Hari?" dalam https://tufiddin.com/berapa-pendapatan-adsense-1000-view-per-hari/ diakses pada 6 Juli 2021 pukul 14.36 WIB


Sumber http://www.ganipramudyo.web.id

Related Posts

Post a Comment