Report Abuse

Stats

Comment

Larangan Perempuan Mirip Lelaki

Post a Comment

Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'anhu, beliau menceritakan.
"Artinya : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat orang pria yang bersikap mirip perempuan dan perempuan mirip laki-laki".
Sedangkan dalam riwayat yang lain disebutkan.
"Artinya : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat orang pria yang mirip perempuan dan perempuan yang mirip laki-laki". (Hadits Riwayat Bukhari)
Hadist di atas memperlihatkan kepada kita larangan bagi pria untuk mirip wanita, baik itu dengan cara melembutkan bunyi maupun dengan menirukan gerakan, pakaian, perhiasan, dan lain sebagainya dari huruf kewanitaan. Dan memperlihatkan larangan bagi perempuan untuk mirip laki-laki, baik itu dengan cara mengkasarkan suaranya maupun dengan cara memalsukan gerakan dan pakaian mereka.
Musuh-musuh Islam telah berusaha menggunakan cara yang sangat jelek untuk merusak Islam dan menghancurkan iman yang bersemayam dalam diri para pemeluknya dengan cara menyebarluaskan pakaian-pakaian perempuan yang mirip pakaian laki-laki, contohnya celana, kemeja, jaket dan bahkan sepatu. Padahal mereka semua mengetahui bahwa Islam melarang perempuan mirip laki-laki. Penyerupaan perempuan mirip orang pria merupakan awal dari cara perusakan agama Islam dalam diri perempuan Muslimah.
Mengapa perempuan dihentikan melaksanakan itu ??
Karena mereka memiliki kedudukan sebagai isteri, saudara dan sekaligus ibu rumah tangga.
Tidak diragukan lagi, sebagai seorang istri, perempuan akan memperlihatkan imbas terhadap suaminya, saudara dan putera-puterinya. Apabila perempuan itu baik, maka akan memperlihatkan imbas positif, dan apabila rusak maka akan memperlihatkan imbas negatif. Wanita merupakan tiang umat, apabila beliau baik maka seluruh umat akan baik dan sebaliknya apabila rusak maka akan rusak pula seluruh umat.
Sedangkan alasan penyerupaan itu, alasannya yaitu penyerupaan perempuan mirip orang pria merupakan tindakan yang keluar dari fitrahnya sebagai perempuan yang telah diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla. Penyerupaan ini termasuk dosa besar, alasannya yaitu adanya laknat bagi pelakunya.
Yang paling selamat bagi setiap perempuan Muslimah yaitu memelihara fitrah yang telah diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala baginya, tidak mirip pria dalam segala hal, meski dalam hal menggunakan sandal sekalipun.
Dari Ibnu Abi Malikah, beliau berkata : Dikatakan kepada Aisyah Radhiyallahu Anha, "Ada seorang perempuan yang menggunakan sandal". Maka Aisyah berkata. "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat perempuan yang mirip laki-laki". (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud (4099) melalui Ibnu Juraij, dari Abu Abi Malikah

Disalin dari buku 30 Larangan Bagi Wanita, oleh Amr Bin Abdul Mun'in terbitan Pustaka Azzam - Jakarta.

Related Posts

Post a Comment