Report Abuse

Stats

Comment

13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Mampet Dengan Mudah

Post a Comment
Cara Mengatasi HidungTersumbat/Mampet – Menderita sekali rasanya ketika hidung tersumbat atau mampet. Aktivitas sehari-hari bisa terganggu hanya lantaran kesulitan bernapas. Belum lagi ketika waktu tidur tiba, tidur akan menjadi kurang nyenyak tanggapan harus mengubah posisi tidur dari kanan ke kiri biar bisa bernapas dengan lega. Sudah pernah atau sedangkah kau mengalami hal serupa? Tenang, ada cara menghilangkan hidung tersumbat dengan gampang tanpa konsumsi obat.

Hidung tersumbat sanggup muncul ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar area hidung membengkak tanggapan adanya cairan berlebih. Kondisi semacam ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus dari dalam hidung. Beberapa kondisi yang disinyalir menjadi penyebab hidung mampet antara lain flu/pilek, alergi, dan sinusitis. Ketika mengalami hidung tersumbat, hal terpenting yang harus kau lakukan yaitu menjaga kelembapan terusan hidung dan sinus.

Cara Mengatasi Hidung Mampet/Tersumbat dengan Mudah

 Menderita sekali rasanya ketika hidung tersumbat atau mampet 13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Mampet dengan Mudah

Meski bukan duduk masalah kesehatan serius, tapi hidung tersumbat tetap saja menciptakan kita terganggu. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat yang bisa kau coba lakukan.

1. Minum banyak cairan

Mengonsumsi banyak air putih sanggup membantu mengencerkan lendir dan mungkin saja bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan bisa menjaga tenggorokan biar tetap lembab.

Menurut penelitian, konsumsi air putih sebaiknya sehari minimal 8 gelas atau 2 liter. Kamu bisa menambah jumlahnya ketika hidung mampet. Misalnya menjadi 10 gelas sehari. Bagilah menjadi beberapa sesi biar tak merasa bosan.

2. Seringlah buang ingus

Kadang penyebab hidung tersumbat yaitu flu atau pilek. Membuang ingus sangat penting untuk mengatasi hidung tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan terlalu keras bisa menciptakan kuman kembali ke indera pendengaran kamu.

Cara terbaik untuk membuang ingus yaitu dengan menutup salah satu lubang hidung. Kemudian keluarkan dengan tekanan lembut. Kalau tidak bisa keluar, jangan dipaksakan, lantaran itu akan sanget berbahaya bagi kondisi terusan hidung kau sendiri.

3. Menghirup uap hangat

Masukan air kedalam panci, kemudiah masak hingga mendidih sempurna. Tuang air yang sudah mendidih kedalam sebuah ember atau wadah lain. Selagi masih hangat hirup uap yang keluar dari air tadi. Akan tetapi hati-hati, alasannya yaitu uap panas bisa juga mengakibatkan hidung melepuh.

Selain dengan cara tersebut, kau bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Tak hanya bisa mengatasi hidung mampet saja, mandi air panas juga bisa menciptakan badan menjadi lebih rileks dan tidur nyenyak.

4. Cuci hidung dengan garam

Tahukah kau manfaat garam? Selain dipakai untuk memasak, ternyata garam sanggup pula kau gunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Bahkan berdasarkan penelitian, garam cukup mempunyai kegunaan membunuh kuman dan kuman dalam hidung.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan garam:

- Sediakan tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda.
- Aduk rata kedua materi tadi, kemudian simpan dalam wadah kedap udara.
- Untuk menciptakan larutannya, ambil satu sendok teh materi tadi kemudian campurkan dengan 230 ml air hangat.
- Isi larutan tadi kedalam syringe. Lalu, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.
- Tuangkan larutan tadi kesalah satu hidung dan tunggu hingga cairan keluar dari lubang hidung lain.
- Selama proses ini kau bisa bernapas menggunakan mulut.

5. Konsumsi minuman panas

Minum air panas sanggup membantu menghilangkan hidung tersumbat, menenangkan selaput, dan mencegah munculnya dehidrasi. Sebetulnya semua minuman panas bisa kau coba.

Namun, saya lebih rekomendasikan minuman yang mengandung jahe atau teh herba dengan perhiasan sedikit madu. Cara ini sangat efektif mengatasi hidung tersumbat ketika malam hari.

6. Kompres hangat diatas hidung

Tak hanya meminum dan menggunakan untuk mandi saja, kau pun bisa menggunakan air hangat untuk kompres hidung. Kehangatan bisa membantu mengencerkan ingus penyebab hidung mampet dari dalam.

Caranya sangat mudah. Rendam handuk kecil dengan air hangat, kemudian tempelkan tepat diatas hidung dan melebar ke pipi. Lakukan kompres ini sambil berbaring biar lebih gampang dan kesudahannya optimal.

7. Hirup inhaler, balsem, dan minyak angin

Minyak angin, balsem, dan inhaler rata-rata mengandung senyawa mentho, eucalyptus, dan zat kamper yang dipercaya sanggup mengatasi hidung mampet. Cara pakainya cukup simpel, kau bisa mengoleskan balsem dan minyak angin ke area hidung, leher, dan dada.

Sedangkan untuk inhaler, kau bisa pribadi menghirupnya. Aroma menyegarkan dari senyawa menthol sanggup membantu mengencerkan ingus dan menenangkan jiwa. Jangan hingga balsem dan minyak angin terkena mata, lantaran efeknya nanti sangat pedih.

8. Tidur dengan bantal ekstra

Jika kau mengalami hidung tersumbat yang semakin parah ketika berbaring, cobalah untuk meninggikan kepala dengan menambahkan bantal satu lagi, sehingga posisi badan terlihat tidur setengah duduk.

Posisi semacam ini sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat tanggapan penumpukan pemikiran darah pada hidung (menurut aturan gravitasi). Agar lebih optimal lagi, kau bisa mengombinasikan dengan penggunaan minyak angin.

9. Konsumsi makanan pedas

Pernahkah kau mengonsumsi makanan super pedas? Makanan pedas intinya sanggup membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi makanan pedas bisa membantu mengatasi hidung mampet tanggapan penumpukan ingus.

Saya jamin ingus kau akan menjadi lebih encer ketika konsumsi makanan pedas. Ada banyak makanan pedas yang bisa kau coba ibarat mie ayam, balado, sup, dan lainnya. Jangan lupa perbanyak sambal atau merica biar pedasnya semakin mantap.

10. Gunakan pengecap dan jari 20 detik

Inilah cara mengatasi hidung tersumbat yang paling ampuh (menurut saya). Yup, hanya dengan menggunakan pengecap dan jari dalam 20 detik saja. Tips ini saya peroleh dari pengguna sosial media Reddit berjulukan gymfork. Ia mengajarkan trik akupresur yang sanggup meredakan hidung mampet/tersumbat.

Cara meredakan hidung mampet dengan pengecap dan jari:

 Menderita sekali rasanya ketika hidung tersumbat atau mampet 13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat/Mampet dengan Mudah

- Tempel dan tekankan pengecap kau ke langit-langit. Jangan menekan pada satu titik saja, tapi usahakan menekan luas seakan ingin mendorog.
- Selanjutnya gunakan jari kau untuk menekan serpihan kening diantara alis mata.
- Tahan selama kurang lebih 20 detik, kemudian lepaskan secara bersamaan.

Ketika melepas tekanan pada langit-langit lisan dan kening, kau akan mencicipi cairan mengalir di tenggorokan. Hidung pun kembali lega.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi atau Anak

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi memang menciptakan kita merasa panik dan pusing. Mengingat, bayi hanya bisa rewel tanpa mengetahui ketidaknyaman yang ia rasakan sendiri. Nah pada dikala ibarat inilah kau harus hening dan cari tau cara mengatasi hidung mampet/tersumbat pada bayi.

Hidung tersumbat pada bayi tidak selamanya disebabkan lantaran ingus dikala pilek atau flu. Penyebab hidung tersumbat pada bayi juga bisa dikarenakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah serpihan hidung. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa kau coba.
Keluarkan ingus bayi via alodokter.com
1. Bantu bayi membuang ingusnya

Pada dasarnya bayi belum bisa membuang ingus sendiri, oleh alasannya yaitu itu kiprah kau akan membantu membuang ingusnya. Ada dua cara membuang ingus bayi yang bisa kau coba.

Pertama, siapkan wadah untuk ingus bayi, kemudian bersihkan ingus di serpihan luar hidung dulu. Kemudian isap ingus dari dalam hidung bayi dengan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil).

Kedua, yaitu dengan menggunakan saline (cairan garam yang dijual di apotik khusus). Teteskan cairan tersebut kedalam hidung bayi biar ingus menjadi lebih encer dan gampang keluar. Gunakan kembali alat isap yang biasanya dijual di toko perlengkapan bayi.

Note: bila tak ada alat isap, cara paling mudah yaitu menghisap ingus bayi pribadi dengan lisan kamu. Biasanya ibu yang sayang anaknya tidak akan jijik.

2. Si kecil memerlukan cukup cairan

Pada dikala hidung mampet ibarat ini, si kecil sangat memerlukan cairan biar tak mengalami dehidrasi. Jika ia sudah cukup usia dan boleh makan sup, berikanlah sup hangat biar ingus penyebab hidung tersumbat keluar. Akan tetapi bila masih 3 bulanan, lebih baik perbanyak konsumsi air dan jus apel.

3. Uap untuk si kecil

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi juga bisa kau lakukan dengan menggunakan uap air hangat. Bantu ia untuk menghirup uap air hangat dari baskom. Atau, kau bisa membawa bayi ke kamar mandi yang sudah ada kran air panas dan pastikan ia menghirup uap yang keluar.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Terkadang perawatan rumahan saja tidak cukup untuk mengatasi hidung tersumbat, apalagi kalau penyebabnya yaitu penyakit serius. Untuk masalah semacam ini, penanganan medis sangat diperlukan.

Maka dari itu, segera hubungi dokter apabila:

- Hidung tersumbat yang berlangsung lebih dari 10 hari
- Hidung mampet disertai demam lebih dari tiga hari
- Munculnya ingus berwarna hijau dan nyeri sinus
- Baru-baru ini mengalami benturan pada kepala dan disertai ingus dengan darah bening.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat/mampet secara alami. Apabila sehabis melaksanakan cara diatas selama 10 hari hidung belum lega juga, sebaiknya pribadi konsultasikan diri ke dokter atau ahlinya.

Jika bermanfaat, mohon dishare ya.

Related Posts

Post a Comment