Report Abuse

Stats

Comment

11 Tips & Trik dasar yang setiap pengguna Android harus tahu

Post a Comment
Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Tips & Trik Android dasar yang setiap pengguna Android harus mengetahuinya. Tips & Trik Android ini mungkin berguna utuk optimasi perangkat android anda baik dari segi keamanan, wallpaper dan hal-hal kecil yang mungkin tidak pernah terpikirkan, berikut tipsnya.

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar  11 Tips & Trik dasar yang setiap pengguna Android harus tahu

11 Tips & Trik dasar yang setiap pengguna Android harus tahu


1. INSTAL APLIKASI ANTIVIRUS

Dengan hanya beberapa klik di sini dan di sana, hacker dapat dengan mudah masuk ke komputer Anda dan mencuri informasi pribadi Anda. Hal yang sama juga terjadi pada smartphone Anda. Salah satu hal pertama yang ingin Anda lakukan dengan Android baru Anda adalah untuk memastikan keamannya.

Jika diperlukan anda dianjurkan untuk menambah aplikasi antivirus seperti Lookout dan / atau avast! Mobile Security untuk perlindungan terbaik. Download 4 Antivirus Android Terbaik dan Gratis

2. MENGATUR KODE SANDI

Sebuah kode sandi sangat penting untuk dimiliki. Pikirkan tentang hal ini: Telepon akan menyimpan harta karun berupa informasi pribadi yang pencuri akan senang untuk mencuri data Anda. Anda tidak ingin membuat hal-hal mudah bagi mereka.

Itu sebabnya Anda tidak ingin memasang sembarang kode sandi. Penggunaan kata sandi yang mudah ditebak seperti 0000 atau 1234 membuat smartphone anda mudah buka.

Tidak hanya sandi, pada smartphone android dibekali dengan beberapa pilihan pengaturan keamanan seperti penetapan nomor pin, password atau bahkan menghubungkan pola. Pada versi yang lebih baru dari Android, Anda juga memiliki pilihan untuk "Face" atau "Wajah dan pembuka suara.


3. HEMAT BATERAI

Menghemat baterai itu memang sangat penting apalagi jika anda jauh dari rumah dan dalam situasi yang ribet atau denting, jadi gunakanlah baterai anda semestinya, atau dengan cara menghemat baterai saya akan membagikan sedikit informasi kepada anda bagaimana cara nya menghemat baterai ponsel anda.  Berikut beberapa tips menhemat baterai android :

  • Matikanlah data jika tidak sedang bermain ke dunia maya Ini adalah salah satu menghemat baterai anda jika anda sedang tidak melalukan aktifitas didunia maya hendaknya matikan paket data anda.
  • Matikanlah wi-fi jika tidak di arena hotspot ini juga penting kaarena setiap anda mengaktifkan wifi akan membuat tenaga kerja baterai bertambah lebih besar hal ini bisa membuat baterai anda cepat habis.
  • Gps di matikan  jika tidak sedang mencari lokasi ini juga bisa mengakibatkan boros baterai karena menggunakan internet.
  • Matikan bluetooth jika tidak sedang mengirim atau menerima file data,gambar, atau mp3
  • Gunakan mode pesawat  jika anda tidak peduli dengan sms, dan telpon yang masuk. Karena mode pesawat adalah mematikan sim anda secara sementara sesuka anda.

Baca juga : Penyebab Baterai Android Cepat Boros


4. AMBIL SCREENSHOT

salah satu hal yang paling sederhana dilakukan pada komputer: Hanya tekan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot. Cara mudah juga ada pada smartphone Anda !

Tapi Anda akan terkejut betapa banyak orang tidak tahu bagaimana melakukan trik sederhana ini. Ini semudah menekan tombol power dan tombol volume bawah pada waktu yang sama.


5. MEMANTAU DATA ANDA

Dengan sebagian besar penyedia seluler, rencana data wajib dengan pembelian smartphone apapun. Sayangnya, rencana data biaya cukup sedikit dan tidak mendapatkan banyak data.

Android membantu Anda melacak penggunaan data Anda dan menentukan batas-batas sebelum Anda menggunkan data.

Buka Pengaturan >> Data Usage. Anda dapat mengatur siklus penagihan, batas data dan ketika Anda mendapatkan peringatan. Anda juga dapat melihat berapa banyak data yang Anda gunakan dan aplikasi menggunakan paling banyak menghabiskan data.

Jika Anda menekan tombol Settings pada Data Usage Anda dapat mengaktifkan "Membatasi Background Layanan" pilihan. Hal ini akan memaksa gadget untuk melakukan update melalui Wi-Fi saja bukan melalui selular yang mungkin akan menghabiskan pulsa anda. baca juga Trik Internet Gratis Dengan Android

6. MENGAKTIFKAN ATAU MENONAKTIFKAN TAMPILAN LANDSCAPE

Hal ini mungkin dapat mengganggu ketika sedang mengetik pesan atau browsing online dan tiba-tiba layar berputar karena posisi miring gadget anda. Pilihan untuk beralih antara tampilan potret dan lansekap memang bagus, tapi kadang-kadang gadget Anda sedikit terlalu sensitif.

Untungnya, Anda dapat menonaktifkan pengaturan ini dan mengunci ponsel Anda ke modus potret jika Anda ingin.

Buka Pengaturan >> Tampilan dan hapus centang "layar memutar Auto." Dalam beberapa versi jika mungkin di bawah Pengaturan >> Tampilan >> Orientasi.

7. MENAMBAH DAN MENGUBAH WALLPAPER

Anda tidak harus tetap dengan wallpaper default pada gadget Anda. Ada banyak pilihan lain, dan tidak membuat ponsel merasa lebih personal daripada memilih latar belakang Anda sendiri.

Hanya tekan dan tahan area kosong di layar awal Android. Anda akan melihat menu pop-up yang mengatakan "Set Wallpaper." Dalam versi, Anda dapat memilih untuk mengatur wallpaper untuk layar awal, layar kunci Anda atau keduanya.

Kemudian Anda akan mendapatkan pilihan di mana untuk mendapatkan wallpaper. Anda dapat menarik dari foto Anda, wallpaper hidup atau folder wallpaper.

Berhati-hati sebelum menggunakan Live Wallpaper sekalipun. Karena live wallpaper adalah animasi atau gambar bergerak dan dapat secara dramatis menguras baterai Anda dan bahkan memperlambat scrolling Anda.

8. DOWNLOAD APLIKASI PENTING

Ada jutaan aplikasi di Google Play Store. Mulailah dengan mendownload aplikasi penting untuk menunjang kinerja android selain itu aplikasi lain yang dianggap penting adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan manajemen android itu sendiri seperti File Manager,  Browser, pembuka gambar atau video, pemutar musik. Namun kebanyakan aplikasi multimedia dan file manager sudah tersedia pada setiap gadget. Namun tidak salahnya anda mencoba mendownload apklikasi lain dari pihak ketiga yang mungkin mempunyai fitur lebih lengkap. Adapun aplikasi android yang wajib terinstal di hp android anda antara lain :

  • File Manager
  • Anti Virus
  • Browser
  • Social Media
  • Aplikasi Untilitas
  • Document Reader
  • Kamera dan Multimedia Player
  • SMS dan Chatting
  • Games
Selain Google Play Store ada juga Market Top lainya selain Google Play, baca 6 Market Alternatif Top Selain Google Play

9. UNINSTALL APLIKASI YANG TIDAK DIPERLUKAN

Whoops! Anda tidak ingin aplikasi itu, Anda ingin yang satu ini. Itu tidak berarti Anda terjebak dengan aplikasi yang salah selamanya.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, pergi ke Settings >> Manajer aplikasi. Ketuk pada sebuah aplikasi dan kemudian tekan tombol Uninstall.

Aplikasi bawaan pabrik pada ponsel anda tidak memiliki opsi ini. Tetapi anda hanya dapat menghapusnya dari layar utama.

Untuk melakukan hal ini, tekan dan tahan ikon aplikasi pada layar utama sampai tempat sampah muncul di bagian atas layar. Tarik ikon ke tempat sampah dan ikon aplikasi akan dihapus.

10. CARI PONSEL ANDA JIKA HILANG ATAU DICURI

Lupa tempat menyimpan ponsel Anda bisa membuat frustasi, Device Manager Android adalah sebuah aplikasi yang sangat berharga untuk dimiliki dalam situasi ini. Anda dapat melacak gadget Anda dengan bantuan GPS sehingga Anda dapat mengathui posisi ponsel anda. Jika ponsel Anda hanya hilang, Anda dapat membuatnya berdering pada volume penuh atau menampilkan pesan pada layar kunci.

Jika Anda tidak mengunci ponsel Anda, Anda dapat mengunci secara remote dengan password baru. Tentu saja, pencuri cerdas akan menggunakan waktu itu untuk mengambil alih. Dalam kasus terburuk, Anda dapat menghapus informasi pribadi dari gadget Anda. Dengan begitu sang pencuri tidak dapat mengambil data anda dari ponsel yang dicuri.

11. MODE PESAWAT

Banyak orang yang masih belum Tahu tentang Kegunaan dari Airplane Mode atau mide pesawat itu,J ika di lihat dari keperluan sepertinya AirPlane mode jarang di butuhkan dan jarang sekali diaktifkan dilihat dari kegiatan masing - masing orang tersebut , hampir di setiap perangkat mobile Airplane mode dapat ditemui. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan akses ke beberapa fitur berbeda tanpa menimbulkan gangguan transmisi frekuensi radio yang dapat mengganggu jalannya penerbangan pesawat terbang. Mode pesawat juga berguna jika anda ingin menonaktifkan semua koneksi jaringan ke ponsel tetapi anda masih bisa menggunakan handphone anda diluar koneksi.

Untuk Mengaktifkan Airplane Mode pada perangkat mobile,  Anda cukup menekan lama pada tombol power gadget anda dan setelah itu akan muncul 3 opsi yaitu matikan daya, mode pesawat dan reboot. Pilihlah mode pesawat untuk mengaktifkan fitur ini.

Selain buat Keselamatan penerbangan, penggunaan fitur ini juga di anjurkan jika berada di area pengisian bahan bakar kendaraan.

Demikianlah Tips & Trik Android dasar yang setiap pengguna Android harus mengetahuinya, semoga bermanfaat,,

Related Posts

Post a Comment