Report Abuse

Stats

Comment

110+ Pertanyaan Perihal Seo Yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya

Post a Comment

Saat gres mengenal SEO, banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut.
Akan muncul banyak pertanyaan di kepala:
“Apakah yang saya lakukan ini aman? Apakah ini bisa meningkatkan rangking? Apakah ini baik atau buruk untuk website saya? Atau justru bisa beresiko penalti?”
Sayangnya, jawabannya sulit dicari.
Salah satu solusinya yaitu tanya di situs-situs forum…
…tapi tiap orang menyerupai punya pandangan yang berbeda-beda. Jawaban dari si A dan si B berbeda atau malah bertentangan.
Karena itulah artikel ini dibuat.
Semua pertanyaan yang saya terima dan temukan terkait SEO baik melalui komentar, social media, atau email akan ditampung di sini.
Dan jawaban yang akan saya berikan berdasarkan analisa, pembuktian, dan sumber terpercaya.
Jadi, kalau ada yang menciptakan anda bingung, periksa dulu artikel ini.

Apakah SEO itu ilmu yang tidak pasti?

Ini bukan pertanyaan yang sering ditanyakan, tapi merupakan pernyataan yang sering diungkapkan dalam diskusi.
Tapi tidak benar.
SEO itu bukan ilmu yang tidak pasti.
Google dan mesin pencari lain punya algoritma untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian.
Artinya, penentuan peringkat bukan acak. Melainkan ada faktor-faktor penyebab mengapa sebuah website berada di peringkat atas dan mengapa sebuah website terkena penalti.
SEO itu ilmu pasti…
…kalau anda ingin menciptakan website/konten yang mendapat peringkat tinggi, ada hal-hal yang bisa anda lakukan.
Bukan hanya berharap kepada ketidakpastian.

Dimana saya bisa mulai berguru SEO?

Di TORETO BLOG saya menyediakan panduan belajar SEO untuk pemula.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Kalau anda sama sekali belum mengenal SEO, panduan 7 serpihan ini bisa jadi daerah terbaik untuk mulai belajar.
Alternatifnya:
  1. SEO: The Free Beginner’s Guide – Moz
  2. The Advanced Guide to SEO – Quicksprout
  3. Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur – Google
Untuk kursus SEO Indonesia, saya belum bisa memberi rekomendasi alasannya yaitu saya sendiri tidak pernah ikut kursus.I

Mengapa ketika bertanya ihwal SEO, balasan yang saya peroleh selalu berbeda-beda?

Banyak jalan menuju Roma.
Untuk bisa mendapat peringkat 1 di mesin pencari, tidak semua orang memakai cara yang persis sama.
Meskipun berbeda, bukan berarti salah satunya salah.
Tapi…karena ini internet, jadi anda dihentikan percaya dengan kata orang begitu saja. Ketika mempelajari hal baru, pikirkan dengan logika.
Setelah itu coba sendiri.
Tidak semua seni administrasi pas untuk semua jenis website.

Mengapa website saya belum ter-index? Bagaimana caranya supaya ter-index?

Saya perlu meluruskan dulu, alasannya yaitu ternyata ada banyak yang keliru dengan istilah ini. Banyak yang mengira ter-index itu artinya sudah masuk ke halaman 1 untuk keyword yang mereka inginkan.
Bukan, ter-index artinya website anda sudah ada di mesin pencari (meskipun posisinya entah dimana).
Untuk memeriksa, gunakan kata kunci “site:namawebsite.com”.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Kalau ada hasilnya, artinya sudah ter-index.
Sedangkan kalau tidak ada, berarti belum ter-index (website baru) atau terkena penalti.
Lalu, apa yang harus dilakukan supaya website gres anda ter-index?
Tidak ada.
Umumnya, secara otomatis sehabis 1-2 hari sehabis registrasi domain website anda akan pribadi ter-index.

Saya sudah melaksanakan on-page SEO, tapi kenapa peringkatnya belum naik?

Wajar.
Karena sebagian besar teknik on-page SEO itu bukan untuk meningkatkan rangking.
Melainkan untuk mempersiapkan website anda supaya bisa mendapat rangking yang manis dalam kata kunci tertentu.
Jadi, on-page SEO saja tidak cukup.

Saya juga sudah melaksanakan off-page SEO, tapi kenapa masih belum naik?
Ada 2 penyebabnya:
Pertama, alasannya yaitu upaya off-page SEO yang anda lakukan tidak tepat, belum optimal, atau masih kalah dengan website lain yang menjadi saingan anda.
Kedua, alasannya yaitu hasilnya tidak instan.
Google butuh waktu selama beberapa hari-minggu untuk mengupdate index mereka dan menata ulang rangking bagi setiap kata kunci.

Mana yang lebih penting, on-page atau off-page SEO?

Tidak ada.
Dalam SEO, tidak ada 1 strategi yang bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan rangking. Semua seni administrasi yang ada harus dilakukan gotong royong untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Kaprikornus on-page dan off-page itu bukan pilihan.
Keduanya harus dilakukan.

Website saya masih baru, harus tunggu berapa usang sebelum melaksanakan SEO?

Nol hari.
Tidak ada gunanya menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum mengaplikasikan ilmu yang sudah anda pelajari.
Tetapi ada yang perlu diingat:
Website gres yang berusia 1 bulan biasanya masih belum bisa mendapat peringkat tinggi dalam keyword dengan persaingan menengah hingga tinggi.
Kaprikornus jangan khawatir apabila dalam rentang durasi ini anda belum melihat hasilnya.
Meskipun begitu, kalau anda melaksanakan SEO yang benar, tidak ada gunanya menunggu.
Sedangkan kalau anda memakai black hat SEO, menunggu berapa usang pun resiko penalti tidak akan hilang.
I

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk website gres terkait SEO?

  • Pasang Google Analytics
  • Verifikasi Search Console (Webmaster Tools) dan submit sitemap.xml
  • Lakukan keyword research untuk menemukan kata kunci terbaik dalam topik website anda
  • Buat konten berkualitas, sesuaikan topiknya dengan kata kunci yang anda temukan
  • Promosikan konten yang sudah dibuat
Hal terpenting yang harus dilakukan untuk website gres yaitu menyediakan manfaat bagi orang lain.

Saya ingin mendapat banyak pengunjung untuk website baru. Apa yang harus saya lakukan?

Bukan SEO.
Begini:
SEO itu yaitu seni administrasi jangka panjang.
Hasil dari seni administrasi SEO yang kita terapkan biasanya gres akan terlihat sehabis 1-3 bulan, terutama untuk keyword yang persaingannya menengah-tinggi dan volume pencariannya besar.
Kaprikornus kalau anda butuh traffic kini juga, bukan SEO jawabannya.
Saya juga sangat menganjurkan untuk tidak hanya memanfaatkan SEO sebagai seni administrasi mendatangkan pengunjung.
Kaprikornus jawabannya ada 2:
Gunakan iklan berbayar, atau lakukan promosi konten.
I

Apakah website saya SEO-nya sudah manis atau belum? Sampai kapan saya harus melaksanakan SEO?

Mari kita ubah cara pandangnya:
Jangan melihat SEO sebagai suatu goal atau tujuan dari sebuah website. Tujuan utama kita adalah meningkatkan pengunjung, meningkatkan jumlah pembeli, atau yang lainnya…tergantung anda.
Dan SEO yaitu proses untuk mencapai tujuan itu.
Kaprikornus selama anda belum puas dengan tujuan utama tadi, SEO akan terus dilakukan.

Kalau saya cari di Google dengan keyword ____, website saya tidak muncul. Kenapa ya?

Penyebabnya ada bermacam-macam.
Pertama, bisa jadi alasannya yaitu halaman/konten yang dibentuk masih baru.
Kedua, alasannya yaitu sehabis halaman/konten diterbitkan anda sama sekali tidak melaksanakan apapun. Setiap konten yang diterbitkan harus dipromosikan.
Ketiga, alasannya yaitu kualitasnya kalah dibandingkan yang ketika ini menempati peringkat atas.
Keempat, alasannya yaitu terkena penalti.

Apa yang bisa saya lakukan setiap hari dalam SEO?

Inilah beberapa pekerjaan harian yang bisa dilakukan seorang praktisi SEO:
  • Merencanakan dan menciptakan konten baru
  • Melakukan riset kata kunci
  • Merencanakan dan menganalisa seni administrasi konten
  • Mempromosikan konten
  • Menjalin hubungan dengan pemilik website lain
  • Mencari prospek untuk link building
  • Berpartisipasi di situs komunitas untuk membangun reputasi
  • Melakukan analisa performa konten & keyword di Google Analytics
Lebih lanjutnya bisa anda baca di panduan teknik SEO ini.
Ketika berdiri sendiri, sebetulnya SEO merupakan bidang yang sempit. Karena itu, SEO modern diintegrasikan dengan pemasaran dan penjualan.

WordPress atau Blogger, mana yang lebih manis SEO-nya?

Sama saja.
SEO bukan ditentukan dari fitur-fitur yang ada dalam platform website anda. Melainkan dari konten yang anda sediakan dan dari kepuasan pengunjung terhadap website anda.
Ini juga berlaku untuk platform lain…
…Tumblr, Joomla, Drupal, PrestaShop, OpenCart, Weebly, Wix, Magento, dll. Semuanya (hampir) sama.
Pada akhirnya yang paling menentukan peringkat yaitu kualitas website anda sendiri dan cara anda memasarkannya.
Jangan menentukan platform berdasarkan SEO, tetapi berdasarkan kebutuhan anda terhadap fitur dan fleksibilitasnya.

Template/theme mana yang SEO friendly, manis untuk SEO?

Tidak ada.
Sayangnya, tidak ada template yang secara gila akan menciptakan peringkat website anda tiba-tiba naik ke halaman 1.
Memang betul bahwa ada template yang bisa berdampak buruk terhadap SEO alasannya yaitu cacat dalam kodenya. Tetapi kalau anda mencari template di WordPress.org misalnya, 99% template-nya aman.
Jangan terlalu pusing menentukan template hanya alasannya yaitu SEO.
Template yang SEO friendly dengan yang tidak SEO friendly, kalau ditulis dalam angka bedanya paling-paling hanya 5%.
Pada akhirnya yang menentukan yaitu cara anda membuatkan website tersebut, bukan template-nya.
Kaprikornus pilihlah sesuai selera (dan kebutuhan), bukan SEO.

Plugin SEO mana yang terbaik untuk WordPress?

Pada dasarnya, sama saja.
Ada beberapa fitur utama dari plugin SEO: mengganti judul, menambahkan meta description, sitemap, dan menambahkan rel=”canonical”.
Hampir semua plugin SEO yang terkenal punya fitur tersebut.
Selain itu hanya tambahan.
Kalau website anda hanya berupa blog atau sejenisnya, plugin SEO yang manapun sudah cukup.
Salah satu pilihan paling terkenal adalah Yoast SEO.

Apakah meta description wajib untuk SEO? Bagaimana dengan meta tag lainnya?

Tidak wajib.
Meta description masih digunakan oleh Google sebagai ringkasan website di hasil pencarian, tetapi ketika ini sudah sangat jarang muncul.
Google lebih sering menggunakan 1-2 kalimat dari halaman sebagai snippet.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Selain itu, keberadaan meta description juga tidak mensugesti peringkat.
Meskipun begitu, alasannya yaitu prakteknya sangat tidak sulit maka sebaiknya anda tidak mengosongkan meta description.
Berikut ini beberapa tips untuk meta description:
  • Maksimum 150-160 huruf
  • Relevan dengan isi halaman
  • Buat semenarik mungkin untuk di-klik
Selain description, inilah meta tag lain yang dibaca oleh Google.

Bagaimana cara meningkatkan PageRank?

Sekedar info:
PageRank atau PR ketika ini sudah tidak diperlihatkan lagi kepada masyarakat umum.
Kaprikornus kemungkinan besar angka PR yang anda cek ketika ini tidak akan berubah lagi.
Kaprikornus balasan singkatnya, PageRank tidak bisa ditingkatkan lagi.
Tapi…
Sebetulnya istilah PageRank masih digunakan oleh internal Google sebagai sebuah algoritma yang menentukan peringkat website di hasil pencarian berdasarkan penting atau tidaknya sebuah halaman website.
Intinya PageRank masih digunakan, tetapi angkanya tidak ditunjukkan.
Jadi, jangan heran kalau ada yang berdebat PR sudah “mati” atau belum.

Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?

Page Authority adalah angka yang digunakan oleh Moz untuk memperlihatkan “kekuatan” sebuah halaman website dari 0-100. Sedangkan Domain Authority untuk keseluruhan domain.
Angka dari PA dihitung berdasarkan jumlah dan kualitas link menuju halaman tersebut.
Sedangkan DA berdasarkan rata-rata PA dari semua halaman.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Jadi:
Untuk meningkatkan PA dan DA maka anda membutuhkan link dari website-website dengan reputasi tinggi.
Tapi ingat, ada baiknya anda tidak terlalu fokus dengan angka ini.
Karena PA dan DA bukan merupakan angka resmi dari Google sehingga hasilnya tidak selalu memperlihatkan keadaan sebenarnya.

Bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank?

Rangking di Alexa dipengaruhi oleh traffic dan link.
Semakin tinggi traffic dan link yang anda peroleh, semakin baik peringkatnya. Tidak rumit.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Sebagai pemilik website, ada baiknya anda tidak terlalu fokus dengan angka ini. Untuk rangking lebih dari 100.000 biasanya angka di Alexa tidak akurat.

Sitelinks ditentukan oleh algoritma.
Artinya kita tidak bisa mensugesti secara pribadi keputusan derma sitelinks. Apabila website anda dirasa layak oleh algoritma, maka secara otomatis akan mendapat sitelinks.
Tidak ada “trik” untuk mendapat sitelinks.
Kriterianya kelayakannya menyerupai ini:
Pertama, apabila website anda memang dirasa merupakan pemilik dari brandkeyword tersebut.
Misalnya kalau saya memakai kata kunci “Garuda Indonesia” maka saya niscaya ingin mencari website resminya Garuda Indonesia. Karena itulah mereka mendapat sitelinks.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Kedua, apabila reputasi website anda dirasa sudah cukup baik.
Sehingga meskipun kata kuncinya sama persis, tapi kalau website-nya masih gres maka belum diberikan sitelinks.

Bagaimana cara mendapat rating bintang (star rating) di hasil pencarian?
Ada yang perlu anda ketahui dulu:
Star rating/seller rating/peringkat penjual/rating bintang hanya diberikan kepada website-website yang menjual barang, produk, jasa, atau layanan yang punya review dari pembeli.
Website jenis lain tidak akan bisa.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Kalau anda pengguna WordPress, maka cara termudah yaitu dengan memakai plugin All in One Schema.org Rich Snippets.
Kalau tidak, maka gunakan panduan rich snippets dari Google ini.
Bintang hanya akan diberikan apabila anda sudah punya review dari pembeli…dan apabila website anda sudah dianggap mempunyai reputasi positif oleh Google.

Saya punya website berbentuk portal berita, menyerupai apa SEO yang bisa saya lakukan?

Untuk on-page kurang lebih sama dengan SEO pada umumnya.
Ini yang membedakan:
Situs gosip yang masih gres tidak bisa mengandalkan traffic dari mesin pencari.
Ini alasannya yaitu artikel-artikel gosip umurnya singkat. Hanya hangat dalam rentang 1-2 hari, atau paling usang seminggu. Setelah itu, tidak ada lagi yang mencari.
Maka sangat tidak efektif kalau hanya mengandalkan SEO.
Situs gosip modern lebih banyak mengandalkan seni administrasi konten-konten viral serta promosi konten berbayar dengan memakai iklan.

Website saya sudah mendapat peringkat dan traffic yang lumayan, bagaimana caranya supaya bisa meningkat lagi?
Berbicara dari segi SEO, yang bisa anda lakukan yaitu menciptakan konten-konten gres yang mengincar keyword lain.
Banyak keyword = banyak pengunjung.
Tapi ingat, jumlah pengunjung bukan satu-satunya faktor penentu kesuksesan.
Kalau website anda berada dalam satu topik/bidang/industri, jangan menciptakan konten yang sama sekali tidak bekerjasama hanya untuk menambah pengunjung.
Ini justru akan mengacaukan website anda.
Lebih baik punya sedikit pengunjung yang tepat sasaran dan loyal daripada banyak tapi semuanya cuma “sekedar baca”.
Itu untuk SEO.
Nyatanya, sumber traffic bukan hanya mesin pencari.
Ada yang lain, menyerupai social media, situs komunitas, atau iklan. Ada baiknya anda tidak hanya mengandalkan mesin pencari saja.

Keyword yang saya targetkan ternyata persaingannya berat, apa yang sebaiknya saya lakukan?

  • Kabur
  • Hadapi
Tergantung anda.
Pertimbangkan sesuai kemampuan, waktu, dan budget.
Persaingan yang berat bukan berarti tidak bisa ditembus oleh pendatang baru.
Sediakan konten yang berkali-kali lipat lebih manis daripada mereka. Kemudian melaksanakan pemasaran yang lebih agresif.
Kalau anda berhasil melaksanakan keduanya, tinggal waktu yang menjawab.
Tapi kalau memang tidak mampu, lebih baik hindari…
…justru akan buang-buang waktu.

Saya ingin menciptakan website dalam topik tertentu, tapi ternyata volume pencariannya di Google Keyword Planner kecil. Apakah sebaiknya saya ganti topik?

Ya dan tidak.
Google Keyword Planner tidak selalu menggambarkan apa yang terjadi di dunia nyata.
Ada topik-topik yang sebetulnya populer, tapi kita tidak pernah memakai Google untuk mencari informasinya.
Pastikan dulu.
Apakah topik ini memang betul-betul tidak ada peminatnya, ataukah alasannya yaitu peminatnya tidak memakai Google.
Kalau yang pertama, ganti topik anda.
Kalau yang kedua, tidak perlu ganti. Coba gunakan sumber traffic lain dimana orang-orang yang berminat pada topik ini berkumpul.

Faktor-faktor apa saja yang mensugesti peringkat website di Google?
Singkatnya, tidak ada yang tahu…
…selain orang dalam Google sendiri.
Google tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai faktor-faktor apa saja yang mensugesti peringkat website. Karena bisa disalahgunakan.
Tapi bukan berarti kita 100% buta.
Selama bertahun-tahun, para praktisi SEO baik yang white hat maupun black hat terus melaksanakan analisa mengenai faktor rangking Google.
Meskipun tidak resmi dan 100% akurat, tetapi bisa dijadikan patokan.
Salah satu penelitian yang paling mendalam dilakukan oleh Moz. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa halaman website yang berada di peringkat 1-10, kemudian mereka mencari apa saja kesamaannya.
Hasilnya, ada banyak hal yang mungkin menjadi faktor rangking…
…inilah beberapa korelasi yang tingkat keakuratannya tinggi:
  1. Kualitas dan kuantitas link ke domain
  2. Kualitas dan kuantitas link ke halaman
  3. Relevansi konten dengan keyword
  4. Kemudahan untuk dibaca/disimak oleh insan dan mesin
  5. Tingkat interaksi user terhadap website di hasil pencarian
  6. Reputasi merk domain
  7. Relevansi keseluruhan website dengan keyword
  8. Panjang dan ekstensi dari domain
  9. Kualitas dan kuantitas social share (sudah dikonfirmasi, bukan faktor SEO)
Dari atas ke bawah tingkat akurasinya makin rendah.
Sekali lagi, ini bukan pernyataan resmi dari Google, melainkan merupakan hubungan antar website-website yang menempati halaman 1.
↑ DAFTAR ISI

Berapa usang waktu yang diperlukan untuk bisa peringkat 1?

Tergantung.
Seberapa sulit persaingannya? Seberapa manis website/konten anda? Seberapa berangasan anda melaksanakan pemasaran? Apakah website anda sudah mempunyai reputasi atau masih sangat baru?
Untuk keyword yang sangat mudah, website yang sudah mempunyai reputasi bisa pribadi peringkat 1 dalam hitungan hari. Tapi website gres dengan persaingan tinggi bisa membutuhkan waktu hingga lebih dari sebulan.
Kaprikornus tergantung posisi anda ketika ini.
Sekedar untuk asumsi berdasarkan pengalaman pribadi, website yang masih gres dengan persaingan menengah kira-kira membutuhkan 2-4 bulan untuk masuk halaman 1 (bukan peringkat 1).
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Gambar di atas yaitu salah satu konten di website TORETO BLOG.
Pertama kali muncul pada tanggal 28 Mei, peringkat 46. Tanggal 14 Agustus naik ke posisi 9.
Kaprikornus sekitar 3 bulan untuk masuk ke halaman 1.
Tapi hati-hati:
Jangan gunakan asumsi saya sebagai patokan.
Ini justru bisa menciptakan anda jadi “malas-malasan”, alasannya yaitu menganggap masih dalam batas wajar.
Pada kenyataannya, ada juga yang bisa lebih cepat daripada itu.
Dan sangat banyak yang gagal mencapai halaman 1 dalam lebih dari 4 bulan.
↑ DAFTAR ISI

Peringkat saya di Google naik-turun, kenapa ya?

Wajar.
Normalnya, peringkat website di hasil pencarian tiap hari akan naik-turun sekitar 0-3 posisi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Berikut ini grafik dari Algoroo:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Grafik ini memperlihatkan rata-rata perubahan peringkat di Google setiap harinya.
↑ DAFTAR ISI

Peringkat saya di Google.co.id dan Google.com berbeda, kenapa ya?

Karena Google.co.id lebih mengutamakan website berbahasa Indonesia.
Kaprikornus website Indonesia cenderung mendapat peringkat lebih tinggi di Google.co.id daripada Google.com.
↑ DAFTAR ISI

Skor SEO (atau kecepatan website) saya 100, tapi kenapa belum peringkat 1?

Karena:
1. Website-website lain skornya tidak kalah jauh.
2. Karena skor ini tidak meliputi keseluruhan SEO, hanya sebagian kecil (on-page) saja. Maka dari itu banyak faktor lain yang tidak diperhitungkan.
Jangan berpatokan dengan angka yang didapatkan dari tool.
Kalau anda periksa, bahkan website-website besar pun skornya tidak sempurna.
Ini skor SEO dari website sebesar Hubspot:

Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) saya lebih tinggi daripada website saingan, tapi kenapa peringkat saya lebih rendah?

PA dan DA merupakan angka dari Moz. Bukan Google.
Jadi kedua angka ini tidak selalu akurat.
Bahkan, penelitian faktor rangking 2015 dari Moz sendiri memperlihatkan bahwa hubungan antara PA dengan rangking website hanya 0.37 (37%).
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Artinya, 63% sisanya tidak sesuai dengan PA.
Selain itu, bisa jadi karena PA dan DA dari Moz hanya diupdate sekitar 2-3 bulan sekali. Sedangkan update index dari Google lebih sering.
↑ DAFTAR ISI

Mengapa peringkat website saya berbeda-beda di tiap komputer?

Google menyesuaikan rangking website dengan “selera” anda.
Ini disebut Personalized Search.
Website yang sering anda kunjungi (termasuk milik anda sendiri) akan mendapat peringkat tinggi apabila anda ter-login di akun Google.
Kaprikornus solusinya:
Logout dari akun Google.
Atau, gunakan Incognito di Google Chrome.
Atau, klik tombol ini di hasil pencarian:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Atau, matikan search history. Ikuti langkah ini:
  1. Masuk ke Google History, kemudian login
  2. Klik sajian di kanan atas
  3. Klik Settings
  4. Matikan search history

Saya sudah mendapat peringkat 1, apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Selamat!
Ini artinya website/konten anda ditunjuk menjadi yang terbaik oleh para pengunjung dan oleh Google…tapi tidak untuk selamanya karena setiap hari ada ratusan-ribuan website bersaing posisi teratas.
Kaprikornus kiprah anda yaitu menjaga kualitasnya semoga tetap jadi yang terbaik.
Supaya mereka yang berkunjung tetap puas dengan website anda.
Salah satu caranya yaitu dengan melakukan analisa konten.
↑ DAFTAR ISI

Bagaimana supaya peringkat website saya tidak turun?

  • Lanjutkan mempromosikan website anda.
  • Jangan hentikan perkembangan website.
  • Pastikan isinya tetap relevan. Kalau ada informasi yang ketinggalan jaman, segera perbaharui.
Beberapa penyebab rangking website turun di antaranya:
  1. Kehilangan backlink
  2. Banyak mendapat backlink berkualitas rendah
  3. Pembaca tidak puas dengan isi website (karena kontennya tidak berkualitas, strukturnya berantakan, atau loading-nya lambat)
  4. Ada kompetitor gres yang lebih layak mendapat peringkat tinggi
  5. Update algoritma baru, dan anda terkena dampak negatifnya
  6. Penalti

Sudah peringkat 1, tapi kenapa pengunjung masih sepi?

Ada 2 alasan yang mungkin jadi penyebabnya:
Pertama, alasannya yaitu Google Personalized Search.
Kaprikornus website anda mendapat peringkat 1 hanya di komputer anda sendiri, sedangkan di komputer lain tidak demikian.
Kedua, alasannya yaitu keyword tersebut tidak ada yang mencari.
Gunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui berapa banyak orang yang melaksanakan pencarian dengan keyword yang anda pakai untuk menyidik rangking.
↑ DAFTAR ISI

 Saya sudah rajin blogwalking, tapi kenapa belum bisa peringkat 1 juga?

Kemungkinan besar persepsi anda ihwal blogwalking salah.
Saya akan jelaskan dari 2 sisi:
Banyak orang yang merasa blogwalking itu penting alasannya yaitu kita akan mendapat backlink ketika komentar kita diterbitkan. Harapannya, mendapat backlink berarti peringkat akan naik.
Salah.
Backlink dari komentar blog sifatnya nofollow. Artinya link tersebut tidak berdampak positif untuk SEO.
Meskipun ada orang yang bilang bahwa nofollow tetap berdampak positif (kita tidak bisa membuktikan), tetapi yang terang keuntungannya terhadap rangking (hampir) tidak terasa.
Artinya, meskipun anda berkomentar di 1000 blog, anda tidak akan bisa mengalahkan website yang berada di peringkat teratas.
Tapi bukan berarti blogwalking itu percuma.
Berkomentar di blog merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjalin hubungan dengan si pemilik blog.
Syaratnya, komentar anda dihentikan asal-asalan.
↑ DAFTAR ISI

Adakah tool yang bisa menciptakan website saya jadi peringkat 1?

Sayangnya, tidak ada.
Tinggi-rendahnya peringkat website anda di Google murni ditentukan oleh bagus-tidaknya website anda, terutama bagi insan yang mengunjungi.
Seperti namanya, tool itu hanya alat bantu.
Tidak ada alat yang bisa secara gila mengubah website yang kualitasnya rendah menjadi bagus.
↑ DAFTAR ISI

Saya punya toko online, bagaimana caranya mendapat peringkat 1 dengan cepat supaya saya bisa mendapat pembeli?

Kalau anda ingin mendapatkan pembeli dengan cepat, SEO bukan solusinya.
Ini yaitu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik toko online. Mereka cuma “menunggu SEO” untuk mendapat pembeli.
Padahal, butuh waktu bulanan untuk bisa masuk ke halaman 1.
Kalau anda perlu pembeli dengan cepat demi kelangsungan bisnis, JANGAN hanya mengandalkan SEO. Keburu bangkrut!

Bagaimana cara mendapat rangking 1 dalam sehari?

Bukannya tidak bisa.
Bisa…
…kalau anda mengincar kata kunci yang sama sekali tidak ada saingannya.
Masalahnya, kata kunci yang tidak ada saingannya berarti tidak ada yang mencari.
Anda (mungkin) bisa rangking 1 dalam sehari, tapi tidak akan mendapat traffic…percuma kan?
Oke, kini balasan yang lebih serius:
Dalam kondisi normal, tidak bisa.
Kita sebagai orang luar tidak akan bisa memanipulasi Google sedemikian rupa sehingga website kita bisa menjadi peringkat 1 dalam sehari.
Kalau ada yang menjanjikan anda menyerupai itu, jangan dipercaya.
↑ DAFTAR ISI

Apakah kebanyakan memakai gambar akan berdampak negatif terhadap SEO?

Ya dan tidak.
Ini salah satu kesalahan yang paling umum: takut menggunakan gambar.
Alasannya alasannya yaitu memakai gambar berarti memperberat loading website, dan kesannya peringkat website jadi turun
Masuk akal, tapi salah.
Memang betul bahwa kecepatan loading merupakan faktor rangking. Tapi, ukuran halaman yang jadi besar (akibat gambar) tidak berdampak buruk.
Kecepatan loading yang berdampak buruk dipengaruhi oleh:
  • Kinerja hosting
  • File & script yang menghambat proses rendering
Gambar bukan keduanya…karena gambar gres dimuat setelah halaman website selesai disusun oleh browser kita. Kaprikornus tidak menghambat rendering.
Lihat grafik ini:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Dari penelitian yang dilakukan Moz, ukuran halaman berbanding terbalik dengan rangking. Semakin tinggi rangkingnya, semakin berat halamannya.
Yang terjadi justru sebaliknya…
Penggunaan gambar secara tidak pribadi akan meningkatkan rangking. Ini karena pengunjung website lebih suka melihat gambar daripada goresan pena yang bertumpuk-tumpuk.
Tapi perlu diingat, gambar yang anda gunakan di website harus dikompres supaya ukurannya optimal.
↑ DAFTAR ISI

Apakah sharing ke social media bisa meningkatkan rangking?

Jawaban singkatnya, tidak.
Ini pernyataan resmi dari Matt Cutts di tahun 2014 lalu:
Google tidak mempunyai kemampuan untuk membaca “sinyal” berupa like, share, tweet, follow, vote, dan lain-lain yang berasal dari social media.
Tapi yang lebih penting yaitu alasannya yaitu data dan angka yang ada bisa dengan gampang dimanipulasi. Sehingga kondisi menyerupai ini bisa merusak informasi apabila ditampung oleh Google.
Selain itu, link di social media berupa nofollow.
Lalu mengapa ada yang menganggap social signal adalah faktor SEO?
Karena biasanya halaman website yang menempati peringkat atas di Google mendapat banyak social share. Kaprikornus anggapannya social signal mensugesti SEO.
Pada kenyataannya, justru terbalik…
…peringkatnya naik bukan alasannya yaitu social share. Social share-nya yang jadi banyak alasannya yaitu peringkatnya tinggi.
↑ DAFTAR ISI

Kalau social share tidak mensugesti peringkat, apakah berarti percuma memakai social media?

Tidak juga.
Malahan, social media merupakan daerah terbaik bagi website gres untuk mendapat pengunjung dengan cepat dan pada akhirnya akan meningkatkan rangking di Google juga.
Meskipun tidak berdampak langsung, tetapi keuntungannya sangat tinggi.
Dalam artikel ini, saya menjelaskan bagaimana situs TORETO BLOG ini bisa meningkatkan pengunjung hingga 419,16% berkat kombinasi social media dengan SEO.
SEO dan social media marketing punya tujuan yang sama, meningkatkan pengunjung.
Maka dari itu, lakukan keduanya.
↑ DAFTAR ISI

Apakah melaksanakan ‘ping’ bisa meningkatkan rangking di mesin pencari?

Tidak.
Ping bertujuan untuk memberitahu mesin pencari bahwa kita menerbitkan halaman/konten baru. Supaya ter-index.
Tapi, kini ping sudah tidak perlu dilakukan lagi.
Mesin pencari sudah punya agenda tersendiri kapan mereka akan menyidik website anda apabila ada yang baru. Kaprikornus tanpa melaksanakan apapun, halaman gres akan ter-index dengan sendirinya.
Untuk mempermudah proses ini, anda bisa memasukkan sitemap.xml di Search Console.
↑ DAFTAR ISI

Apakah pop-up dan pop-under berdampak buruk terhadap peringkat website?

Ya dan tidak.
Google sendiri tidak punya algoritma yang menghukum website dengan pop-up dan pop-under. Karena keduanya memang banyak dimanfaatkan pemilik website sebagai sumber penghasilan.
Kaprikornus iklan homogen ini tidak berdampak apapun secara langsung.
Tetapi, bisa berdampak buruk secara tak langsung.
Hasil pencarian dipengaruhi oleh kepuasan manusia.
Pop-up dan pop-under yaitu elemen website yang tergolong mengganggu bagi manusia. Karena itu, apabila terlalu hiperbola maka pengunjung website akan tidak puas.
Akibatnya, peringkat juga berpotensi terganggu.
Ada baiknya anda perhatikan data-data menyerupai bounce rate dan average time on site di Google Analytics. Bandingkan sendiri sebelum dan sehabis dipasang pop-up dan pop-under.
↑ DAFTAR ISI

Apakah tags dan categories di WordPress bisa meningkatkan rangking?

Tidak.
Tags dan categories bertujuan untuk mempermudah navigasi pengunjung.
Tetapi sering disalahgunakan. Misalnya, dengan menumpuk keyword-keyword di tags. Harapannya supaya halaman tersebut bisa mendapat rangking yang manis dalam banyak sekali keyword.
Yang terjadi malah sebaliknya:
  • Navigasi pengunjung terganggu.
  • Website anda dianggap sebagai spam alasannya yaitu terlalu banyak keyword.
  • Peringkat jadi turun.
Dalam keyword yang persaingannya rendah, kadang kala categories dan tags bisa mendapat peringkat yang tinggi.
Ini tampaknya bagus…tapi justru berbahaya.
Kedua halaman ini punya bounce rate yang sangat tinggi. Ini bisa memperlihatkan bahwa pengunjung tidak puas dengan website anda.
Gunakan tags dan categories dengan bijak.
↑ DAFTAR ISI

Apakah _____ berdampak baik/buruk terhadap peringkat website?

BANYAK sekali variasi pertanyaan menyerupai ini. Ada yang konyol, ada yang sekilas masuk akal, ada yang betul-betul berpengaruh.
Saya akan mempermudah cara berpikir anda terhadap SEO.
Kalau anda membaca beberapa pertanyaan sebelumnya, anda mungkin akan sadar 1 hal:
Peringkat website dipengaruhi oleh kepuasan pengunjung.
Pegang konsep ini baik-baik.
Ketika lain kali anda ingin melaksanakan sesuatu di website anda, dan anda tidak tahu apakah dampaknya baik atau buruk terhadap SEO…jawab pertanyaan ini:
“Apakah yang saya lakukan ini baik untuk pengunjung?”
Itu kuncinya…
Apapun yang anda lakukan di website anda, kalau itu baik untuk manusia, maka niscaya juga akan baik untuk mesin pencari.
↑ DAFTAR ISI

Bagaimana supaya video YouTube saya mendapat rangking tinggi di Google?

Sama dengan website biasa:
  • Sertakan keyword di judul
  • Sertakan keyword di deskripsi
  • Gunakan tags yang sesuai dengan topik & keyword
  • Dapatkan views, like, & subscribe
  • Dapatkan backlink
Hindari memakai software/bot penambah view & like untuk YouTube.
Mereka punya filter spam yang ketat.
Ingat, tidak semua jenis video bisa mendapat rangking yang manis di Google. Biasanya hanya dalam jenis ini: panduan/tutorial/how-to.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Selain itu, sangat jarang.
↑ DAFTAR ISI
Entah kenapa pertanyaan ini sering jadi perdebatan.
Kalau anda sering bertanya ihwal ini, saya curiga anda yaitu tipe orang yang:
  • Tidak bisa menciptakan konten berkualitas, atau
  • Tidak mau berusaha mencari backlink
Sayangnya, keduanya sangat penting.
Meskipun mungkin dalam algoritma Google ada salah satu yang prioritasnya lebih tinggi, tapi kedua hal inilah tulang punggung dari SEO.
Tanpa backlink, tidak mungkin bisa peringkat 1.
…bisa sih. Tapi hanya untuk keyword dengan persaingan yang sangat rendah. Tentunya anda tidak ingin cuma bersaing di kelas bawah. Ya kan? Percuma.
Tanpa konten berkualitas, tidak bisa mendapatkan backlink.
…bisa. Tapi hanya sekedar backlink dari blog comment, guest book, article directory, atau backlink spam. Kualitasnya rendah, justru berbahaya.
Konten yang kualitasnya rendah juga tidak mungkin bisa bertahan usang di halaman 1.
Jadi, keduanya saling mendukung.
↑ DAFTAR ISI

Apakah backlink nofollow bisa meningkatkan rangking website saya?

Kalau pertanyaannya “meningkatkan rangking”, jawabannya tidak bisa.
Karena memang itulah fungsi nofollow
…memberitahu search engine supaya link tersebut tidak mensugesti rangkingnya.
Tapi, bukan berarti percuma.
Kalau anda mendapat backlink dari website yang populer, Wikipedia misalnya. Meskipun nofollow, tapi link tersebut akan menciptakan banyak orang tiba ke website anda.
Link berkualitas tetaplah link berkualitas, meskipun nofollow.
↑ DAFTAR ISI

 Apakah link di website saya yang menuju website lain harus nofollow?

Tidak.
Ada yang bilang bahwa kalau kita memasang link ke website lain, maka PageRank website kita akan “bocor” ke website mereka. Makanya dibentuk nofollow.
100% salah.
PageRank tidak bisa bocor ke website lain.
Dengan memasang link, website mereka akan mendapat manfaat positif. Tapi website anda tidak akan kena eksekusi apapun.
Justru bisa meningkatkan reputasi website anda sendiri.
Menurut seorang Webmaster Trends Analyst dari Google, John Mueller, memasang link ke website yang bisa mendukung konten anda adalah faktor positif dalam rangking.
↑ DAFTAR ISI
Saya tidak akan semata-mata bilang jelek.
Tergantung dari website asalnya.
Kalau anda mendapat link dari social bookmark terbaik di dunia, dan ternyata jadi populer…tentunya link tersebut juga jadi terhitung berkualitas. Tapi kalau tidak ada orang yang tahu sama sekali mengenai keberadaan link tersebut, artinya tidak bagus.
Logikanya kalau insan pun tidak tahu mengenai keberadaannya, tidak mungkin robot menganggap link tersebut penting.
Jadi, begini:
Kalau anda ingin memasang link di tempat-tempat tersebut, jangan hanya sekedar memasang link. Percuma.
Pastikan link tersebut bisa menarik perhatian orang lain.
↑ DAFTAR ISI
Kalau anda tidak yakin apakah backlink dari suatu website itu manis atau tidak, begini caranya untuk memastikan kualitasnya:
  1. Apakah topiknya relevan dengan website anda?
  2. Apakah website penuh dengan spam?
  3. Apakah pengunjung website tersebut pasif atau aktif? (berkomentar, sharing, dll.)
  4. Apakah link-nya pribadi muncul atau atas persetujuan pemilik web?
  5. Apakah anda diminta untuk membayar?
Backlink yang baik berasal dari website yang: topiknya relevan, bukan spam, pengunjungnya aktif, diberikan atas kemauan pemilik web, dan tidak dengan imbalan.
↑ DAFTAR ISI

Apakah berbahaya kalau saya memasang link ke website yang reputasinya buruk?

Kalau hanya sekali-dua kali, tidak.
Tapi kalau di hampir semua halaman/konten terdapat link ke website yang reputasinya buruk dan yang topiknya tidak berhubungan, ini bisa jadi berbahaya.
↑ DAFTAR ISI

Apakah berbahaya kalau saya mendapat link dari website yang reputasinya buruk?

Kalau hanya 1-2, tidak.
Tapi kalau anda sebagian besar backlink anda berasal dari website yang reputasinya buruk, website anda juga akan dianggap mempunyai reputasi buruk.
Ciri-ciri website yang reputasinya buruk:
  • Terlalu banyak link ke website yang tidak relevan
  • Penuh dengan spam
  • Banyak iklan
  • Kualitas kontennya rendah
  • Memiliki konten remaja dan konten ilegal
Tidak dibatasi.
Asalkan link tersebut memang diperlukan oleh pengunjung.
Kalau jumlahnya berlebihan, tidak dibutuhkan, dan reputasinya rendah, maka bisa berbahaya untuk website anda sendiri.
Di awal tahun 2000an, Google menyatakan maksimal 100 link. Tapi kini sudah tidak dibatasi lagi.
Ini klarifikasi lebih lengkapnya:

Saya menemukan broken link (404) di Google Search Console (Webmaster Tools), apakah ini berbahaya?

Tidak.
Broken link yaitu hal yang sangat masuk akal di dunia internet, dan tidak akan mengganggu SEO.
Hampir semua website besar punya halaman 404 (not found).
Google tidak akan mengambil tindakan apapun yang mensugesti rangking anda secara keseluruhan apabila mereka menemukan broken link di website anda.
Tetapi halaman 404 itu sendiri akan hilang dari hasil pencarian.
Dalam SEO, broken link bukan masalah. Tetapi tentunya anda sebagai pemilik website sebaiknya segera memperbaiki atau menyampaikan redirect ke halaman 404 alasannya yaitu mengganggu kenyamanan pengunjung.
↑ DAFTAR ISI
Sama sekali tidak bagus.
Bahkan di kalangan praktisi black hat SEO yang terbiasa jual-beli backlink pun hal menyerupai ini dianggap tidak bagus.
Memberikan ratusan-ribuan backlink = bunuh diri.
Hati-hati,
Meskipun si penjual menyampaikan backlink mereka berkualitas, meskipun mereka bilang bisa meningkatkan rangking…jangan dipercaya.
↑ DAFTAR ISI
Pertama, saya perlu menyampaikan bahwa anda sebaiknya tidak mencoba memasang banyak backlink sekaligus…apalagi yang sifatnya spam.
Bisa berakibat penalti.
Tapi, untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu, jawabannya: dengan software.
Ada beberapa software yang biasa digunakan untuk melaksanakan spam, salah satu yang paling terkenal yaitu GSA Search Engine Ranker.
↑ DAFTAR ISI
Tergantung.
Kalau anda bertanya kepada praktisi black hat SEO, mereka akan bilang bagus.
Tapi alasannya yaitu saya bukan praktisi black hat SEO, maka saya akan menyarankan anda untuk menghindari jenis backlink menyerupai itu alasannya yaitu beresiko penalti.
PBN merupakan tipe black hat yang (saat ini) paling rendah resikonya.
Ini alasannya yaitu blog-blog dalam PBN tersebut bisa dibentuk semoga tidak mengandung footprint (jejak), sehingga Google tidak sadar bahwa semuanya dimiliki oleh 1 orang.
Tetapi ada kelemahannya:
  1. Repot, terutama bagi pemula
  2. Biayanya cukup tinggi
  3. Tetap punya resiko
Jadi, tanpa memancing perdebatan, saya akan menyarankan setiap pemula untuk tidak bergantung dengan teknik-teknik backlink menyerupai itu.
Buat konten berkualitas, lakukan pemasaran yang bersih.
Pada akhirnya, kalau anda ingin memakai jenis backlink menyerupai itu…pahami bahwa anda harus siap apabila tiba-tiba website yang anda buat dengan susah payah lenyap dalam sehari.
↑ DAFTAR ISI
  • Topiknya relevan dengan website anda.
  • Berasal dari website yang pengunjungnya ramai dan aktif (berkomentar & sharing).
  • Berasal dari website yang masih aktif.
  • Bukan dari website yang hanya berisi 1-2 konten.
  • Tidak pribadi muncul begitu saja ketika kita pasang. Dengan kata lain, melalui proses seleksi oleh si pemilik website.
  • Diberikan dengan sukarela oleh orang lain.
  • Berada di dalam kalimat/paragraf/artikel.
Karena Search Console tidak di-update setiap hari.
Backlink akan muncul sehabis Googlebot selesai meng-index website-website yang memasang link menuju website anda.
Kaprikornus tidak perlu khawatir.
↑ DAFTAR ISI
Bisa jadi alasannya yaitu salah satu alasan ini:
  • Kualitasnya rendah
  • Nofollow
  • Backlink belum ter-index oleh Google
Normalnya, memang peringkat website tidak akan pribadi naik banyak dalam hitungan 1-2 hari.
↑ DAFTAR ISI
Semakin berat persaingannya, anda akan butuh semakin banyak backlink berkualitas.
Semakin tinggi kualitasnya, maka anda hanya butuh sedikit backlink.
Selain itu, backlink juga bukan satu-satunya faktor yang menentukan peringkat.
Ada banyak website yang backlinknya sedikit tapi bisa menempati peringkat lebih tinggi daripada website yang punya banyak.
Jadi, tergantung.
Tapi, sebagai gambaran…sebagian besar konten di blog TORETO BLOG ini hanya membutuhkan 1-2 backlink dari website berkualitas untuk bisa masuk ke halaman 1.
Bukan soal gres atau lama.
Bahkan website usang pun tidak akan kondusif kalau diberikan banyak backlink yang tidak berkualitas.
Selain jumlah, juga tergantung dengan kualitas.
Kalau website anda masih baru, dan punya konten yang jadi viral — sehingga banyak yang menyampaikan backlink dengan sukarela — maka jumlah banyak pun tidak masalah.
Tapi kalau backlink tersebut dari spam atau software, jumlah sedikit pun bisa berbahaya.
↑ DAFTAR ISI

Berapa rasio/perbandingan backlink dofollow dan nofollow semoga terlihat natural?

Tidak ada.
Jangan berusaha hanya supaya terlihat natural…
…berusahalah supaya benar-benar natural.
Maka dari itu, tidak ada rasio antara nofollow dan dofollow semoga terlihat natural.
Tetapi, naturalnya, halaman yang sangat terkenal akan mendapat jauh lebih banyak backlink dofollow daripada nofollow.
↑ DAFTAR ISI
Mari kita lihat teknisnya dulu:
Ketika anda mendapat backlink ke suatu halaman di website anda (termasuk homepage), maka halaman-halaman lain dalam domain yang sama akan mendapat sebagian porsi kecil dari backlink tersebut.
Kaprikornus kalau ada backlink ke homepage, maka semua halaman mendapatkan manfaat.
[]
Kalau ada backlink ke inner page, maka homepage (dan halaman lain) juga akan mendapat manfaat.
[]
Sehingga, pertanyaannya jadi menyerupai ini:
Halaman mana yang ingin anda dorong supaya mendapat rangking?
Kalau anda ingin supaya halaman X mendapatkan rangking 1 untuk keyword A, maka berikan backlink ke halaman X.
Kalau anda ingin supaya homepage mendapat rangking 1 untuk keyword A, maka berikan backlink ke homepage.
Seperti itu…
↑ DAFTAR ISI

Saya sudah membuat konten berkualitas, tapi kenapa belum bisa peringkat 1?

Ada 3 penyebab yang mungkin dalam masalah ini:
Pertama, keliru dengan anggapan konten berkualitas.
Konten berkualitas bukan hanya konten yang berisi sekian kata, tata bahasanya baik, mengandung keyword, dsb. Baca di sini mengenai penjelasan ihwal konten berkualitas dan cara membuatnya.
Kedua, dibiarkan sehabis diterbitkan.
Ada 2 hal yang wajib anda lakukan sehabis menerbitkan konten: mempromosikan konten dan link building.
Tanpa melaksanakan keduanya, konten sebagus apapun jadi percuma.
Ketiga, masih butuh waktu.
Kita tidak akan bisa pribadi mendapat rangking 1 dalam hitungan hari, kecuali dalam kata kunci yang sangat rendah persaingannya.
↑ DAFTAR ISI

Mengapa ada website yang kualitas kontennya rendah tetapi peringkatnya tinggi?

Bisa jadi alasannya yaitu konten-konten di bawahnya lebih buruk lagi.
Atau alasannya yaitu promosi yang mereka lakukan lebih efektif.
Atau bisa jadi juga alasannya yaitu mereka melaksanakan black hat SEO dan belum tertangkap tangan oleh Google.
Yang mana pun penyebabnya, ini mestinya jadi kesempatan yang manis buat anda…karena ini artinya persaingan di kata kunci tersebut tidak sulit.
↑ DAFTAR ISI

Berapa keyword density dalam artikel yang manis untuk SEO?

Tidak ada.
Kalau anda ingin menciptakan artikel yang bagus, jangan pedulikan keyword density.
Ada sebagian orang (dan tool) yang mengatakan bahwa keyword density yang manis antara 3-5%.
Ini salah besar.
Keberadaan keyword dalam artikel memang bisa mensugesti peringkat konten anda. Tapi, keyword density dari artikel-artikel terkenal tidak sebesar itu.
Hanya sekitar 1%, kurang lebih.
Ini persentase dari salah satu artikel di Backlinko yang mendapat peringkat 3 dalam kata kunci “keyword research”:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Artinya, justru artikel-artikel yang terbaik tidak memusingkan keyword dalam pembuatannya.
↑ DAFTAR ISI

Apakah bold, italic, underline, h1, h2, h3, dll. dalam artikel penting untuk SEO?

Untuk SEO, tidak penting.
Semua elemen formatting tersebut tidak akan mensugesti peringkat anda.
Tapi, dengan memakai formatting tersebut secara bijak maka artikel anda akan jadi lebih gampang untuk dinikmati oleh pembaca.
↑ DAFTAR ISI

Seberapa panjang artikel yang manis untuk SEO? Apakah makin panjang makin bagus?

Artikel yang manis yaitu artikel yang dibahas dengan tuntas.
Seberapa pun panjangnya.
Kalau topiknya cukup dibahas dengan singkat, jangan dipanjangkan. Kalau topiknya butuh klarifikasi yang panjang, tuntaskan hingga selesai.
Pada akhirnya yang menentukan yaitu manusia.
Yang sering terjadi ketika ini yaitu orang-orang menentukan topik yang mestinya butuh klarifikasi panjang, tetapi alasannya yaitu malas (atau alasan lain) mereka hanya membahas 500-1000 kata.
Kalau menyerupai itu, pembaca tidak akan puas.
Maka dari itulah yang mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci persaingan tinggi biasanya yang pembahasannya lebih lengkap:

Saya sudah menerbitkan konten setiap hari, tapi kenapa website masih sepi?

Tidak ada hubungannya antara frekuensi konten dengan jumlah pengunjung.
Anehnya, banyak orang yang mengaku pakar menganjurkan para pemula supaya menerbitkan konten minimal sehari sekali.
Salah besar.
Ini beberapa pendapat yang sering muncul, dan koreksi dari saya:
1. “Supaya pengunjung balik lagi alasannya yaitu banyak konten baru” — website gres belum punya pengunjung, jadi akan rugi menciptakan banyak konten.
2. “Website/blog besar menerbitkan banyak konten dalam sehari” — website besar menerbitkan banyak konten alasannya yaitu mereka sudah punya banyak pengunjung dan mereka punya banyak penulis.
3. “Google lebih suka website yang aktif” — menerbitkan konten seminggu atau sebulan sekali juga masih tergolong aktif.
4. “Bikin konten kan nggak lama” — ya, bikin konten yang kualitasnya rendah memang nggak lama. Tapi konten berkualitas rendah ini tidak akan bisa mendapat peringkat tinggi.
Memang tidak salah menerbitkan banyak konten…
…tapi biasanya pemilik website gres tidak akan sanggup menciptakan banyak konten berkualitas dalam waktu singkat.
Lebih baik menciptakan 1 konten berkualitas daripada 10 konten murahan.
Karena itu, jangan habiskan tenaga anda menciptakan banyak konten. Habiskan tenaga anda menciptakan 1 konten yang berkualitas, kemudian targetkan supaya konten ini mendapat peringkat 1.
↑ DAFTAR ISI

Apakah konten gres lebih gampang mendapat peringkat tinggi daripada konten lama?

Freshness memang yaitu salah satu faktor rangking Google.
Singkatnya, yang dipengaruhi hanya topik-topik yang isinya selalu berubah setiap waktu.
Misalnya:
  • Konten yang berubah tiap periode: “harga iphone”, “smartphone terbaik”
  • Event rutin: “world cup”, “klasemen premier league”, “juara indonesian idol”
  • Berita hangat: “demo mahasiswa jakarta”, “kecelakaan di jalur pantura”
Keyword menyerupai itu membutuhkan informasi-informasi yang baru.
Bandingkan dengan keyword seperti: “cara mencuci baju”. Pembahasannya hingga kapanpun tidak akan berubah. Sehingga topik ini tidak butuh konten yang fresh.
↑ DAFTAR ISI

Apakah website dengan banyak konten/halaman akan mendapat peringkat lebih tinggi?

Tidak.
Jangan tertipu ketika melihat website-website besar dengan ribuan konten dan sering menempati peringkat 1.
Ini terbalik.
Jumlah halaman tidak kuat dengan peringkat.
Ini klarifikasi dari Matt Cutts:
Kaprikornus website besar menempati peringkat-peringkat atas bukan alasannya yaitu mereka menerbitkan banyak konten. Tapi alasannya yaitu mereka punya banyak konten, jadi mereka bisa mendapat rangking di banyak keyword.
Hati-hati…
…jangan memalsukan seni administrasi website besar yang menerbitkan banyak konten apabila anda tidak punya banyak penulis.
↑ DAFTAR ISI

Judul halaman/konten saya di hasil pencarian Google berbeda dengan apa yang saya tulis di website. Kenapa bisa begitu?

Wajar.
Banyak website yang diganti title-nya secara otomatis.
Dari analisa yang dilakukan oleh Authority Labs terhadap 111.000 pencarian, ini persentase judul yang diganti oleh Google:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
36% diganti sebagian, dan 25,4% diganti total.
Ada 2 alasannya:
  1. Supaya judulnya lebih relevan dengan keyword
  2. Supaya lebih singkat
Masih dari analisa tadi, judul yang diganti oleh Google biasanya yang mempunyai panjang lebih dari 60 huruf. Kemudian diperpendek menjadi 50-59 huruf:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Oleh alasannya yaitu itu, kalau tidak ingin diganti, pastikan judul anda sudah mengandung keyword dan <title> dibatasi antara 50-59 huruf.
↑ DAFTAR ISI

Ada website lain yang meng-copy artikel saya, apakah ini berbahaya bagi website saya?

Sebenarnya tidak masalah.
Karena Google sendiri biasanya sudah tahu siapa yang lebih dulu menerbitkan konten tersebut. Kaprikornus website anda aman, website mereka yang beresiko.
Tapi kalau mau agak repot, anda bisa mengambil tindakan.
Lakukan ini:
  1. Screenshot konten yang di-copy dan konten aslinya
  2. Catat URL-nya
  3. Hubungi si pemilik website untuk menghapus konten anda
    • Kalau tidak direspon lanjutkan ke langkah 4
  4. Temukan penyedia layanan hosting yang digunakan
  5. Kirimkan email laporan ke penyedia layanan hosting mereka
Kalau websitenya berupa Blogger dari Google, gunakan link ini.
↑ DAFTAR ISI

Apakah deskripsi dan spesifikasi produk di toko online termasuk konten duplikat?

Ini dilema yang dihadapi oleh pemilik toko online.
Sebenarnya ini bukan duduk kasus besar.
Google menyadari bahwa di internet memang ada beberapa hal yang mau tidak mau memang berupa duplikasi.
Seperti spesifikasi produk. Tidak mungkin anda mengubah spesifikasi dari produk yang dijual hanya supaya tidak duplikat dengan website lain.
Tapi ini bisa jadi masalah…kalau isi dari website anda hanya berupa konten duplikat TANPA ada konten embel-embel yang original dari anda sendiri.
Jadi, meskipun anda menulis spesifikasi produk resmi sebaiknya anda memberi embel-embel lain.
Misalnya deskripsi tambahan, foto, video, atau review dari pembeli.
Seperti ini:

Konten saya 100% copy-paste, apakah bisa mendapat peringkat tinggi?

Tidak.
Bahkan konten yang < 50% copy-paste pun tidak akan bisa mendapat peringkat tinggi.
Apabila dilakukan dalam skala besar, upaya menyerupai ini bisa mengakibatkan website anda terkena penalti oleh Google.
Solusinya, lakukan ini:
  • Hubungi si pemilik konten, minta ijin
  • Pasang tag rel=”canonical” menuju konten aslinya untuk mencegah penalti
  • Pasang link menuju artikel aslinya (jangan diberi rel=”nofollow”)

Apakah artikel yang dibentuk dengan spinner bisa mendapat peringkat tinggi?

Tidak, karena:
  • Hasilnya tidak terbaca
  • Merupakan duplikasi
Tidak mungkin ada artikel yang tidak terbaca tapi bisa menempati halaman 1 Google.
↑ DAFTAR ISI

Apakah kondusif menerbitkan ratusan halaman/konten dalam sehari?

Aman, kalau masuk akal.
Misalnya kalau anda memang sengaja menerbitkan ratusan gres secara serentak.
Tetapi kalau ratusan halaman ini akhir copy-paste konten dari website lain, tentunya tidak akan aman.
↑ DAFTAR ISI

Saya tidak bisa/lancar berbahasa Inggris, apakah bisa berhasil mendapat peringkat tinggi apabila saya menulis artikel dalam Bahasa Inggris?

Sulit. Kemungkinannya nol.
Kecuali apabila artikel yang anda buat benar-benar luar biasa hingga orang-orang mengabaikan kesalahan tata bahasa dan ejaan.
Kalau tidak, maka tidak akan bisa.
Tidak mungkin Google menyampaikan peringkat tinggi kepada artikel yang menciptakan pembaca bingung.
↑ DAFTAR ISI

Saya punya 2 konten yang mengincar keyword yang sama. Kenapa hanya 1 yang muncul di hasil pencarian?

Wajar.
Apabila ada 2 artikel dalam 1 website yang mengincar kata kunci yang persis sama, maka Google akan menentukan yang lebih baik untuk di halaman 1.
Kecuali apabila kata kunci tersebut yaitu merk milik anda.
Maka dari itu, ketika menciptakan konten jangan mengincar keyword yang sama persis. Sudah terlanjur? Gabungkan kedua isinya menjadi satu konten yang lebih besar.
↑ DAFTAR ISI

Website saya tidak punya konten, bagaimana caranya supaya bisa mendapat peringkat yang tinggi?

Tidak mungkin website yang tidak punya konten mendapat peringkat tinggi.
Tapi mungkin anda keliru antara konten dan artikel.
Artikel yaitu salah satu jenis konten, tapi konten bukan hanya artikel.
Gambar, audio, video, teks, PDF, file download, game, kuis, dan lain-lain juga termasuk konten. Bukan hanya artikel.
↑ DAFTAR ISI

Bagaimana melaksanakan SEO untuk website yang minim konten menyerupai toko online?

Sebetulnya toko online tidak minim konten.
Foto produk, deskripsi, spesifikasi produk, review, video, dll. juga termasuk konten. Ini bisa anda gunakan untuk mengoptimasi website.
Disamping itu, toko online dan website bisnis jaman kini juga semakin banyak yang menyediakan konten artikel dalam bentuk blog. Tujuannya supaya website mereka bisa menyampaikan manfaat bagi orang lain dan akhirnya mendapat backlink.
Kaprikornus kalau memang mampu, anda juga bisa melaksanakan menyerupai itu.

Konten website saya hasil translate dari konten berbahasa Inggris, apakah website ini bisa sukses?

Bukan tidak bisa…
Pada kenyataannya, bahkan website-website besar di Indonesia pun (sayangnya) ada yang cuma bermodal translate.
…tapi sebaiknya anda menghindari praktek menyerupai ini.
Alasannya?
Ini subyektif, alasannya yaitu saya pribadi sama sekali tidak suka dengan tindakan mengambil karya orang lain tanpa perjuangan sedikitpun untuk mengubah isinya.
Meskipun begitu, tidak (belum) ada aturan resmi ihwal ini.
Kaprikornus semuanya kembali ke moral dan harga diri masing-masing.
Oh ya,
Ada 1 hal yang perlu anda perhatikan.
Kalau anda men-translate website besar, kemungkinan sudah ada orang lain yang melaksanakan hal yang sama.
Kaprikornus konten anda bisa dianggap duplikat.
↑ DAFTAR ISI

Apakah mengambil dan memakai gambar dari website lain berbahaya untuk SEO?

Untuk SEO, tidak.
Tapi bisa berbahaya kalau ternyata gambar yang anda gunakan berlisensi.
Kalau si pemilik gambar melaksanakan tindakan, ada 4 kemungkinan yang bisa terjadi:
  • Anda diminta menghapus secara baik-baik
  • Mereka melaporkan kepada layanan hosting untuk menutup akun anda
  • Mereka melaporkan kepada Google untuk menghapus website anda dari hasil pencarian
  • Anda dituntut membayar
Karena itu, pilih gambar yang memang boleh diterbitkan ulang.
Pilih sajian ini di Google Image Search:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Setelah itu, pasang link sumber gambar ke website yang bersangkutan.
↑ DAFTAR ISI

Seperti apa ciri-ciri apabila website saya terkena penalti?

Salah satu dari berikut ini:
  • Jumlah pengunjung berdasarkan Google Analytics menurun drastis secara tiba-tiba.
  • Lakukan pencarian di Google dengan kata kunci “site:namawebsite.com”, jumlah halaman yang ter-index menurun drastis.
  • Muncul peringatan penalti di Google Search Console (Webmaster Tools).
Jangan memakai tool untuk menyidik penalti, tidak akurat.
↑ DAFTAR ISI

Traffic saya tiba-tiba menurun, apakah saya terkena penalti?

Kalau grafiknya seperti ini, kemungkinan besar anda kena penalti:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Tapi kalau turunnya secara perlahan-lahan, belum tentu…bisa jadi alasannya yaitu ada halaman yang peringkatnya turun.
↑ DAFTAR ISI

Jumlah halaman website saya yang ter-index menurun, apakah saya terkena penalti?

Bisa jadi.
Tapi bagi website baru, jumlah index yang naik-turun sangat wajar.
Google juga secara otomatis akan menentukan halaman mana yang dianggap penting dan tidak penting dari website anda. Yang tidak penting akan dihapus.
Solusinya:
Kalau ada halaman yang berdasarkan anda penting, tapi tidak ter-index, coba berikan link dari halaman-halaman lain di website anda.
↑ DAFTAR ISI
Tool ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan efek backlink yang mencurigakan ke website anda.
Meskipun begitu, lebih baik tidak memakai tool ini hingga ada gejala website anda terkena penalti. Karena dampaknya bisa negatif.
↑ DAFTAR ISI

Saya sudah terlanjur memasang backlink dari spam ke website saya, apa yang harus saya lakukan?

Hentikan prosesnya.
Kemudian kalau ternyata ada gejala website anda terkena penalti, gunakan disavow tool. Kalau tidak, tidak perlu melaksanakan apapun.
↑ DAFTAR ISI

Saya ingin menjual slot iklan di website saya, apa yang harus saya perhatikan?

Jangan hingga mengganggu kenyamanan pengunjung.
Gunakan rel=”nofollow” untuk iklan berupa link.
Kalau keduanya diabaikan, maka website anda bisa beresiko penalti.
↑ DAFTAR ISI

Apakah kontes SEO dan kontes blogging berbahaya?

Bagi penyelenggara kontes, berbahaya.
Terutama apabila anda menyuruh partisipan untuk memasang link dengan anchor yang dioptimasi untuk SEO.
Kontesnya sendiri tidak masalah. Karena itu, ada baiknya anda meminta partisipan untuk memasang rel=”nofollow” di dalam link yang mereka pasang ke website anda.
Bagi partisipan, terlalu sering mengikuti kontes SEO juga bisa berakibat penalti.
Selain kontes, ini juga berlaku untuk review berbayar, advertorial, dan native advertising.
↑ DAFTAR ISI

Google akan mengeluarkan update algoritma baru, apakah website saya terancam bahaya?

Tidak perlu panik…
Ingat:
Google sebagai mesin pencari ingin selalu menampilkan hasil-hasil pencarian terbaik bagi pengguna. Update algoritma di masa depan nanti akan selalu mengarah kepada 1 tujuan ini.
Apakah anda sudah menyediakan hasil terbaik?
Kalau sudah, berarti anda akan kondusif dari update algoritma manapun!
Tapi kalau anda melaksanakan yang sebaliknya, kalau anda menyediakan konten-konten berkualitas rendah kemudian memanipulasi Google supaya konten anda muncul di halaman pertama…silahkan panik.
↑ DAFTAR ISI

Saya (atau website lain) memakai teknik black hat, backlink-nya spam, dan kontennya copas. Kenapa tidak terkena penalti?

Bukannya tidak kena…tapi belum kena.
Google yaitu mesin, bukan manusia. Algoritma mereka belum sempurna.
Pastinya ada beberapa yang lolos dan yang belum bisa dideteksi.
Tapi manusia-manusia yang bekerja di Google akan selalu bekerja meningkatkan kualitas si mesin pencari. Bahkan mungkin suatu ketika nanti Google bisa secanggih manusia, siapa tahu?
Pertanyaannya kembali kepada anda:
Apakah mau terus kejar-kejaran dengan Google?
↑ DAFTAR ISI

Website saya kena penalti/sandbox! Bagaimana cara supaya kembali menyerupai semula?

Saya akan terang-terangan:
Tidak ada cara yang terjamin untuk bisa keluar dari penalti Google.
Kaprikornus kalau website anda masih relatif baru, dan anda merasa sudah melanggar banyak aturan Google…saya sarankan lebih baik buat website baru.
Daripada pusing.
Tapi kalau website anda sudah “matang”…kalau website ini merupakan bisnis anda yang sama sekali tidak tergantikan. Dan kalau anda terkena penalti alasannya yaitu ketidaksengajaan…mungkin masih ada harapan.
Pertama, ketahui dulu jenis penalti yang anda alami.
Secara umum ada 3:
  1. Manual action
  2. Panda
  3. Penguin
Manual action artinya anda tertangkap tangan oleh orang dari Google bahwa anda telah melanggar aturan.
Penalti dari algoritma Panda berarti konten anda bermasalah, dan Penguin berarti backlink-nya. Biasanya alasannya yaitu kualitasnya rendah.
Coba dipikirkan kembali, kira-kira yang mana.
Kemudian perbaiki.
Untuk manual action, anda akan mendapat peringatan dari Search Console beserta apa yang harus anda lakukan. Ikuti instruksinya kemudian ajukan reconsideration request.
Sedangkan Panda dan Penguin tanpa peringatan.
Untuk Panda, perbaiki seluruh kualitas konten anda. Pastikan konten-konten yang ada miliki yaitu yang terbaik dibandingkan semua yang ada di halaman 1 Google.
Untuk Penguin, (kalau bisa) hapus semua backlink berkualitas rendah yang mengarah ke website anda. Kemudian lakukan disavow.
Setelah itu anda hanya bisa menunggu hingga dikeluarkan.
Sekali lagi, tidak ada yang bisa menjamin.
↑ DAFTAR ISI

Apakah keyword di domain kuat terhadap rangking?

Berpengaruh, tapi pengaruhnya kecil.
Mari kita lihat grafik dari Moz ini:
Ini yaitu rata-rata jumlah EMD (Exact Match Domain) di 10 besar hasil pencarian. Misalnya untuk keyword “beli buku” maka domainnya belibuku.com, belibuku.net, atau belibuku.org.
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Hanya 3%.
Artinya rata-rata EMD hanya muncul setiap 3-4 kali pencarian. Sangat sedikit.
Kaprikornus anda tidak perlu pusing dengan keyword di domain kalau memang tidak mungkin. Lagipula, ketika menciptakan halaman atau konten gres URL-nya tetap bisa mengandung keyword.
↑ DAFTAR ISI

Bagaimana cara menentukan domain yang manis untuk SEO?

  • Namanya gampang diingat
  • Tidak terlalu panjang, sebisa mungkin di bawah 15 huruf
  • Mengandung keyword, tetapi tetap lezat dibaca
  • Tidak mengandung hyphen (tanda hubung, -), alasannya yaitu sering digunakan oleh spammer

Ekstensi domain mana yang manis untuk SEO?

Sebisa mungkin, gunakan gTLD.
Contohnya: .com, .org, .net.
Ada juga ccTLD (domain negara) yang dianggap sebagai gTLD. Ini beberapa yang cukup populer: .co, .me, .io, dan lain-lain.
Utamakan .com di atas ekstensi lain, alasannya yaitu orang-orang lebih terbiasa memakai .com dibandingkan yang lain. Kecuali kalau anda sama sekali tidak bisa mendapat .com.
↑ DAFTAR ISI

Lebih manis mana, .co.id (ccTLD) atau .com (gTLD)?

Kalau anda menciptakan website dalam Bahasa Indonesia dan sasaran audiens anda yaitu orang Indonesia, tidak ada bedanya antara .co.id dan .com.
Tetapi kalau sasaran audiens anda orang luar negeri, ada perbedaan besar.
Secara umum, Google tidak mengutamakan ccTLD yang berasal dari negara luar. Maka kalau anda memakai .co.id maka akan lebih sulit mendapat rangking yang manis ketika dicari oleh orang luar negeri.
Kecuali apabila website anda memang sudah mempunyai reputasi tinggi.
↑ DAFTAR ISI

Apakah hosting kuat terhadap SEO?

Ya.
Salah satu faktor rangking yang sudah dikonfirmasi pribadi oleh Google yaitu kecepatan website. Hosting memegang peranan terbesar dalam masalah ini.
Tidak semua hosting mempunyai kualitas yang sama.
Jangan memakai hosting dengan kualitas yang rendah, alasannya yaitu akan berdampak buruk secara pribadi maupun tak pribadi terhadap SEO.
Bukan hanya itu,
Kalau website anda untuk orang Indonesia, ada baiknya memakai server Indonesia (atau sekitarnya) supaya kecepatannya tinggi.
Sedangkan kalau website anda untuk orang US, gunakan server US (atau sekitarnya).
↑ DAFTAR ISI

Apakah saya harus memakai SSL atau https:// untuk meningkatkan rangking di Google?

Google mengumumkan bahwa SSL yaitu salah satu faktor rangking. Jadi memang betul bahwa SSL bisa meningkatkan rangking website anda di Google.
Tapi, pengaruhnya kecil. Sangat kecil.
Berikut pernyataan resmi Google yang dikutip Search Engine Land:
Google says this gives websites a small ranking benefit, only counting as a “very lightweight signal” within the overall ranking algorithm. In fact, Google said this carries “less weight than other signals such as high-quality content.”
Lalu, apakah percuma memakai SSL?
Tidak juga…
Fungsi utama SSL bukan untuk SEO tetapi sebagai “pelindung” website dan pengguna website anda ketika terjadi pertukaran data, menyerupai ketika login misalnya.
Kaprikornus pertimbangan memakai SSL sebaiknya tidak didasarkan pada SEO melainkan keamanan.

Apa saja yang termasuk black hat SEO?

Ada banyak, ini yang paling sering digunakan untuk manipulasi rangking:
  • Spam komentar blog & trackback, dengan atau tanpa software
  • Membuat blog khusus untuk memasang link ke website utama
  • Membuat web 2.0 untuk memasang link ke website utama
  • Memperlihatkan konten yang berbeda antara user dan mesin pencari
  • Redirect 301 dari domain yang expired
  • Duplikasi konten
  • Spam ke social media
  • Spam ke direktori artikel/website
  • Auto Generated Content (AGC)

Apakah black hat SEO ilegal?

Tidak juga.
Tidak ada hukum-hukum yang melarang penerapan black hat SEO.
Praktisi black hat SEO dunia juga banyak membantu white hat SEO dalam menemukan faktor-faktor rangking yang tidak diumumkan oleh Google.
Masalahnya di sini:
Banyak pemula yang tidak tahu apakah mereka sebaiknya memakai black hat atau tetap bertahan di white hat. Ini diperparah dengan banyaknya praktisi black hat, terutama mereka yang menjual jasa/layanan, mensugesti para pemula.
Meskipun terdengar menggiurkan, dan beberapa orang memang menentukan black hat daripada white hat…tapi tidak semua orang/bisnis cocok dengan teknik tersebut.
Untuk paham lebih lanjut, baca pertanyaan-jawaban di bawah ini:

Apakah dengan black hat SEO peringkat website lebih cepat naik daripada white hat SEO?

Beberapa teknik black hat SEO memang betul-betul bisa meningkatkan website dengan cepat. Dengan memanfaatkan celah algoritma Google yang tidak sempurna.
Tapi resikonya juga besar.
Praktisi black hat SEO yang menyerupai itu sadar bahwa website yang mereka buat akan segera terkena penalti dalam hitungan hari/minggu.
Dalam waktu singkat itulah mereka mengambil laba secepat-cepatnya.
Setelah penalti, prosesnya diulangi lagi dari awal.
Ada 1 tipe lagi:
Black hat yang lebih soft, beberapa orang mengistilahkan “Grey Hat”.
Praktisi black hat tipe kedua ini menciptakan konten sungguhan untuk website (terlepas dari kualitasnya), tetapi mereka tidak melaksanakan pemasaran menyerupai white hat.
Mereka menggunakan PBN dan software backlink.
Karena lebih halus, masa hidup website-nya lebih panjang. Meskipun tetap saja tidak terlepas dari resiko penalti.
Mengenai kecepatan rangking, tidak jauh berbeda dengan white hat…
…tetapi prosesnya bisa di-semi-otomatis-kan.

Kalau bisa berhasil dengan black hat, untuk apa saya berguru white hat SEO?

Untuk masa depan.
Kita tidak akan tahu kapan metode black hat akan “mati”.
Meskipun para praktisi black hat selalu menemukan celah-celah baru, tapi lama-kelamaan celah ini akan semakin sempit.
Kalau anda galau menentukan white atau black, pikirkan ini:
Apa kiprah SEO bagi anda?
Kalau SEO yaitu seni administrasi yang anda lakukan untuk mendapat pengunjung, membuatkan bisnis, dan meningkatkan penghasilan, sebaiknya anda di jalur white hat.
Tapi kalau proses SEO itu sendiri yaitu bisnisnya, maka anda di black hat.
Artinya, ketika celah-celah algoritma Google ditutup, maka anda akan terus-menerus mencari celah lain. Kalau tidak maka sumber pendapatan anda lenyap, bisnisnya pun mati.

Bisakah bersaing dengan website yang mengandalkan black hat apabila kita hanya mengandalkan white hat?

Kalau black hat itu menyerupai lari sprint, maka white itu lari maraton.
Meskipun mengenai kecepatan rangkingnya bisa diperdebatkan, tapi alasannya yaitu black hat SEO mengandalkan teknik yang melanggar aturan maka mereka punya umur hidup yang pendek.
Sebaliknya, white hat tidak punya resiko penalti.
Selain itu, ketika ini dengan black hat anda bisa mendapat rangking yang tinggi dengan lebih cepat untuk kata kunci yang persaingannya menengah-rendah.
Tapi untuk kata kunci persaingan tinggi, black hat tidak akan bisa mengalahkan white hat.
Karena belum hingga di puncak sudah digusur oleh Google.
Maka dari itulah 90% website yang ada di internet ketika ini memakai white hat.

Apakah saya butuh jasa SEO?

Tergantung.
Ini yaitu kiprah yang dilakukan seorang penyedia jasa SEO:
  • Riset kata kunci
  • Membenahi struktur website
  • Memberikan masukan teknikal SEO
  • Merencanakan strategi konten
  • Melakukan pemasaran konten
  • Me-manage SEO
  • Memberikan training
Kalau anda tidak membutuhkan semuanya, berarti anda tidak butuh jasa SEO.

Saya ingin memakai jasa SEO, apa yang perlu saya ketahui?

Pertama, jangan memakai jasa SEO yang menyampaikan backlink.
Tanyakan kepada si penyedia jasa SEO, menyerupai apa proses yang akan mereka lakukan. Kalau mereka menyebutkan bahwa mereka akan menyampaikan backlink, jangan dilanjutkan.
Kedua, jangan memakai yang bisa menjanjikan peringkat tertentu.
Tidak ada yang bisa menjamin peringkat 1.
Ketiga, jangan menentukan jasa SEO hanya alasannya yaitu mereka muncul di halaman pertama untuk kata kunci “jasa SEO”.
Rangking di Indonesia masih gampang dimanipulasi, yang muncul pertama tidak selalu yang terbaik.
Keempat, minta studi masalah atau acuan dari klien-klien terdahulu.
Jangan terlalu cepat percaya dengan testimonial yang ada di halaman website mereka. Kalau bisa, lihat pribadi apa yang terjadi dengan website klien mereka.
Terakhir, baca panduan dari Google ini.

Dengan budget Rp ____, apa yang bisa saya lakukan untuk SEO?

Pertimbangkan memakai jasa SEO, hindari memakai jasa backlink.
Kalau anda sama sekali buta ihwal SEO, ada 3 yang bisa dilakukan:
  • Ikuti kursus yang terpercaya (atau belajar di sini)
  • Bayar seseorang yang jago untuk melaksanakan riset & meningkatkan secara optimal on-page
Setelah itu, buat seni administrasi konten.
Kalau anda punya budget tinggi, serahkan kepada mereka yang jago menciptakan konten. Kalau tidak, rekrut freelancer dan berikan pembinaan singkat.
Selanjutnya:
Prioritasnya dari atas ke bawah sesuai budget.

Mengapa di Google Analytics saya ada referrer dari website yang tidak dikenal?

Ini yaitu referrer spam, atau spam bots.
Yang umum biasanya website-website ini:
 banyak hal yang menciptakan kita galau dan takut 110+ Pertanyaan Tentang SEO yang Paling Sering Ditanyakan, Beserta Jawabannya
Mereka bukan pengunjung sungguhan.
Pemilik website-website tersebut ingin mendapat perhatian anda, supaya anda mengunjungi website mereka.
Baca salah satu panduan berikut untuk mem-filter referrer spam:

Selain SEO, apa yang bisa saya pelajari supaya website saya sukses?

SEO yaitu sebagian kecil dari digital marketing.
Pertama, sumber traffic bukan hanya mesin pencari, masih banyak yang lainnya.
Maka untuk mendukung SEO, pelajari juga mengenai social media marketing, dan paid marketing.
Kedua, sehabis traffic datang, apa yang kita lakukan?
Tentunya tujuan utama anda bukan hanya mendatangkan traffic, melainkan untuk meningkatkan penjualan, membuatkan bisnis, dan pada akhirnya mendapat penghasilan.
Jadi, jangan berhenti hanya menjadi praktisi SEO…
…jadilah seorang marketer.
Ini beberapa skill yang bisa anda pelajari selanjutnya:
  1. Copywriting
  2. Conversion Rate Optimization
  3. Content Marketing
  4. SEO
  5. PPC
  6. Email Marketing
  7. Social Media Marketing
  8. Blogging
  9. Analytics
  10. Growth Hacking
  11. User Acquision & Retention
  12. Branding & Positioning

Ada pertanyaan yang belum terjawab?

Silahkan tulis pertanyaan anda melalui komentar di serpihan bawah halaman ini apabila ada pertanyaan yang belum terjawab.

Related Posts

Post a Comment