![]() |
Sejarah Nabi Muhammad SAW. |
Featured Post
Bab I - Arab Pra Islam
Sumber Peradaban Pertama
PENYELIDIKAN mengenai sejarah peradaban insan dan dari mana pula asal-usulnya, gotong royong masih ada hubungannya dengan zaman kita kini ini. Penyelidikan demikian sudah usang menetapkan, bahwa sumber peradaban itu semenjak lebih dari enam ribu tahun yang kemudian adalah
Mesir. Zaman sebelum itu dimasukkan orang kedalam kategori pra-sejarah. Oleh lantaran itu sukar sekali akan hingga kepada suatu inovasi yang ilmiah. Sarjana-sarjana jago purbakala (arkelogi) kini kembali mengadakan penggalian-penggalian di Irak dan Suria dengan maksud mempelajari soal-soal peradaban Asiria dan Funisia serta memilih zaman permulaan daripada kedua macam peradaban itu: adakah ia mendahului peradaban Mesir masa Firaun dan sekaligus mempengaruhinya, ataukah ia menyusul masa itu dan terpengaruh karenanya? Apapun juga yang telah diperoleh sarjana-sarjana arkelogi dalam bidang sejarah itu, samasekali tidak akan mengubah sesuatu dari kenyataan yang sebenarnya, yang dalam penggalian benda-benda kuno Tiongkok dan Timur Jauh belum memperlihatkan hasil yang berlawanan. Kenyataan ini ialah bahwa sumber peradaban pertama - baik di Mesir, Funisia atau Asiria - ada hubungannya dengan Laut Tengah; dan bahwa Mesir ialah sentra yang paling menonjol membawa peradaban pertama itu ke Yunani atau Rumawi, dan bahwa peradaban dunia sekarang, masa hidup kita kini ini, masih erat sekali hubungannya dengan peradaban pertama itu.
Apa yang pernah diperlihatkan oleh Timur Jauh dalam penyelidikam perihal sejarah peradaban, tidak pernah memberi imbas yang terang terhadap pengembangan peradaban-peradaban Fira'un, Asiria atau Yunani, juga tidak pernah mengubah tujuan dan perkembangan peradaban-peradaban tersebut. Hal ini gres terjadi sehabis ada akulturasi dan saling-hubungan dengan peradaban Islam. Di sinilah proses saling pengaruh-mempengaruhi itu terjadi, proses asimilasi yang sudah sedemikian rupa, sehingga pengaruhnya terdapat pada peradaban dunia yang menjadi pegangan umat insan sampaumur ini.
Laut Tengah dan Laut Merah
Peradaban-peradaban itu sudah begitu berkembang dan tersebar ke pantai-pantai Laut Tengah atau di sekitarnya, di Mesir, di Asiria dan Yunani semenjak ribuan tahun yang lalu, yang hingga ketika ini perkembangannya tetap dikagumi dunia: perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam bidang pertanian, perdagangan, peperangan dan dalam segala bidang kegiatan manusia. Tetapi, semua peradaban itu, sumber dan pertumbuhannya, selalu berasal dari agama. Memang benar bahwa sumber itu berbeda-beda antara kepercayaan trinitas Mesir Purba yang tergambar dalam Osiris, Isis dan Horus, yang memperlihatkan kesatuan dan penjelmaan hidup kembali di negerinya serta kekerabatan kekalnya hidup dari bapa kepada anak, dan antara paganisma Yunani dalam melukiskan kebenaran, kebaikan dan keindahan yang bersumber dan tumbuh dari gejala-gejala alam berdasarkan pancaindera; demikian sehabis itu timbul perbedaan-perbedaan yang dengan penggambaran semacam itu dalam pelbagai zaman kemunduran itu telah mengantarkannya ke dalam kehidupan duniawi. Akan tetapi sumber semua peradaban itu tetap membentuk perjalanan sejarah dunia, yang begitu kuat pengaruhnya hingga ketika kita kini ini, sekalipun peradaban demikian hendak mencoba melepaskan diri dan melawan sumbernya sendiri itu dari zaman ke zaman. Siapa tahu, hal yang serupa kelak akan hidup kembali.
Dalam lingkungan masyarakat ini, yang menyandarkan peradabannya semenjak ribuan tahun kepada sumber agama, dalam lingkungan itulah dilahirkan para rasul yang membawa agama-agama yang kita kenal hingga ketika ini. Di Mesir dilahirkan Musa, dan dalam pangkuan Firaun ia dibesarkan dan diasuh, dan di tangan para pendeta dan pemuka-pemuka agama kerajaan itu ia mengetahui keesaan Tuhan dan rahasia-rahasia alam.
Agama-agama Nasrani dan Majusi
Setelah tiba ijin Tuhan kepadanya supaya ia membimbing umat di tengah-tengah Firaun yang berkata kepada rakyatnya: "Akulah tuhanmu yang tertinggi" iapun berhadapan dengan Firaun sendiri dan tukang-tukang sihirnya, sehingga akhirnya terpaksa ia bersama-sama orang-orang Israil yang lain pindah ke Palestina. Dan di Palestina ini pula dilahirkan Isa, Ruh dan Firman Allah yang ditiupkan ke dalam diri Mariam. Setelah Tuhan menarik kembali Isa putera Mariam, murid-muridnya kemudian membuatkan agama Nasrani yang dianjurkan Isa itu. Mereka dan pengikut-pengikut mereka mengalami bermacam-macam penganiayaan. Kemudian setelah dengan kehendak Tuhan agama ini tersebar, datanglah Maharaja Rumawi yang menguasai dunia ketika itu, membawa panji agama Nasrani. Seluruh Kerajaan Rumawi kini telah menganut agama Isa. Tersebarlah agama ini di Mesir, di Syam (Suria-Libanon dan Palestina) dan Yunani, dan dari Mesir menyebar pula ke Ethiopia. Sesudah itu selama beberapa era kekuasaan agama ini semakin kuat juga. Semua yang berada di bawah panji Kerajaan Rumawi dan yang ingin mengadakan persahabatan dan kekerabatan baik dengan Kerajaan ini, berada di bawah panji agama Masehi itu.
Berhadapan dengan agama Masehi yang tersebar di bawah panji dan imbas Rumawi itu berdiri pula kekuasaan agama Majusi di Persia yang mendapat dukungan moril di Timur Jauh dan di India. Selama beberapa era itu Asiria dan Mesir yang membentang sepanjang Funisia, telah merintangi terjadinya suatu pertarungan eksklusif antara kepercayaan dan peradaban Barat dengan Timur. Tetapi dengan masuknya Mesir dan Funisia ke dalam lingkungan Masehi telah pula menghilangkan rintangan itu. Paham Masehi di Barat dan Majusi di Timur kini sudah berhadap-hadapan muka. Selama beberapa era berturut-turut, baik Barat maupun Timur, dengan hendak menghormati agamanya masing-masing, yang sedianya berhadapan dengan rintangan alam, kini telah berhadapan dengan rintangan moril, masing-masing merasa perlu dengan sekuat tenaga berusaha mempertahankan kepercayaannya, dan satu sama lain tidak saling mempengaruhi kepercayaan atau peradabannya, sekalipun peperangan antara mereka itu berlangsung terus-menerus hingga sekian lama.
Bizantium Pewaris Rumawi
Akan tetapi, sekalipun Persia telah sanggup mengalahkan Rumawi dan sanggup menguasai Syam dan Mesir dan sudah hingga pula di ambang pintu Bizantium, namun tak terpikir oleh raja-raja Persia akan membuatkan agama Majusi atau menggantikan tempat agama Nasrani. Bahkan pihak yang kini berkuasa itu malahan menghormati kepercayaan orang yang dikuasainya. Rumah-rumah ibadat mereka yang sudah hancur akhir perang dibantu pula membangun kembali dan dibiarkan mereka bebas menjalankan upacara-upacara keagamaannya. Satu-satunya yang diperbuat pihak Persia dalam hal ini hanyalah mengambil Salib Besar dan dibawanya ke negerinya. Bilamana kelak kemenangan itu berganti berada di pihak Rumawi, Salib itupun diambilnya kembali dari tangan Persia. Dengan demikian peperangan rohani di Barat itu tetap di Barat dan di Timur tetap di Timur. Dengan demikian rintangan moril tadi sama pula dengan rintangan alam dan kedua kekuatan itu dari segi rohani tidak saling berbenturan.
Keadaan serupa itu berlangsung terus hingga era keenam. Dalam pada itu kontradiksi antara Rumawi dengan Bizantium makin meruncing. Pihak Rumawi, yang benderanya berkibar di benua Eropa hingga ke Gaul dan Kelt di Inggris selama beberapa generasi dan selama zaman Julius Caesar yang dibanggakan dunia dan tetap dibanggakan, kemegahannya itu berangsur-angsur telah mulai surut, hingga akhirnya Bizantium memisahkan diri dengan kekuasaan sendiri pula, sebagai ahliwaris Kerajaan Rumawi yang menguasai dunia itu. Puncak keruntuhan Kerajaan Rumawi ialah tatkala pasukan Vandal yang buas itu tiba menyerbunya dan mengambil kekuasaan pemerintahan di tangannya. Peristiwa ini telah menimbulkan bekas yang dalam pada agama Masehi yang tumbuh dalam pangkuan Kerajaan Rumawi. Mereka yang sudah beriman kepada Isa itu telah mengalami pengorbanan-pengorbanan besar, berada dalam ketakutan di bawah kekuasaan Vandal itu.
Sekta-sekta Nasrani dan Pertentangannya
Mazhab-mazhab agama Masehi ini mulai pecah-belah. Dari zaman ke zaman mazhab-mazhab itu telah terbagi-bagi ke dalam sekta-sekta dan golongan-golongan. Setiap golongan memiliki pandangan dan dasar-dasar agama sendiri yang bertentangan dengan golongan lainnya. Pertentangan-pertentangan antara golongan-golongan satu sama lain lantaran perbedaan pandangan itu telah menimbulkan adanya permusuhan pribadi yang terbawa oleh lantaran moral dan jiwa yang sudah lemah, sehingga cepat sekali ia berada dalam ketakutan, gampang terlibat dalam fanatisma yang buta dan dalam kebekuan. Pada masa-masa itu, di antara golongan-golongan Masehi itu ada yang mengingkari bahwa Isa memiliki jasad disamping bayangan yang tampak pada manusia; ada pula yang mempertautkan secara rohaniah antara jasad dan ruhnya sedemikian rupa sehingga memerlukan khayal dan pikiran yang begitu rumit untuk sanggup menggambarkannya; dan disamping itu ada pula yang mau menyembah Mariam, sementara yang lain menolak pendapat bahwa ia tetap perawan sehabis melahirkan Almasih.
Terjadinya kontradiksi antara sesama pengikut-pengikut Isa itu ialah insiden yang biasa terjadi pada setiap umat dan zaman, apabila ia sedang mengalami kemunduran: soalnya hanya terbatas pada teori kata-kata dan bilangan saja, dan pada tiap kata dan tiap bilangan itu ditafsirkan pula dengan bermacam-macam arti, ditambah dengan rahasia-rahasia, ditambah dengan warna-warni khayal yang sukar diterima nalar dan hanya sanggup dikunyah oleh perdebatan-perdebatan sophisma yang kaku saja.
Salah seorang pendeta gereja berkata: "Seluruh penjuru kota itu diliputi oleh perdebatan. Orang sanggup melihatnya dalam pasar-pasar, di tempat-tempat penjual pakaian, penukaran uang, pedagang makanan. Jika ada orang bermaksud hendak menukar sekeping emas, ia akan terlibat ke dalam suatu perdebatan perihal apa yang diciptakan dan apa yang bukan diciptakan. Kalau ada orang hendak menawar harga roti maka akan dijawabnya: Bapa lebih besar dari putera dan putera tunduk kepada Bapa. Bila ada orang yang bertanya perihal kolam mandi adakah airnya hangat, maka pelayannya akan segera menjawab: "Putera telah diciptakan dari yang tak ada."
Tetapi kemunduran yang telah menimpa agama Masehi sehingga ia terpecah-belah ke dalam golongan-golongan dan sekta-sekta itu dari segi politik tidak begitu besar pengaruhnya terhadap Kerajaan Rumawi. Kerajaan itu tetap kuat dan kukuh. Golongan-golongan itupun tetap hidup dibawah naungannya dengan tetap adanya semacam kontradiksi tapi tidak hingga orang melibatkan diri kedalam polemik teologi atau hingga memasuki pertemuan-pertemuan semacam itu yang pernah diadakan guna memecahkan sesuatu masalah. Suatu keputusan yang pernah diambil oleh suatu golongan tidak hingga mengikat golongan yang lain. Dan Kerajaanpun telah pula melindungi semua golongan itu dan memberi kebebasan kepada mereka mengadakan polemik, yang gotong royong telah menambah kuatnya kekuasaan Kerajaan dalam bidang manajemen tanpa mengurangi penghormatannya kepada agama. Setiap golongan jadinya bergantung kepada belas kasihan penguasa, bahkan ada dugaan bahwa golongan itu menggantungkan diri kepada adanya akreditasi pihak yang berkuasa itu.
Majusi Persia di Jazirah Arab
Sikap saling beradaptasi di bawah naungan Imperium itu itulah pula yang menimbulkan penyebaran agama Masehi tetap berjalan dan sanggup diteruskan dari Mesir dibawah Rumawi hingga ke Ethiopia yang merdeka tapi masih dalam lingkungan persahabatan dengan Rumawi. Dengan demikian ia memiliki kedudukan yang sama kuat di sepanjang Laut Merah menyerupai di sekitar Laut Tengah itu. Dari wilayah Syam ia menyeberang ke Palestina. Penduduk Palestina dan penduduk Arab Ghassan yang pindah ke sana telah pula menganut agama itu, hingga ke pantai Furat, penduduk Hira, Lakhmid dan Mundhir yang berpindah dari pedalaman sahara yang tandus ke daerah-daerah subur juga demikian, yang selanjutnya mereka tinggal di tempat itu beberapa usang untuk kemudian hidup di bawah kekuasaan Persia Majusi.
Dalam pada itu kehidupan Majusi di Persia telah pula mengalami kemunduran menyerupai agama Masehi dalam Imperium Rumawi. Kalau dalam agama Majusi menyembah api itu merupakan tanda-tanda yang paling menonjol, maka yang berkenaan dengan yang kuasa kebaikan dan kejahatan pengikut-pengikutnya telah berpecah-belah juga menjadi golongan-golongan dan sekta-sekta pula. Tapi disini bukan tempatnya menguraikan semua itu. Sungguhpun begitu kekuasaan politik Persia tetap kuat juga. Polemik keagamaan perihal lukisan yang kuasa serta adanya pemikiran bebas yang tergambar dibalik lukisan itu, tidaklah mempengaruhinya. Golongan-golongan agama yang berbeda-beda itu semua berlindung di bawah raja Persia. Dan yang lebih memperkuat kontradiksi itu ialah lantaran memang sengaja digunakan sebagai suatu cara supaya satu dengan yang lain saling berpukulan, atas dasar kekuatiran, bila salah satunya menjadi kuat, maka Raja atau salah satu golongan itu akan memikul akibatnya.
Antara Dua Kekuatan
Kedua kekuatan yang kini sedang berhadap-hadapan itu ialah: kekuatan Nasrani dan kekuatan Majusi, kekuatan Barat berhadapan dengan kekuatan Timur. Bersamaan dengan itu kekuasaan-kekuasaan kecil yang berada di bawah imbas kedua kekuatan itu, pada awal era keenam berada di sekitar jazirah Arab. Kedua kekuatan itu masing-masing memiliki hasrat perluasan dan penjajahan. Pemuka-pemuka kedua agama itu masing-masing berusaha sekuat tenaga akan membuatkan agamanya ke atas kepercayaan agama lain yang sudah dianutnya. Sungguhpun demikian jazirah itu tetap menyerupai sebuah oasis yang kekar tak hingga terjamah oleh peperangan, kecuali pada beberapa tempat di penggalan pinggir saja, juga tak hingga terjamah oleh penyebaran agama-agama Masehi atau Majusi, kecuali sebagian kecil saja pada beberapa kabilah. Gejala demikian ini dalam sejarah kadang tampak gila bila tidak kita lihat letak dan iklim jazirah itu serta imbas keduanya terhadap kehidupan penduduknya, dalam aneka macam perbedaan dan persamaan serta kecenderungan hidup mereka masing-masing.
Letak Geografis Semenanjung Arab
Jazirah Arab bentuknya memanjang dan tidak parallelogram. Ke sebelah utara Palestina dan padang Syam, ke sebelah timur Hira, Dijla (Tigris), Furat (Euphrates) dan Teluk Persia, ke sebelah selatan Samudera Indonesia dan Teluk Aden, sedang ke sebelah barat Laut Merah. Jadi, dari sebelah barat dan selatan tempat ini dilingkungi lautan, dari utara padang sahara dan dari timur padang sahara dan Teluk Persia. Akan tetapi bukan rintangan itu saja yang telah melindunginya dari serangan dan penyerbuan penjajahan dan penyebaran agama, melainkan juga lantaran jaraknya yang berjauh-jauhan. Panjang semenanjung itu melebihi seribu kilometer, demikian juga luasnya hingga seribu kilometer pula. Dan yang lebih-lebih lagi melindunginya ialah tandusnya tempat ini yang luar biasa hingga semua penjajah merasa enggan melihatnya. Dalam tempat yang seluas itu sebuah sungaipun tak ada. Musim hujan yang akan sanggup dijadikan pegangan dalam mengatur sesuatu perjuangan juga tidak menentu. Kecuali tempat Yaman yang terletak di sebelah selatan yang sangat subur tanahnya dan cukup banyak hujan turun, wilayah Arab lainnya terdiri dari gunung-gunung, dataran tinggi, lembah-lembah tandus serta alam yang gersang. Tak gampang orang akan sanggup tinggal menetap atau akan memperoleh kemajuan. Sama sekali hidup di tempat itu tidak menarik selain hidup mengembara terus-menerus dengan mempergunakan unta sebagai kapalnya di tengah-tengah lautan padang pasir itu, sambil mencari padang hijau untuk kuliner ternaknya, beristirahat sebentar sambil menunggu ternak itu menghabiskan makanannya, sehabis itu berangkat lagi mencari padang hijau gres di tempat lain. Tempat-tempat beternak yang dicari oleh orang-orang badwi jazirah biasanya di sekitar mata air yang menyumber dari bekas air hujan, air hujan yang turun dari celah-celah kerikil di tempat itu. Dari situlah tumbuhnya padang hijau yang terserak di sana-sini dalam wahah-wahah yang berada di sekitar mata air.
Raja Sahara
Sudah masuk akal sekali dalam wilayah demikian itu, yang menyerupai Sahara Afrika Raya yang luas, tak ada orang yang sanggup hidup menetap, dan cara hidup insan yang biasapun tidak pula dikenal. Juga sudah biasa bila orang yang tinggal di tempat itu tidak lebih maksudnya hanya sekadar menjelajahinya dan menyelamatkan diri saja, kecuali di tempat-tempat yang tak seberapa, yang masih ditumbuhi rumput dan tempat beternak. Juga sudah sewajarnya pula tempat-tempat itu tetap tak dikenal lantaran sedikitnya orang yang mau mengembara dan mau menjelajahi tempat itu. Mudah orang zaman dahulu tidak mengenal jazirah Arab, selain Yaman. Hanya saja letaknya itu telah sanggup menyelamatkan dari pengasingan dan penghuninyapun sanggup bertahan diri.
Lalu-Lintas Kafilah
Pada masa itu orang belum merasa begitu kondusif mengarungi lautan guna mengangkut barang dagangan atau mengadakan pelayaran. Dari peribahasa Arab yang sanggup kita lihat kini menunjukkan, bahwa ketakutan orang menghadapi bahari sama menyerupai dalam menghadapi maut. Tetapi, bagaimanapun juga untuk mengangkut barang dagangan itu harus ada jalan lain selain mengarungi ancaman final hidup itu. Yang paling penting transpor perdagangan masa itu ialah antara Timur dan Barat: antara Rumawi dan sekitarnya, serta India dan sekitarnya. Jazirah Arab masa itu merupakan tempat lalu-lintas perdagangan yang diseberanginya melalui Mesir atau melalui Teluk Persia, lewat jalan masuk yang terletak di ekspresi Teluk Persia itu. Sudah tentu masuk akal sekali bilamana penduduk pedalaman jazirah Arab itu menjadi raja sahara, sama halnya menyerupai pelaut-pelaut pada masa-masa berikutnya yang wilayahnya lebih banyak dikuasai air daripada daratan, menjadi raja laut. Dan sudah masuk akal pula bilamana raja-raja padang pasir itu mengenal seluk-beluk jalan para kafilah hingga ke tempat-tempat yang berbahaya, sama halnya menyerupai para pelaut, mereka sudah mengenal garis-garis perjalanan kapal hingga sejauh-jauhnya. "Jalan kafilah itu bukan dibiarkan begitu saja," kata Heeren, "tetapi sudah menjadi tempat yang tetap mereka lalui. Di tempat padang pasir yang luas itu, yang biasa dilalui oleh para kafilah, alam telah menawarkan tempat-tempat tertentu kepada mereka, terpencar-pencar di tempat tandus, yang kelak menjadi tempat mereka beristirahat. Di tempat itu, di bawah naungan pohon-pohon kurma dan di tepi air tawar yang mengalir di sekitarnya, seorang pedagang dengan hewan bebannya sanggup menghilangkan haus dahaga sehabis perjalanan yang melelahkan itu. Tempat-tempat peristirahatan itu juga telah menjadi gudang perdagangan mereka, dan yang sebagian lagi digunakan sebagai tempat penyembahan, tempat ia meminta proteksi atas barang dagangannya atau meminta pertolongan dari tempat itu."1
Lingkungan jazirah itu penuh dengan jalan kafilah. Yang penting di antaranya ada dua. Yang sebuah berbatasan dengan Teluk Persia, Sungai Dijla, bertemu dengan padang Syam dan Palestina. Pantas jugalah bila batas daerah-daerah sebelah timur yang berdekatan itu diberi nama Jalan Timur. Sedang yang sebuah lagi berbatasan dengan Laut Merah; dan lantaran itu diberi nama Jalan Barat. Melalui dua jalan inilah produksi barang-barang di Barat diangkut ke Timur dan barang-barang di Timur diangkut ke Barat. Dengan demikian tempat pedalaman itu mendapatkan kemakmurannya.
Akan tetapi itu tidak menambah pengetahuan pihak Barat perihal negeri-negeri yang telah dilalui perdagangan mereka itu. Karena sukarnya menempuh daerah-daerah itu, baik pihak Barat maupun pihak Timur sedikit sekali yang mau mengarunginya - kecuali bagi mereka yang sudah biasa semenjak masa mudanya. Sedang mereka yang berani secara untung-untungan mempertaruhkan nyawa banyak yang hilang secara sia-sia di tengah-tengah padang tandus itu. Bagi orang yang sudah biasa hidup glamor di kota, tidak akan tahan menempuh gunung-gunung tandus yang memisahkan Tihama dari pantai Laut Merah dengan suatu tempat yang sempit itu. Kalaupun pada waktu itu ada juga orang yang hingga ke tempat tersebut - yang hanya mengenal unta sebagai kendaraan - ia akan mendaki celah-celah pegunungan yang akhirnya akan menyeberang hingga ke dataran tinggi Najd yang penuh dengan padang pasir. Orang yang sudah biasa hidup dalam sistem politik yang teratur dan sanggup menjamin segala kepuasannya akan terasa berat sekali hidup dalam suasana pedalaman yang tidak mengenal tata-tertib kenegaraan. Setiap kabilah, atau setiap keluarga, bahkan setiap pribadipun tidak memiliki suatu sistiem kekerabatan dengan pihak lain selain ikatan keluarga atau kabilah atau ikatan sumpah setia mitra atau sistem jiwar (perlindungan bertetangga) yang biasa diminta oleh pihak yang lemah kepada yang lebih kuat.
Pada setiap zaman tata-hidup bangsa-bangsa pedalaman itu memang berbeda dengan kehidupan di kota-kota. Ia sudah puas dengan cara hidup saling mengadakan pembalasan, melawan permusuhan dengan permusuhan, menindas yang lemah yang tidak memiliki pelindung. Keadaan semacam ini tidak menarik perhatian orang untuk menciptakan penyelidikan yang lebih dalam. Oleh lantaran itu tempat Semenanjung ini tetap tidak dikenal dunia pada waktu itu. Dan barulah kemudian - sehabis Muhammad s.a.w. lahir di tempat tersebut - orang mulai mengenal sejarahnya dari berita-berita yang dibawa orang dari tempat itu, dan tempat yang tadinya sama sekali tertutup itu kini sudah mulai dikenal dunia.
Yaman dan Peradabannya
Tak ada yang dikenal dunia perihal negeri-negeri Arab itu selain Yaman dan tetangga-tetangganya yang berbatasan dengan Teluk Persia. Hal ini bukan lantaran hanya disebabkan oleh adanya perbatasan Teluk Persia dan Samudera Indonesia saja, tetapi lebih-lebih disebabkan oleh - tidak menyerupai jazirah-jazirah lain - gurun sahara yang tandus. Dunia tidak tertarik, negara yang akan bersahabatpun tidak merasa akan mendapat laba dan pihak penjajah juga tidak punya kepentingan. Sebaliknya, tempat Yaman tanahnya subur, hujan turun secara teratur pada setiap musim. Ia menjadi negeri peradaban yang kuat, dengan kota-kota yang makmur dan tempat-tempat beribadat yang kuat sepanjang masa. Penduduk jazirah ini terdiri dari suku bangsa Himyar, suatu suku bangsa yang cerdas dan berpengetahuan luas. Air hujan yang menyirami bumi ini mengalir habis menyusuri tanah terjal hingga ke laut. Mereka menciptakan Bendungan Ma'rib yang sanggup menampung arus air hujan sesuai dengan syarat-syarat peradaban yang berlaku.
Sebelum di bangunnya bendungan ini , air hujan yang deras terjun dari pegunungan Yaman yang tinggi-tinggi itu, menyusur turun ke lembah-lembah yang terletak di sebelah timur kota Ma'rib. Mula-mula air turun melalui celah-celah dua buah gunung yang terletak di kanan-kiri lembah ini, memisahkan satu sama lain seluas kira-kira 400 meter. Apabila sudah hingga di Ma'rib air itu menyebar ke dalam lembah demikian rupa sehingga hilang terserap menyerupai di bendungan-bendungan Hulu Sungai Nil. Berkat pengetahuan dan kecerdasan yang ada pada penduduk Yaman itu, mereka membangun sebuah bendungan, yaitu Bendungan Ma'rib. Bendungan ini dibangun daripada kerikil di ujung lembah yang sempit, kemudian dibuatnya celah-celah guna memungkinkan adanya distribusi air ke tempat-tempat yang mereka kehendaki dan dengan demikian tanah mereka bertambah subur.
Peninggalan-peninggalan peradaban Himyar di Yaman yang pernah diselidiki - dan hingga kini penyelidikan itu masih diteruskan -menunjukkan, bahwa peradaban mereka pada suatu ketika memang telah mencapai tingkat yang tinggi sekali, juga sejarahpun memperlihatkan bahwa Yaman pernah pula mengalami bencana.
Judaisma dan Nasrani di Yaman
Sungguhpun begitu peradaban yang dihasilkan dari kesuburan negerinya serta penduduknya yang menetap menimbulkan gangguan juga dalam lingkungan jazirah itu. Raja-raja Yaman kadang dari keluarga Himyar yang sudah turun-temurun, kadang juga dari kalangan rakyat Himyar hingga pada waktu Dhu Nuwas al-Himyari berkuasa. Dhu Nuwas sendiri condong sekali kepada agama Musa (Yudaisma), dan tidak menyukai penyembahan berhala yang telah menimpa bangsanya. Ia berguru agama ini dari orang-orang Yahudi yang pindah dan menetap di Yaman. Dhu Nuwas inilah yang disebut-sebut oleh ahli-ahli sejarah, yang termasuk dalam kisah "orang-orang yang menciptakan parit," dan menimbulkan turunnya ayat: "Binasalah orang-orang yang telah menciptakan parit. Api yang penuh materi bakar. Ketika mereka duduk di tempat itu. Dan apa yang dilakukan orang-orang beriman itu mereka menyaksikan. Mereka menyiksa orang-orang itu hanya lantaran mereka beriman kepada Allah Yang Maha Mulia dan Terpuji." (Qur'an 85:4-8)
Cerita ini ringkasnya ialah bahwa ada seorang pengikut Nabi Isa yang saleh berjulukan Phemion telah pindah dari Kerajaan Rumawi ke Najran. Karena orang ini baik sekali, penduduk kota itu banyak yang mengikuti jejaknya, sehingga jumlah mereka makin usang makin bertambah juga. Setelah info itu hingga kepada Dhu Nuwas, ia pergi ke Najran dan dimintanya kepada penduduk supaya mereka masuk agama Yahudi, bila tidak akan dibunuh. Karena mereka menolak, maka digalilah sebuah parit dan dipasang api di dalamnya. Mereka dimasukkan ke dalam parit itu dan yang tidak mati lantaran api, dibunuhnya kemudian dengan pedang atau dibikin cacat. Menurut beberapa buku sejarah korban pembunuhan itu mencapai duapuluh ribu orang. Salah seorang di antaranya sanggup lolos dari final hidup dan dari tangan Dhu Nuwas, ia lari ke Rumawi dan meminta sumbangan Kaisar Yustinianus atas perbuatan Dhu Nuwas itu. Oleh lantaran letak Kerajaan Rumawi ini jauh dari Yaman, Kaisar itu menulis surat kepada Najasyi (Negus) supaya mengadakan pembalasan terhadap raja Yaman. Pada waktu itu [abad ke-6] Abisinia yang dipimpin oleh Najasyi sedang berada dalam puncak kemegahannya. Perdagangan yang luas melalui bahari disertai oleh armada yang kuat2 sanggup menancapkan pengaruhnya hingga sejauh-jauhnya. Pada waktu itu ia menjadi sekutu Imperium Rumawi Timur dan yang memegang panji Nasrani di Laut Merah, sedang Kerajaan Rumawi Timur sendiri menguasainya di penggalan Laut Tengah.
Setelah surat Kaisar hingga ke tangan Najasyi, ia mengirimkan bersama orang Yaman itu - yang membawa surat - sepasukan tentara di bawah pimpinan Aryat (Harith) dan Abraha al-Asyram salah seorang prajuritnya. Aryat menyerbu Kerajaan Yaman atas nama penguasa Abisinia. Ia memerintah Yaman ini hingga ia dibunuh oleh Abraha yang kemudian menggantikan kedudukannya. Abraha inilah yang memimpin pasukan gajah, dan ia yang kemudian menyerbu Mekah guna menghancurkan Ka'bah tetapi gagal, menyerupai yang akan terlihat nanti dalam pasal berikut. Anak-anak Abraha kemudian menguasai Yaman dengan tindakan sewenang-wenang. Melihat peristiwa yang begitu usang menimpa penduduk, Saif bin Dhi Yazan pergi hendak menemui Maharaja Rumawi. Ia mengadukan hal itu kepadanya dan memintanya supaya mengirimkan penguasa lain dan Rumawi ke Yaman. Tetapi lantaran adanya perjanjian komplotan antara Kaisar Yustinianus dengan Najasyi tidak mungkin ia sanggup memenuhi seruan Saif bin Dhi Yazan itu. Oleh lantaran itu Saif meninggalkan Kaisar dan pergi menemui Nu'man bin'l-Mundhir selaku Gubernur yang diangkat oleh Kisra untuk tempat Hira dan sekitarnya di Irak.3
Nu'man dan Saif bin Dhi Yazan bersama-sama tiba menghadap Kisra Parvez. Waktu itu ia sedang duduk dalam Ruangan Resepsi (Iwan Kisra) yang megah dihiasi oleh lukisan-lukisan bimasakti pada penggalan tahta itu. Di tempat isu terkini dinginnya penggalan ini dikelilingi dengan tabir-tabir dari bulu hewan yang glamor sekali. Di tengah-tengah itu bergantungan lampu-lampu kendil terbuat daripada perak dan emas dan diisi penuh dengan air tawar. Di atas tahta itulah terletak mahkotanya yang besar berhiaskan kerikil delima, kristal dan mutiara bertali emas dan perak, tergantung dengan rantai dari emas pula. Ia sendiri menggunakan pakaian serba emas. Setiap orang yang memasuki tempat itu akan merasa terpesona oleh kemegahannya. Demikian juga halnya dengan Saif bin Dhi Yazan.
Kisra menanyakan maksud kedatangannya itu dan Saifpun bercerita perihal kekejaman Abisinia di Yaman. Sungguhpun pada mulanya Kisra Parvez ragu-ragu, tetapi kemudian ia mengirimkan juga pasukannya di bawah pimpinan Wahraz (Syahrvaraz?), salah seorang keluarga bangsawan Persia yang paling berani. Persia telah mendapat kemenangan dan orang-orang Abisinia sanggup diusir dari Yaman yang sudah didudukinya selama 72 tahun itu.
Sejak itulah Yaman berada di bawah kekuasaan Persia, dan ketika Islam lahir seluruh tempat Arab itu berada dalam naungan agama gres ini.
Akan tetapi orang-orang asing yang telah menguasai Yaman itu tidak eksklusif di bawah kekuasaan Raja Persia. Terutama hal itu terjadi setelah Syirawih (Shiruya Kavadh II) membunuh ayahnya, Kisra Parvez, dan ia sendiri menduduki takhta. Ia membayangkan - dengan pikirannya yang picik itu bahwa dunia sanggup dikendalikan sekehendaknya dan bahwa kerajaannya membantu memenuhi kehendaknya yang sudah hanyut dalam hidup kesenangan itu. Masalah-masalah kerajaan aneka macam yang tidak mendapat perhatian lantaran ia sudah mengikuti nafsunya sendiri. Ia pergi memburu dalam suatu kemewahan yang belum pernah terjadi Ia berangkat diiringi oleh pemuda-pemuda bangsawan berpakaian merah, kuning dan lembayung, dikelilingi oleh pengiring-pengiring yang membawa burung elang dan harimau yang sudah dijinakkan dan ditutup moncongnya; oleh budak-budak yang membawa wangi-wangian, oleh pengusir-pengusir lalat dan pemain-pemain musik. Supaya merasa dirinya dalam suasana isu terkini semi sekalipun gotong royong dalam isu terkini hambar yang berat, ia beserta rombongannya duduk di atas permadani yang lebar dilukis dengan lorong-lorong, ladang dan kebun yang ditanami bunga-bungaan aneka warna, dan dilatarbelakangi oleh semak-semak, hutan hijau serta sungai-sungai berwarna perak.
Tetapi sungguhpun Syirawih begitu jauh mengikuti kesenangannya, kerajaan Persia tetap sanggup mempertahankan kemegahannya, dan tetap merupakan lawan yang kuat terhadap kekuasaan Bizantium dan penyebaran Kristen. Sekalipun dengan naik tahtanya Syirawih ini telah mengurangi kejayaan kerajaannya, ia telah memberi kesempatan kepada kaum Muslimin memasuki negerinya dan membuatkan Islam.
Yaman yang telah dijadikan gelanggang kontradiksi semenjak era ke-4 itu gotong royong telah meninggalkan bekas yang dalam sekali dalam sejarah Semenanjung Arab dari segi pembagian penduduknya. Disebutkan bahwa Bendungan Ma'rib yang oleh suku-bangsa Himyar telah dimanfaatkan untuk laba negerinya, telah hancur pula dilanda banjir besar. Disebabkan oleh adanya kontradiksi yang terus-menerus itu, lalailah mereka yang harus selalu mengawasi dan memeliharanya. Bendungan itu lapuk dan tidak tahan lagi menahan banjir. Dikatakan juga, bahwa setelah Rumawi melihat Yaman menjadi sentra kontradiksi antara kerajaannya dengan Persia dan bahwa perdagangannya terancam lantaran kontradiksi itu, iapun menyiapkan armadanya menyeberangi Laut Merah - antara Mesir dengan negeri-negeri Timur yang jauh - guna menarik perdagangan yang diperlukan oleh negerinya. Dengan demikian tidak perlu lagi ia menempuh jalan kafilah.
Mengenai peristiwanya, ahli-ahli sejarah sependapat, tetapi mengenai lantaran terjadinya insiden itu mereka berlainan pendapat. Peristiwanya ialah mengenai pindahnya kabilah Azd di Yaman ke Utara. Semua mereka sependapat perihal kepindahan ini, sekalipun sebagian menghubungkannya dengan sepinya beberapa kota di Yaman lantaran mundurnya perdagangan yang biasa melalui tempat itu. Yang lain menghubung-hubungkan kepada rusaknya bendungan Ma'rib, sehingga banyak di antara kabilah-kabilah yang pindah lantaran takut binasa. Tetapi apapun juga kejadiannya, namun adanya imigrasi ini telah menimbulkan Yaman jadi bekerjasama dengan negeri-negeri Arab lainnya, suatu kekerabatan keturunan dan percampuran yang hingga kini masih dicoba oleh para sarjana menyelidikinya.
Apabila sistem politik di Yaman sudah menjadi kacau menyerupai yang sanggup kita saksikan, yang disebabkan oleh keadaan yang menimpa negeri itu serta dijadikannya tempat itu medan pertarungan, maka struktur politik serupa itu tidak dikenal pada beberapa negeri Semenanjung Arab lainnya waktu itu. Segala macam sistem yang sanggup dianggap sebagai suatu sistem politik menyerupai pengertian kita kini atau menyerupai pengertian negara-negara yang sudah maju pada masa itu, di daerah-daerah menyerupai Tihama, Hijaz, Najd dan sepanjang dataran luas yang mencakup negeri-negeri Arab, pengertian demikian itu belum dikenal. Anak negeri pada masa itu bahkan hingga kini ialah penduduk pedalaman yang tidak biasa di kota-kota. Mereka tidak betah tinggal menetap di suatu tempat. Yang mereka kenal hanyalah hidup mengembara selalu, berpindah-pindah mencari padang rumput dan menuruti keinginan hatinya. Mereka tidak mengenal hidup cara lain selain pengembaraan itu.
Seperti juga di tempat-tempat lain, di sinipun dasar hidup pengembaraan itu ialah kabilah. Kabilah-kabilah yang selalu pindah dan mengembara itu tidak mengenal suatu peraturan atau tata-cara menyerupai yang kita kenal. Mereka hanya mengenal kebebasan pribadi, kebebasan keluarga dan kebebasan kabilah yang penuh. Sedang orang kota, atas nama tata-tertib mau menyerah dan membuang sebagian kemerdekaan mereka untuk kepentingan masyarakat dan penguasa, sebagai imbalan atas ketenangan dan kemewahan hidup mereka. Sedang seorang pengembara tidak pedulikan kemewahan, tidak betah dengan ketenangan hidup menetap, juga tidak tertarik kepada apapun - menyerupai kekayaan yang menjadi keinginan orang kota - selain kebebasannya yang mutlak. Ia hanya mau hidup dalam persamaan yang penuh dengan anggota-anggota kabilahnya atau kabilah-kabilah lain sesamanya. Dasar kehidupannya ialah menyerupai makhluk-makhluk lain, mau survive, mau bertahan terus sehingga sesuai dengan kaidah-kaidah kehormatannya yang sudah ditanamkan dalam hidup mengembara yang serba bebas itu.
Oleh lantaran itu, kaum pengembara tidak menyukai tindakan ketidak-adilan yang ditimpakan kepada mereka. Mereka mau melawannya mati-matian, dan bila tidak sanggup melawan, ditinggalkannya tempat tinggal mereka itu, dan mereka mengembara lagi ke seluruh jazirah, bila memang terpaksa harus demikian.
Juga itu pula sebabnya, perang ialah jalan yang paling gampang bagi kabilah-kabilah ini bila harus juga timbul perselisihan yang tidak gampang diselesaikan dengan cara yang terhormat. Karena bawaan itu juga, maka tumbuhlah di kalangan sebagian besar kabilah-kabilah itu sifat-sifat harga diri, keberanian, suka tolong-menolong, melindungi tetangga serta perilaku memaafkan sedapat mungkin dan semacamnya. Sifat-sifat ini akan makin kuat apabila semakin dekat ia kepada kehidupan pedalaman, dan akan makin hilang apabila semakin dekat ia kepada kehidupan kota.
Seperti kita sebutkan, lantaran faktor-faktor ekonomi juga, baik Rumawi maupun Persia, hanya merasa tertarik kepada Yaman saja dari antara jazirah lainnya yang memang tidak mau tunduk itu. Mereka lebih suka meninggalkan tanah air daripada tunduk kepada perintah. Baik pribadi-pribadi atau kabilah-kabilah tidak akan taat kepada peraturan apapun yang berlaku atau kepada forum apapun yang berkuasa.
Sifat-sifat pengembaraan itu cukup mempengaruhi tempat yang kecil-kecil yang tumbuh di sekitar jazirah lantaran adanya perdagangan para kafilah, menyerupai yang sudah kita terangkan. Daerah-daerah ini digunakan oleh para pedagang sebagai tempat beristirahat sehabis perjalanan yang begitu meletihkan. Di situ mereka bertemu dengan tempat-tempat pemujaan sang yang kuasa guna memperoleh keselamatan bagi mereka serta menjauhkan marabahaya gurun sahara serta mengharapkan perdagangan mereka selamat hingga di tempat tujuan.
Kota-kota menyerupai Mekah, Ta'if, Yathrib dan yang homogen itu menyerupai wahah-wahah (oase) yang terserak di celah-celah gunung atau gurun pasir, terpengaruh juga oleh sifat-sifat pengembaraan demikian itu. Dalam susunan kabilah serta cabang-cabangnya, perangai hidup, adat-istiadat serta kebenciannya terhadap segala yang membatasi kebebasannya lebih dekat kepada cara hidup pedalaman daripada kepada cara-cara di kota, sekalipun mereka dipaksa oleh sesuatu cara hidup yang menetap, yang tentunya tidak sama dengan cara-hidup pedalaman. Dalam pembicaraan perihal Mekah dan Yathrib pada pasal berikut ini akan terlihat agak lebih terperinci.
Sebabnya Jazirah Bertahan Pada Paganisma
Lingkungan masyarakat dalam alam demikian ini serta keadaan moral, politik dan sosial yang ada pada mereka, memiliki imbas yang sama terhadap cara beragamanya. Melihat hubungannya dengan agama Nasrani Rumawi dan Majusi Persia, adakah Yaman sanggup terpengaruh oleh kedua agama itu dan sekaligus mempengaruhi kedua agama tersebut di jazirah Arab lainnya? Ini juga yang terlintas dalam pikiran kita, terutama mengenai agama Kristen. Misi Nasrani yang ada pada masa itu sama giatnya menyerupai yang kini dalam mempropagandakan agama. Pengaruh pengertian agama dalam jiwa serta cara hidup kaum pengembara tidak sama dengan orang kota. Dalam kehidupan kaum pengembara insan bekerjasama dengan alam, ia mencicipi adanya wujud yang tak terbatas dalam segala bentuknya. Ia merasa perlu mengatur suatu cara hidup antara dirinya dengan alam dengan ketak-terbatasannya itu. Sedang bagi orang kota ketak-terbatasan itu sudah tertutup oleh kesibukannya hari-hari, oleh adanya proteksi masyarakat terhadap dirinya sebagai imbalan atas kebebasannya yang diberikan sebagian kepada masyarakat, serta kesediaannya tunduk kepada undang-undang penguasa supaya memperoleh jaminan dan hak perlindungan. Hal ini menyebabkannya tidak merasa perlu bekerjasama dengan yang di luar penguasa itu, dengan kekuatan alam yang begitu dahsyat terhadap kehidupan manusia. Hubungan jiwa dengan unsur-unsur alam yang di sekitarnya jadi berkurang.
Dalam keadaan serupa ini, apakah yang telah diperoleh Nasrani dengan kegiatannya yang begitu besar semenjak abad-abad permulaan dalam membuatkan pedoman agamanya itu? Barangkali soalnya hanya akan hingga di situ saja bila tidak lantaran adanya soal-soal lain yang menimbulkan negeri-negeri Arab itu, termasuk Yaman, tetap bertahan pada paganisma agama nenek-moyangnya, dan hanya beberapa kabilah saja yang mau mendapatkan agama Kristen.
Manifestasi peradaban dunia yang paling terang pada masa itu - menyerupai yang sudah kita saksikan - berpusat di sekitar Laut Tengah dan Laut Merah. Agama-agama Nasrani dan Yahudi bertetangga begitu dekat sekitar tempat itu. Kalau keduanya tidak memperlihatkan permusuhan yang berarti, juga tidak memperlihatkan persahabatan yang berarti pula. Orang-orang Yahudi masa itu dan hingga kini juga masih menyebut-nyebut adanya pembangkangan dan perlawanan Nabi Isa kepada agama mereka. Dengan belakang layar mereka bekerja mau membendung arus agama Nasrani yang telah mengusir mereka dari Palestina, dan yang masih berlindung dibawah panji Imperium Rumawi yang membentang luas itu.
Orang-orang Yahudi di negeri-negeri Arab merupakan kaum imigran yang besar, kebanyakan mereka tinggal di Yaman dan Yathrib. Di samping itu kemudian agama Majusi (Mazdaisma) Persia tegak menghadapi arus kekuatan Nasrani supaya tidak hingga menyeberangi Furat (Euphrates) ke Persia, dan kekuatan moril demikian itu didukung oleh keadaan paganisma di mana saja ia berada. Jatuhnya Rumawi dan hilangnya kekuasaan yang di tangannya, ialah sehabis pindahnya sentra peradaban dunia itu ke Bizantium.
Gejala-gejala kemunduran berikutnya ialah bertambah banyaknya sekta-sekta Nasrani yang hingga menimbulkan kontradiksi dan peperangan antara sesama mereka. Ini membawa akhir merosotnya martabat kepercayaan yang tinggi ke dalam kancah perdebatan perihal bentuk dan ucapan, perihal hingga di mana kesucian Mariam: adakah ia yang lebih utama dari anaknya Isa Almasih atau anak yang lebih utama dari ibu - suatu perdebatan yang terjadi di mana-mana, suatu menandakan yang akan membawa akhir hancurnya apa yang sudah biasa berlaku.
Ini tentu disebabkan oleh lantaran isi dibuang dan kulit yang diambil, dan terus menimbun kulit itu di atas isi sehingga akhirnya tidak mungkin sekali orang akan sanggup melihat isi atau akan menembusi timbunan kulit itu.
Apa yang telah menjadi pokok perdebatan kaum Nasrani Syam, lain lagi dengan yang menjadi perdebatan kaum Nasrani di Hira dan Abisinia. Dan orang-orang Yahudipun, melihat hubungannya dengan orang-orang Nasrani, tidak akan berusaha mengurangi atau menenteramkan perdebatan semacam itu. Oleh lantaran itu sudah masuk akal pula orang-orang Arab yang bekerjasama dengan kaum Nasrani Syam dan Yaman dalam perjalanan mereka pada isu terkini hambar atau isu terkini panas atau dengan orang-orang Nasrani yang tiba dari Abisinia, tetap tidak akan sudi memihak salah satu di antara golongan-golongan itu. Mereka sudah puas dengan kehidupan agama berhala yang ada pada mereka semenjak mereka dilahirkan, mengikuti cara hidup nenek-moyang mereka.
Oleh lantaran itu, kehidupan menyembah berhala itu tetap subur di kalangan mereka, sehingga imbas demikian inipun hingga kepada tetangga-tetangga mereka yang beragama Nasrani di Najran dan agama Yahudi di Yathrib, yang pada mulanya menawarkan kelonggaran kepada mereka, kemudian turut menerimanya. Hubungan mereka dengan orang-orang Arab yang menyembah berhala untuk mendekatkan diri kepada Tuhan itu baik-baik saja.
Yang menimbulkan orang-orang Arab itu tetap bertahan pada paganismanya bukan saja lantaran ada kontradiksi di antara golongan-golongan Kristen. Kepercayaan paganisma itu masih tetap hidup di kalangan bangsa-bangsa yang sudah mendapatkan pedoman Kristen. Paganisma Mesir dan Yunani masih tetap besar lengan berkuasa ditengah-tengah pelbagai mazhab yang beraneka macam dan di antara pelbagai sekta-sekta Nasrani sendiri. Aliran Alexandria dan filsafat Alexandria masih tetap berpengaruh, meskipun sudah banyak berkurang dibandingkan dengan masa Ptolemies dan masa permulaan agama Masehi. Bagaimanapun juga imbas itu tetap merasuk ke dalam hati mereka. Logikanya yang tampak cemerlang sekalipun intinya masih bersifat sofistik - sanggup juga menarik kepercayaan paganisma yang polytheistik, yang dengan kecintaannya itu sanggup didekatkan kepada kekuasaan manusia.
Saya kira inilah yang lebih kuat mengikat jiwa yang masih lemah itu pada paganisma, dalam setiap zaman, hingga ketika kita kini ini. Jiwa yang lemah itu tidak sanggup mencapai tingkat yang lebih tinggi, jiwa yang akan menghubungkannya pada semesta alam sehingga ia sanggup memahami adanya kesatuan yang bermetamorfosis dalam segala yang lebih tinggi, yang sublim dari semua yang ada dalam wujud ini, bermetamorfosis dalam Wujud Tuhan Yang Maha Esa. Kepercayaan demikian itu hanya hingga pada suatu manifestasi alam saja menyerupai matahari, bulan atau api misalnya. Lalu tak berdaya lagi mencapai segala yang lebih tinggi, yang akan memperlihatkan adanya manifestasi alam dalam kesatuannya itu.
Bagi jiwa yang lemah ini cukup hanya dengan berhala saja. Ia akan membawa citra yang masih kabur dan rendah perihal pengertian wujud dan kesatuannya. Dalam hubungannya dengan berhala itu kemudian dilengkapi lagi dengan segala citra kudus, yang hingga kini masih sanggup kita saksikan di seluruh dunia, sekalipun dunia yang mendakwakan dirinya modern dalam ilmu pengetahuan dan sudah maju pula dalam peradaban. Misalnya mereka yang pernah berziarah ke gereja Santa Petrus di Roma, mereka melihat kaki patung Santa Petrus yang didirikan di tempat itu sudah bergurat-gurat lantaran diciumi oleh penganut-penganutnya, sehingga setiap waktu terpaksa gereja memperbaiki kembali mana-mana yang rusak.
Melihat semua itu kita sanggup memaklumi. Mereka belum nmendapat petunjuk Tuhan kepada kepercayaan yang gotong royong Mereka melihat pertentangan-pertentangan kaum Nasrani yang menjadi tetangga mereka serta cara-cara hidup paganisma yang masih ada pada mereka, di tengah-tengah mereka sendiri yang masih menyembah berhala itu sebagai warisan dari nenek-moyang mereka. Betapa kita tak akan memaafkan mereka. Situasi demikian ini sudah begitu berakar di seluruh dunia, tak putus-putusnya hingga ketika ini, dan saya kira memang tidak akan pernah berakhir. Kaum Muslimin sampaumur inipun membiarkan paganisma itu dalam agama mereka, agama yang tiba hendak menghapus paganisma, yang tiba hendak menghilangkan segala penyembahan kepada siapa saja selain kepada Allah Yang Maha Esa.
Cara-cara penyembahan berhala orang-orang Arab dahulu itu aneka macam macamnya. Bagi kita yang mengadakan penyelidikan sampaumur ini sukar sekali akan sanggup mengetahui seluk-beluknya. Nabi sendiri telah menghancurkan berhala-berhala itu dan menganjurkan para sobat menghancurkannya di mana saja adanya. Kaum Muslimin sudah tidak lagi bicara perihal itu sehabis semua yang bekerjasama dengan imbas itu dalam sejarah dan lektur dihilangkan. Tetapi apa yang disebutkan dalam Alquran dan yang dibawa oleh ahli-ahli sejarah dalam era kedua Hijrah - sehabis kaum Muslimin tidak lagi akan terpengaruhi karenanya - menunjukkan, bahwa sebelum Islam paganisma dalam bentuknya yang pelbagai macam, memiliki tempat yang tinggi.
Di samping itu memperlihatkan pula bahwa kekudusan berhala-berhala itu bertingkat-tingkat adanya. Setiap kabilah atau suku memiliki patung sendiri sebagai sentra penyembahan. Sesembahan-sesembahan zaman jahiliah inipun berbeda-beda pula antara sebutan shanam (patung), wathan (berhala) dan nushub. Shanam ialah dalam bentuk insan dibentuk dari logam atau kayu, Wathan demikian juga dibentuk dari batu, sedang nushub ialah kerikil karang tanpa suatu bentuk tertentu. Beberapa kabilah melaksanakan cara-cara ibadahnya sendiri-sendiri. Mereka beranggapan kerikil karang itu berasal dari langit meskipun agaknya itu ialah kerikil kawah atau yang serupa itu. Di antara berhala-berhala yang baik buatannya agaknya yang berasal dari Yaman. Hal ini tidak mengherankan. Kemajuan peradaban mereka tidak dikenal di Hijaz, Najd atau di Kinda. Sayang sekali, buku-buku perihal berhala ini tidak melukiskan secara terperinci bentuk-bentuk berhala itu, kecuali perihal Hubal yang dibentuk dari kerikil akik dalam bentuk manusia, dan bahwa lengannya pernah rusak dan oleh orang-orang Quraisy diganti dengan lengan dari emas. Hubal ini ialah yang kuasa orang Arab yang paling besar dan diletakkan dalam Ka'bah di Mekah. Orang-orang dari semua penjuru jazirah tiba berziarah ke tempat itu.
Tidak cukup dengan berhala-berhala besar itu saja buat orang-orang Arab guna memberikan sembahyang dan menawarkan kurban-kurban, tetapi kebanyakan mereka itu memiliki pula patung-patung dan berhala-berhala dalam rumah masing-masing. Mereka mengelilingi patungnya itu ketika akan keluar atau sehabis kembali pulang, dan dibawanya pula dalam perjalanan bila patung itu mengijinkan ia bepergian. Semua patung itu, baik yang ada dalam Ka'bah atau yang ada di sekelilingnya, begitu juga yang ada di semua penjuru negeri Arab atau kabilah-kabilah dianggap sebagai mediator antara penganutnya dengan yang kuasa besar. Mereka beranggapan penyembahannya kepada dewa-dewa itu sebagai pendekatan kepada Tuhan dan menyembah kepada Tuhan sudah mereka lupakan dikarenakan telah menyembah berhala-berhala itu.
Meskipun Yaman memiliki peradaban yang paling tinggi di antara seluruh jazirah Arab, yang disebabkan oleh kesuburan negerinya serta pengaturan pengairannya yang baik, namun ia tidak menjadi sentra perhatian negeri-negeri sahara yang terbentang luas itu, juga tidak menjadi sentra keagamaan mereka. Tetapi yang menjadi sentra ialah Mekah dengan Ka'bah sebagai rumah Ismail. Ke tempat itu orang berkunjung dan ke tempat itu pula orang melepaskan pandang. Bulan-bulan suci sangat dipelihara melebihi tempat lain.
Oleh lantaran itu, dan sebagai markas perdagangan jazirah Arab yang istimewa, Mekah dianggap sebagai ibukota seluruh jazirah. Kemudian takdirpun menghendaki pula ia menjadi tanah kelahiran Nabi Muhammad, dan dengan demikian ia menjadi target pandangan dunia sepanjang zaman. Ka'bah tetap disucikan dan suku Quraisy masih menempati kedudukan yang tinggi, sekalipun mereka semua tetap sebagai orang-orang Badwi yang berangasan semenjak berabad-abad lamanya.
Catatan kaki:
[1] Dikutip oleh Sir Muir dalam The Life of Mohammad, p.xc.
[2] Cerita demikian terdapat dalam beberapa buku sejarah. Encylopedia Britannica juga menyebutnya, dan dikutip oleh penulis-penulis buku Historian's History of the World dan juga dijadikan pegangan oleh Emile Derminghem dalam la Vie de Mahomet. Akan tetapi At-Tabari menceritakan melalui Hisyam ibn Muhammad bahwa setelah orang Yaman itu pergi meminta sumbangan Najasyi atas perbuatan Dhu Nuwas serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya terhadap orang-orang Nasrani oleh pembela agama Yahudi itu dan memperlihatkan sebuah Bibel yang sudah sebagian dimakan api, Najasyi berkata: "Tenaga insan di sini banyak, tapi saya tidak punya kapal. Sekarang saya menulis surat kepada Kaisar supaya mengirimkan kapal dan dengan itu akan kukirimkan pasukanku." Lalu ia menulis surat kepada Kaisar dengan melampirkan Bibel yang sudah terbakar. Dan menambahkan: "Hisyam ibn Muhammad menduga, bahwa setelah kapal-kapal itu hingga ke tempat Najasyi, pasukannyapun dinaikkan dan berangkat ke pantai Mandab." Lihat Tarikh't-Tabari cetakan Al-Husainia, vol. 2, p. 106 dan 108.
[3] Beberapa keterangan dalam buku-buku sejarah berbeda-beda perihal lantaran penyerbuan Abisinia (Habasya) ini ke Yaman. Keterangan itu mengatakan, bahwa kekerabatan dagang antara Arab Musta'riba di Hijaz dengan Yaman dan Abisinia terus berlangsung. Pada waktu itu pantai-pantai Habasya membentang sepanjang Laut Merah lengkap dengan armada perdagangannya. Karena kekayaan dan kesuburannya, Kerajaan Rumawi ingin sekali menguasai Yaman. Aelius Galius penguasa (prefek) Kaisar Rumawi di Mesir mengadakan persiapan. akan menyerbu Yaman. Pasukannya dikerahkan menyeberangi Laut Merah ke Yaman dan juga menyerang Najran. Tetapi lantaran adanya penyakit yang menyerang mereka. Orang-orang Yaman gampang sekali mengusir mereka itu dan merekapun kembali ke Mesir. Sesudah itupun Rumawi berturut-turut menyerang jazirah Arab di Yaman dan di luar Yaman, tapi kenyataannya tidak lebih menguntungkan dan yang pernah dilakukan oleh Galius. Saat itu Najasyi di Abisinia merasa perlu mengadakan pembalasan terhadap Yaman yang telah memaksakan agama Yahudi terhadap orang-orang Rumawi yang beragama Kristen. Pasukan Aryat dikerahkan menyerbu Yaman dan berkuasa di tempat itu hingga pada waktu Persia tiba mengusir mereka.
Related Posts
Contributors
Label
- 2016 2
- 2017 2
- 2018 1
- 2019 1
- 4 karakter manusia 1
- 4 sifat manusia 1
- 9 Mei 2017 1
- abdurrahman wahid 1
- About 1
- Aceh Tengah 2
- administrasi 3
- Admob 4
- Admob Auto 1
- Admob Auto Impression 2
- Admob Blackhat 1
- Admob HK 1
- Admob Impression 1
- Admob Pilot 1
- Admob Terbaru 1
- Admob Trick 1
- Admob Trik 1
- AdSense 87
- Adsense Mobile 2
- Advan 9
- Advertorial 2
- adword 2
- AdWords 2
- Africa 1
- AGC 1
- AGC Baru 2018 1
- AGC Dojo 1
- AGC Ecomobi 1
- AGC Terbaru 1
- ahlulbait 1
- Air 2
- Akhir Zaman 2
- Akhlaq 62
- Aksi Peduli Kosmetik Aman & Obat Tradisional Bebas Bahan Kimia Obat 2
- AksiPeduliOTKosAman 2
- al amin 1
- Al-Quran 1
- Alat Bekam 1
- Album 2
- Aldo 1
- alfashdu 1
- Ali bin abi thalib 4
- ali perang khandaq 1
- aliansi 1
- All About 7 8
- Allah 1
- Alquran 7
- Amalan 11
- Amanah 1
- America 1
- AMP Blogger Template 1
- ampas 1
- anak 1
- android 117
- aneh 2
- aneh tapi nyata 1
- ANEKA AYAM 34
- ANEKA BUBUR KOLAK 5
- ANEKA CAMILAN 18
- ANEKA DAGING 24
- ANEKA ES 5
- ANEKA GORENGAN 17
- ANEKA IKAN SEAFOOD 35
- ANEKA JAJANAN 30
- ANEKA KUE 10
- ANEKA KUE BASAH 11
- ANEKA KUE KERING 11
- ANEKA MIE PASTA 6
- ANEKA MINUMAN 7
- ANEKA NASI 6
- ANEKA PUDING 9
- ANEKA ROTI 4
- ANEKA SAMBAL 12
- ANEKA SAYUR MAYUR 50
- ANEKA SUP SOTO 12
- ANEKA TAHU TEMPE 25
- ANEKA TELUR 13
- angin 1
- Animasi 1
- Animation 1
- Anime 9
- antivirus 16
- Aplikasi 1
- App web 3
- Aqidah 43
- Arab 113
- arab badui 1
- arah kiblat 1
- Artikel 106
- Artikel Review 14
- Artis 6
- asal mula 3
- asal usul 1
- Asam Urat 2
- Asia 2
- Asuransi 2
- Asuransi Jiwa 2
- Asus 1
- Australia 2
- Awards 2
- Ayat Hadist Sedekah 3
- Ayat Kursi 1
- bacaan dalam sholat 1
- Bacaan Ringan 10
- bacaan shalat 1
- bacaan shalawat 1
- Bacaan Sholat 4
- bacaan tasbih 1
- BackPacker 7
- Badminton 1
- Bahasa 6
- bahasa arab 1
- Bahasa Gaul 1
- Bahasa Indonesia 13
- bahasa indonesia inggris 2
- Bahasa Inggris 17
- bahasa jawa 1
- Bahasa Jurnalistik 2
- Bahasa Media 2
- Bahaya Bekam 1
- Bali 1
- Bandung 1
- barang bekas 1
- barang sisa 1
- BBM 3
- bbm dp 2
- bbm dp unik 3
- bbm keren lucu 157
- bbm unik dp 2
- BebasBayar 1
- Bekam 6
- Bekam Insisi 2
- Bekam Jarum 1
- bekam seksual pria 1
- Bekam Steril 5
- Bekam Tusuk 1
- Bellphone 1
- BEO 1
- bergerak dp bbm 1
- Berhijab 1
- Berita 85
- berita aneh 1
- Berita Islami 1
- bermanfaat 1
- bersiul 1
- Bersuci 2
- Bersyukurlah 5
- Bhs Jawa 2
- Bid'ah Hasanah 1
- Big TV 1
- binary options 1
- Biodata 12
- Biodata dan Profil Pemain 1
- Biodata Youtuber Indonesia 2
- Biografi 20
- Biografi (Sirah) 1
- Biologi SMA 4
- Biologi SMP 6
- Bisnis 15
- Bisnis Afiliasi 1
- Bisnis Internet 23
- Bisnis Online 75
- BlackBerry 1
- Blackhat 1
- Blackhat Adsense Mobile 1
- Blitar 1
- Blog 408
- Blogger 93
- Blogger Tips 107
- Blogging 119
- Blogging Competition 1
- blogging tips 6
- Blogpedia 86
- Blogspot 37
- BPOM 2
- broker 1
- browser 15
- budaya 2
- budidaya jahe merah 2
- Buku Pelajaran 1
- Bulan Mulia 1
- bung karno 2
- BURGER 1
- Cake 12
- Canon IP 2770 2
- Canon mp237 1
- Cantik 2
- cara 2
- Cara Membangun Blog Yang Baik 18
- cara membayar tagihan 1
- Cara Membuat 2
- Cara Mempercantik Blog 11
- cara menanam jahe merah 2
- Cara Merawat Rambut Kasar 1
- Cara Merawat Rambut Rontok 1
- Cara Merawat Rambut Rusak 1
- Cara Merawat Rambut Rusak Dan Kasar Dengan Produk Creambath 1
- cara tanam jahe 2
- cari uang di internet 3
- cegah kerontokan dengan creambath 1
- CENDET 1
- ceramah 1
- Cerita 4
- Cerita Inspirasi 4
- CILILIN 1
- Cinta 2
- cinta khadijah 1
- ciri psikologis manusia 1
- Cloud Hosting 3
- COC 1
- Codeigniter 17
- Combination 60
- Contact 2
- Content Promotion 1
- Contoh 31
- Contoh Majas 1
- Contoh Motto 2
- Contoh Pantun 2
- Contoh Pribahasa 1
- Contoh Puisi 9
- Contoh Surat Izin 4
- Coolpad 1
- CPS Ecomobi 1
- CSS 78
- CUCAK IJO 5
- Dajjal 1
- dapur 2
- Daun kemangi 1
- daun kemangi manfaatnya 1
- daun tembakau 1
- Depresi 2
- Desain 2
- Desain Blog 3
- Desain Dapur 2
- Desain Halaman Rumah 4
- Desain Klasik 8
- Desain Minimalis 21
- Desain Modern 15
- Desain Ruang Keluarga 2
- Desain Ruang Tamu 3
- Desain Rumah 1
- Desain Website 1
- Design 1
- Diet 32
- diri sendiri 1
- Disclaimer 1
- Disqus 8
- DNS 7
- Doa Harian 1
- Doa Sholat 3
- Dojo Official 1
- Dollaer dari Ecomobi CPS 1
- Dollar Ecomobi 1
- domain 9
- Dosa 1
- Download 6
- download dp bbm lucu bahasa jawa lucu dan unik terbaru 1
- download dp lucu 2
- Download Film 1
- Download Template Evomagz Gratis 1
- Download Tools Admob Auto Impression 1
- Download Windows 10 1
- Download Windows 10 Update Redstone 4 Build 17133.1 1
- Download Windows 10 Update Redstone 4 Build 17133.1 x64 x86 bit Final Terbaru Gratis 1
- DP BBM 3
- dp bbm bergerak 1
- DP BBM Keren 1
- DP BBM lucu 2
- dp bbm lucu terbaru 2
- dp bbm terbaru 2
- DP BBM unik 3
- dp bbm unik dan aneh 1
- dp bergerak 1
- dp lucu 1
- Drama 3
- Drama China 1
- Drama Jepang 1
- Drama Korea 138
- Drama Korea 2003 1
- Drama Korea 2005 3
- Drama Korea 2008 3
- Drama Korea 2009 7
- Drama Korea 2010 6
- Drama Korea 2011 6
- Drama Korea 2012 11
- Drama Korea 2013 11
- Drama Korea 2014 15
- Drama Korea 2015 57
- Drama Korea 2016 93
- Drama Korea 2017 74
- Drama Korea 2018 10
- Drama Korea Sedih 7
- Drama Korea Terbaru 213
- Drama Mandarin 1
- Drama Memasak 1
- Drama On Going 21
- Drama Taiwan 2
- Drama Turki 4
- Drama Yang di Bintangi 6
- Dunia 17
- dzikir sesudah sholat 1
- Dzikir Sholat Dhuha 1
- Ecomobi AGC Terbaru 1
- efek rokok 1
- Ekonomi SMA 1
- elektronik 2
- Email 7
- Enable ADB 1
- Entertainment 14
- Epson 1
- Epson L120 1
- Epson L1300 1
- Epson l1800 1
- Epson L3110 2
- Epson L360 1
- Epson L805 1
- Error Facebook Sahabat AGC 1
- Errorr Breadcrumb 1
- Europe 1
- Evercoss 5
- Evo Magz 1
- Exmobile 1
- facebook 60
- Facebook. Facebook error 1
- Fact & Hoax 1
- Fadilah 1
- Fakta Menarik 14
- fakta tembakau 1
- Fasapay 1
- fashd 1
- Film 1
- Film 2005 3
- Film 2018 1
- Film Barat 1
- Film Mandarin 1
- Films 1
- finansial 1
- Fiqih 44
- Fiqih Puasa 2
- Fiqih Shalat 1
- Fiqih Wanita 1
- Fisika 1
- Fisika SMA 4
- Fisika SMP 6
- Font 1
- Foto Jurnalistik 1
- Foto Lee Min Ho 5
- Foto Park Shin Hye 2
- Fresh 66
- Frp 28
- Furniture 15
- Gadget 17
- gambar bergerak 1
- gambar dp lucu 1
- Gambar Kata Kata 275
- gambar kata mutiara 2
- gambar lucu bbm 1
- Game 14
- gandarwa 1
- Garis Insisi 1
- Gaya hidup 21
- Gaya Rambut 2
- General 17
- Genre Action 18
- Genre Crime 11
- Genre Detektif 3
- Genre Family 39
- Genre Fantasi 35
- Genre Historical 19
- Genre Horor 1
- Genre Kerajaan 10
- Genre Komedi 70
- Genre Kriminal 8
- Genre Legal 3
- Genre Medis 10
- Genre Melodrama 50
- Genre Musik 7
- Genre Mystery 7
- Genre Office 2
- Genre Romantis 124
- Genre Sekolah 23
- Genre Sports 3
- Genre Supernatural 1
- Genre Thriller 20
- Genre Web Drama 2
- Geografi SMA 2
- Gmail 3
- Google 15
- Google Adsense 25
- google drive 1
- Gratis Evo magz 1
- Gus Dur 1
- Hadis dan Ilmunya 15
- Hadist motivasi akhlak terpuji 1
- Hadits 49
- Hadits Arbain 42
- Haid 1
- Hajar Aswad 2
- Haji 2
- Hakikat 1
- hantu 1
- Haram 1
- Hardware 11
- Harga 9
- Harga HP 2
- Harga Mesin 5
- Harga Sony Xperia 1
- Harus Tahu 6
- Herba 1
- Hiburan 1
- Hikam 3
- Hikmah 5
- hikmah islam 2
- Himax 1
- History 9
- Hobby 4
- Hobi 4
- Hosting 5
- Hosting Gratis 1
- Hotel 1
- HP HTC 1
- HP Samsung 2
- HTML 80
- Huangmi 1
- Hubungan 2
- Hukum 2
- hukum islam 1
- Humor 1
- Idul Adha 18
- Idul Fitri 16
- Ijtihad 1
- Iklan Facebook 1
- Ilmu Fiqih 1
- ILMU SEDEKAH 1
- imam ali 1
- imam ali bin abi thalib 1
- imam ali tentang puasa 1
- Index 42
- Indonesia 4
- Indonesiaku 20
- infinix 1
- Info 123
- info aneh 3
- info kesehatan 4
- Info Menarik 1
- Info Penyakit 12
- info unik 3
- info unik terbaru 1
- informasi 1
- Informasi Terbaru 1
- informasi unik 3
- Information 40
- Inspirasi 11
- inspiratif 1
- instagram 14
- Instagram Tutorial 1
- Intemezo 1
- Internasional 3
- Internet 140
- Internet Marketing 18
- investasi 10
- IPA 2
- ir soekarno 2
- Iridology 1
- Islam 6
- Islami 196
- islami kata bijak 1
- Islamic History 13
- Islamophobia 1
- Istighfar 3
- Jadwal 2
- Jajanan 3
- JALAK 3
- Jantung 1
- Javascript 55
- Jawa 5
- jawa kuno 2
- jawa lucu 1
- Jenaka 1
- Jihad 1
- Jodoh 1
- Joo Won 1
- jQuery 26
- JTBC 6
- Jual Beli Rumah 2
- jual bibit jahe merah 2
- Jualan Online 1
- Jumat dan Sabtu 4
- Jumlah 10
- Jurnalis Online 1
- Jurnalisme 1
- Jurnalisme Warga 1
- Jurnalistik 21
- Jurnalistik Mahasiswa 1
- Jurnalistik Online 4
- KACER 7
- Kalimantan 1
- kalimat Motivasi 1
- Kalkulator Matematika 1
- Kamar Mandi 1
- Kamera 1
- Kampus 2
- Kang Min-Hyuk 2
- Karangan 7
- karir 3
- Karya Ilmiah 4
- Kata Baku 1
- Kata Bijak 21
- kata bijak cinta 1
- kata bijak cinta romantis 1
- kata bijak islam 1
- kata bijak islami 3
- kata bijak islami kehidupan 1
- kata bijak islami terbaru 1
- kata bijak kehidupan 1
- kata bijak wanita 1
- kata cinta romantis 1
- kata indah 1
- kata islam motivasi 1
- kata islami bijak 1
- Kata Kata 3
- Kata Kata Bahagia 2
- Kata Kata Bijak 30
- kata kata bijak cinta 1
- kata kata bijak islam 1
- kata kata bijak islami 1
- kata kata bijak kehidupan 1
- kata kata bijak tentang kehidupan 1
- Kata Kata Bijak Yusuf Mansyur 1
- Kata kata Cinta 21
- kata kata cinta bijak 1
- kata kata cinta romantis 1
- Kata Kata Galau 7
- Kata Kata Hikmah 2
- kata kata indah 2
- Kata Kata Inspiratif 3
- kata kata islam motivasi 1
- kata kata islam motivasi diri 1
- Kata Kata Islami 10
- Kata Kata Kecewa 2
- Kata Kata Keren 1
- Kata Kata Lucu 5
- Kata kata Mohon Maaf 1
- Kata Kata Motivasi 11
- kata kata motivasi bahasa inggris 1
- Kata kata Motivasi Bahasa Inggris dan artinya 1
- kata kata motivasi islam 2
- kata kata motivasi islami 1
- kata kata motivasi kehidupan 2
- kata kata Motivasi kehidupan bahasa inggris 1
- kata kata motivasi kerja 2
- Kata Kata Mutiara 10
- kata kata mutiara islam 1
- Kata Kata Pendidikan 2
- Kata Kata Perpisahan 3
- Kata Kata Romantis 4
- kata kata romantis cinta 1
- Kata kata Sedih 3
- Kata Kata Sindiran 2
- kata kata tentang kehidupan bijak 1
- Kata Kata Tokoh 6
- Kata Kata Ucapan Wisuda 1
- kata motivasi 5
- kata motivasi belajar 1
- kata motivasi belajar siswa 1
- kata motivasi islam 2
- kata motivasi islam singkat 1
- kata motivasi islami 1
- kata motivasi kata 2
- kata motivasi pelajar 1
- kata mutiara bahasa inggris dan artinya 2
- kata mutiara cinta 1
- kata mutiara imam ali tentang puasa 1
- kata mutiara islami 3
- kata mutiara islami imam Ali 1
- kata mutiara islami tentang puasa 1
- kata mutiara kehidupan 1
- kata penyemangat 1
- kata perjuangan 2
- Kata-kata 15
- kata2 islam 1
- kata2 mutiara cinta 1
- katakata 1
- KBS1 1
- KBS2 9
- keadilan 1
- Keajaiban Sedekah 11
- Kebenaran 2
- kebijaksanaan 2
- Kecantikan 19
- kediri 1
- kegunaan pasta gigi 1
- Kehamilan 12
- kehidupan 1
- Keikhlasan 2
- Kelas Menulis 6
- Keluarga 1
- kemangi 1
- kemangi herbs 1
- kemangi leaves 1
- Kematian 4
- KENARI 2
- keperawatan islam 1
- kepercayaan 1
- Kerajaan 1
- kerajaan daha 1
- kerajaan majapahit 1
- kerajaan sunda galuh 1
- Kesehatan 172
- keturunan dewa 1
- Keuangan 5
- Keutamaan Ramadhan 23
- khadijah 1
- Khasiat 4
- khasiat daun 1
- khasiat pasta gigi 1
- Khotbah Jumat 1
- khutbah 1
- khutbah jumat 1
- Khuthab 3
- Kim Tae Hee 1
- Kimia SMA 3
- Kisah 14
- kisah ali 1
- kisah cinta romantis 1
- kisah haru 1
- kisah hidup 2
- kisah hikmah 1
- kisah hikmah sufi. 1
- kisah hikmah teladan 2
- kisah imam ali 1
- kisah inspiratif 1
- kisah inspiratif islami 2
- kisah inspiratif motivasi 1
- kisah inspiratif penuh hikmah 1
- kisah islam 1
- Kisah Islami 15
- kisah lucu 1
- kisah nabi 1
- KISAH NYATA 29
- KISAH NYATA 2 18
- kisah perang nabi 1
- kisah sahabat 1
- kisah wayang kulit 1
- Kisi-Kisi UKG 1
- Kisi-Kisi UN 2014 2
- Kisi-Kisi UN 2017 1
- Kisi-Kisi UN 2018 1
- Kitab 33
- kitab kuno jawa 1
- Knowledge 13
- Koleksi Gambar 30
- koleris 1
- Komedi 1
- Komputer 84
- Komunikasi 1
- Komunitas Blogger Jakarta 2
- kontes 1
- Kontes SEO 1
- kopi 1
- Korea 2
- Korea Updated 11
- KPR 1
- KSBS 3
- KSM 2
- Kubur 1
- Kuliah Online 6
- Kultum 74
- Kumpulan 4
- kumpulan DP BBM 1
- kumpulan kata bijak islami 1
- kumpulan kata motivasi belajar 1
- kumpulan motivasi untuk pelajar 1
- Kurikulum 2013 SMA 1
- Kurikulum 2013 SMP 1
- KUTILANG 1
- kutipan islami tentang puasa 1
- kutipan kata bijak islami tentang puasa 1
- kutipan kata motivasi 3
- kutipan pidato 1
- lahirnya para dewa 1
- Lain 30
- Lain-lain 19
- lainnya 232
- laravel 10
- Lauk 7
- Lava 1
- layang-layang 1
- Leagoo 1
- Lee Min Ho 9
- Lee Seung Gi 2
- leluhur jawa 1
- Lenovo 4
- Lifestyle 5
- Lirik Lagu 2
- Listrik 38
- Liverpool 11
- Liverpool FC 35
- Logo 1
- LOVEBIRD 14
- lucu 1
- luka 1
- mahasiswa 1
- majapahit runtuh 1
- Makalah 4
- Man Jadda Wajada 2
- Mandi Besar 1
- manfaat daun kemangi 1
- manfaat kopi 1
- manfaat lain 1
- manfaat lain pasta gigi 1
- manfaat odol 1
- manfaat rokok 1
- manfaat rokok bagi kesehatan 1
- manfaat tembakau 1
- manfaat unik kopi 1
- manfaat yoghurt 1
- manusia jawa pertama 1
- manusia sifat 1
- MANYAR 1
- marketing 2
- Marketplace 10
- Mas Sugeng 1
- Masker Alami 5
- Matematika 2
- Matematika SMA 20
- Matematika SMK 4
- Matematika SMP 3
- Maxtron 10
- Mazhab 1
- MBC 7
- Media 3
- Media Online 3
- Media Siber 1
- Media Social 8
- Media Sosial 1
- melamar khadijah 1
- melamar muhammad 1
- melankolis 1
- memanfaatkan 1
- membagi roti 1
- menikmati hidup 1
- Menjual Asuransi 3
- Menuju ALLAH SWT. 1
- Menulis 1
- Merawat kulit 48
- Merawat Mata 9
- Merawat Rambut 7
- merek dunia 2
- merek terkenal dunia 2
- merk 2
- Metafisis 2
- Misteri 1
- mitologi 1
- mitologi jawa 2
- mitos 1
- Modem 1
- moh ridwan meuraksa 2
- Monetisasi 40
- motivasi 12
- motivasi bahasa inggris 1
- motivasi belajar 1
- motivasi diri 1
- motivasi hidup 1
- motivasi islam kata kata 1
- motivasi kata islam 1
- motivasi kata kata 2
- motivasi kata kata islam 1
- motivasi kehidupan 1
- motivasi kerja 1
- motivasi perjuangan 1
- motivator 1
- Motor 1
- Movie 12
- MP3 TADABUR AL-QURAN 1
- Ms Excel 2
- Ms Word 6
- Muallaf 1
- Mufradat 189
- Muhadatsah 38
- muhammad 1
- Muharram 1
- Muhasabah 3
- Multimedia 17
- multipenyakit 1
- MURAI BATU 28
- murid 1
- Music 17
- Musik 34
- Muslim 2
- muslimah 1
- My Creativity 1
- My Diary 13
- nabi adam 1
- Nabi Muhammad 2
- Nabi Muhammad SAW. 6
- nahdatul ulama 1
- nama aneh 2
- nama merek 2
- Nasehat 2
- Nasional 2
- Naskah Drama 3
- NAVER tvcast 2
- nenek moyang jawa 1
- Neraka 1
- Networking 10
- News 49
- Nexcom 2
- Niagahoster 1
- Niat Puasa 3
- Niat Shalat 1
- niat sholat 3
- nisfu syaban 1
- NOAH 26
- noda 1
- Nokia 2
- Notepad 3
- NU 1
- Nuansa Alam 2
- OCN 1
- Off Topic 2
- Office 5
- Olahraga 7
- omepros 1
- Optimasi blog 6
- orang jawa 2
- origin of java 1
- OSN Matematika 12
- PageSpeed 4
- Paket Internet 6
- Palestine 1
- Panduan 6
- Pantun Cinta 1
- Papua 1
- Parenting 4
- Park Min Young 4
- Park Shin Hye 6
- pasta gigi untuk kecantikan 1
- patih gajah mada 1
- payoneer 6
- Paypal 2
- Pelatihan Jurnalistik 1
- PELATUK 1
- pelopor bekam steril 1
- peluang bisnis 2
- peluang bisnis jahe merah 2
- peluang usaha 56
- pemasaran jahe merah 2
- Pembahasan Soal 38
- Pembawa Acara 1
- Pembekam 1
- Pemula 3
- penelitian 1
- Pengetahuan 5
- penghuni jawa 1
- Pengobatan 1
- Penjasorkes 3
- Penyakit 36
- Penyakit Wanita 2
- Penyedia SSL 1
- penyejuk hati 1
- Peradilan 1
- Perang 1
- perang ali bin abi thalib 1
- Perang bubat 1
- perang jawa 1
- perang nabi muhammad 1
- perang nabi muhammad saw di madinah 1
- perang nabi terbesar 1
- perang sunda 1
- Perbuatan 4
- Peristiwa 3
- perjuangan hidup 1
- PERKUTUT 4
- pernikahan khadijah 1
- pernikahan muhammad 1
- Pers Kampus 1
- Pers Mahasiswa 1
- Persib Bandung 1
- Personal Branding 1
- Personal Growth 9
- Pertanyaan 1
- Pertolongan Allah 2
- perusahaan 2
- pewayangan 2
- PICOpad 1
- Pictures 1
- pidato 2
- Pinjaman Online 1
- PKL 2
- PLECI 3
- plegmatis 1
- Plugin Wordpress 4
- POKSAY 1
- Poligami 1
- Politik 1
- Posting Blog 1
- Powerpoint 1
- PPKN 12
- Prabu Hayam Wuruk 1
- Prediksi UN 167
- presiden 1
- Presiden Soekarno 1
- Printer 22
- Privacy 2
- Pro Tips 15
- Pro Tricks 34
- produk mendunia 2
- Profil 4
- Profile 2
- psikologi galen 1
- Puasa 8
- Puasa Daud 2
- Puasa Ramadhan 4
- Puasa Senin Kamis 5
- Puasa sunat 3
- Public Speaking 2
- Puisi Ayah 1
- Puisi Cinta 1
- Puisi Perpisahan 1
- pulau jawa 1
- Qasas 16
- Qmobile 1
- Qunut 1
- Quotes 5
- quotes love 1
- Qurban 7
- Ragam 6
- RAHASIA SEDEKAH 15
- raja jawa 1
- Ramadhan 13
- Rambut 1
- Rasul SAW 1
- Registry 3
- Renungan 41
- Repair Firmware 1
- Replika 2
- Reportase 1
- Resep 95
- Resep Cemilan 10
- resep daun kemangi 1
- Resep Kue 16
- Resep Masakan Eropa 2
- Resep Masakan Italy 1
- Resep Masakan Korea 1
- Resep Masakan Nusantara 24
- Resep Masakan Thailand 1
- Resep Minuman 13
- review 17
- Review Buku 1
- Review Website 16
- Risalah 3
- riset keyword 2
- ritual 1
- rokok 1
- Romantis 7
- RSMRM 5
- Ruang Makan 2
- Rumah Idaman 4
- Rumah Klasik 3
- rumah sakit 2
- Rumah Type 36 2
- Rumah Type 45 2
- Rumah Type 60 2
- Sabtu dan Minggu 2
- sahabat 1
- Sahabat AGC 1
- samsung 7
- sang hyang 1
- sanguinis 1
- sayyidina ali ra 1
- SBMPTN 49
- SBS 7
- Scan 2
- Sclerology 1
- Script 3
- security 12
- Sedih 1
- Sejarah 8
- sejarah jawa 1
- sejarah kolonial 1
- sejarah perang nabi 1
- sejarah sunda 1
- Sekolah 12
- self motivation 1
- self motivator 1
- semangat 2
- semangat belajar 1
- semangat hidup 1
- Senin dan Selasa 4
- SEO 283
- SEO brief 15
- SEO Offpage 11
- SEO Onpage 20
- SEO Tip 4
- SEO tips 13
- Sepakbola 29
- Serba - Serbi 30
- Serba Serbi 6
- Serba-serbi 2
- Setelah Sholat Dhuha 1
- Shalat 2
- Shalat Istikharah 1
- Shalat Jamak 3
- shalat jenazah 1
- Shalat Jumat 1
- Shalat Sunat 2
- Shalat Witir 5
- shalawat nabi 2
- sholat 4
- Sholat Dhuha 9
- Sholat Fardhu 1
- sholat hajat 1
- sholat istikhoroh 2
- Sholat Jenazah 6
- sholat jumat 3
- Sholat Subuh 1
- Sholat Sunat 1
- Sholat Tahajud 2
- sholat tasbih 1
- Sholat Wajib 1
- sholehah 1
- Shopee 3
- Shopee Paylater 1
- Siaran 1
- sifat dasar manusia 1
- sifat psikologis manusia 1
- Silahturrahmi 13
- Silaturahim 1
- siluman 1
- SIMAK UI 2
- Simulasi Matematika 1
- Sinetron 1
- Sinopsis Drama Filipina 2
- Sinopsis Drama India 15
- Sinopsis Drama Jepang 1
- Sinopsis Drama Korea 232
- Sinopsis Drama Turki 3
- Sinopsis Film 15
- Sinopsis Film 1998 2
- Sinopsis Film 2014 3
- Sinopsis Film Barat 13
- Sinopsis Film Indonesia 2018 1
- Sinopsis Gopi 5
- Sinopsis Mohabbatein 10
- Sinopsis Telenovela 1
- sirah nabi perang khandaq 1
- Sirah Rasul 1
- SIRTU 2
- Situs Berita 1
- siulan 1
- Skema 1
- SKL UN 2014 2
- SKL UN 2017 1
- SKL UN 2018 1
- Slang 1
- Smart Solution 8
- Smartphone 13
- SNMPTN 20
- Soal Listening 2
- Soal SBMPTN 27
- Soal SNMPTN 19
- Soal Ujian Nasional 46
- Soccer 37
- social media 1
- soeharto 1
- Software 54
- Solat Dhuha 1
- Song Joong-Ki 1
- Song Lyrics 11
- Sosial Media 51
- Sosiologi SMA 3
- Spaylater 1
- SPC 2
- Speaking 2
- Spinjam 2
- Sport 57
- SRIGUNTING 1
- SRINDIT 2
- SSL Certificate 1
- STAI 3
- STAN 2
- Sterilisasi 1
- Story 4
- Subtitle Indonesia 1
- Sulawesi 1
- Sumatra 1
- Sunnah 2
- Surat Bisnis 8
- Surat Keterangan 16
- Surat Lamaran Kerja 29
- Surat Pemberitahuan 14
- Surat Pendek 1
- Surat Perjanjian 10
- Surat Permohonan 5
- Surat Pernyataan 5
- Surat Resmi 3
- Surat Undangan 9
- Surga 6
- syaikh anwar 1
- syair cinta khadijah 1
- Syi'ah 7
- Syi'ar 3
- Symphony 1
- System 2
- Tafsir dan Ilmunya 35
- Tahukah Anda 24
- Taiwan Update 2
- Takdir 3
- tanaman jahe 2
- Tangga Lagu 3
- tangisan nabi 1
- Tarawih 2
- Tarjamah 1
- Tashawwuf 3
- tata cara sholat 1
- Tausyah 1
- Techno 3
- Technology 7
- Teknik MC 1
- Teknologi 42
- Telegram 18
- Televisi 1
- Tema Wordpress 1
- tembakau manfaat 1
- tembakau manfaat rokok 1
- Template 67
- Template Blog 6
- Template Gratis 13
- Template Mas Sugeng Gratis 1
- Template Premium 11
- TENGKEK 1
- tentang kehidupan 1
- tentang tembakau 1
- tentang wanita 2
- teori 1
- teori galen 1
- teori psikologi 1
- Terapi 4
- Terbaik 3
- thawaf 1
- Thibb Nabawi 1
- Timnas Indonesia 2
- Tips 27
- Tips & Trik 5
- Tips and Tricks 6
- Tips and Trik 3
- tips bisnis 15
- Tips Blogger 341
- Tips Blogging 5
- TIPS DAN INFO 7
- Tips dan Trik 132
- Tips Islami 1
- Tips Kecantikan 35
- Tips Kesehatan 115
- Tips Matematika 1
- Tips Menulis 4
- Tips n Trick 137
- tips promosi 6
- Tips SEO 5
- tips unik 1
- Tipu Muslihat Setan 6
- Titik Bekam 5
- titik bekam seksual pria 1
- titik fashd 1
- TLEDEKAN GUNUNG 1
- TNI 1
- TNI - AU 1
- Toko Online 2
- tokoh 1
- Tokoh Indonesia 1
- tool 1
- Tools 12
- Top 10 27
- TOP 7 15
- trading forex 10
- Transport Aircraft 1
- Trik Admob Blackhat 1
- Trik Admob Terbaru 1
- Trik Superkilat 8
- troubleshooting 4
- TRUCUKAN 1
- Tryout UN 163
- Tube 1
- Tumbuhan Obat 1
- Tumor 1
- Tumor Payudara 1
- Turki Update 4
- Tutorial 19
- Tutorial artikel 18
- Tutorial Blog 57
- Tutorial template 1
- Tutorial Youtube 33
- tvN 8
- Twitter 7
- Ucapan Happy Anniversary 1
- Ucapan Selamat 15
- Ucapan Selamat Malam Minggu 3
- Ucapan Selamat Ulang Tahun 6
- Ujian Nasional 209
- ulama 1
- Ummu Mughits 1
- UMUM 9
- Uncategorized 3
- Unduh 19
- Unik 12
- Unik - Aneh 7
- unik dp bbm 2
- Unique 17
- Update Tools Admob 1
- Updates 38
- usaha jahe merah 2
- utilities 35
- Video 39
- Wanita 17
- wanita islami 1
- Wartawan 2
- WarungSSL 1
- Wawancara 1
- Wawasan 1
- Wawasan blogging 20
- wayang 1
- Webhosting 5
- Webmaster 5
- Website 5
- whatsapp 2
- Widget 82
- windows 2
- Windows 10 Terbaru Full 1
- Wisata 5
- Wordpress 28
- Workout 1
- Writing 9
- Wudhu 1
- Wuquf 1
- Xcom 1
- Xiaomi 5
- Yahudi 1
- Yang Bukan Fiqih 2
- Yoona SNSD 1
- Youtube 40
- Youtube Fanfest 2017 4
- youtuber 3
- Youtuber Indonesia 13
- Youtuber Terkenal 3
- Yusuf Mansyur Network 8
- zakat fitrah 1
Contact Form
Popular
-
5 Cara Download Video Facebook Terbaru Dengan Mudah Tanpa AplikasiJika sebelumnya kita bisa mendownload video di Facebook hanya dengan mengubah www menjadi m.faceboo…
-
13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Mampet Dengan MudahCara Mengatasi HidungTersumbat/Mampet – Menderita sekali rasanya ketika hidung tersumbat atau mam…
-
10 Brand Power Bank Terbaik Harga Murah Dan Terjangkau [Update 2018]Merk power bank terbaik - Power bank yaitu sebutan untuk perangkat baterai portabel atau portable b…
-
Sinopsis Gopi Episode 1 – 200 Antv Drama India Lengkap DisiniSinopsis Gopi Episode 1 – 200 yaitu salah satu drama india yang juga ditayangkan di channel ANTV…
-
Domain Web.Id Untuk Blogger: Manfaat Dan PenggunaannyaPernahkah kamu menemukan website dengan ekstensi web.id? Jika ya, maka situs tersebut dapat dikateg…
Post a Comment
Post a Comment