Report Abuse

Stats

Comment

Penyebab Baterai Android Cepat Boros

Post a Comment

Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan dari perangkat android adalah borosnya baterai Penyebab Baterai Android Cepat Boros

Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan dari perangkat android adalah borosnya baterai, namun kita tidak perlu cepat-cepat berasumsi bahwa semua smartphone android boros baterai karena banyak sebab lain yang menguras baterai android, apa sajakah itu simak penjelasan berikut.

 

 Penyebab baterai boros



Beberapa masalah yang menyebabkan konsumsi daya baterai android boros diantaranya,

1.     Ponsel android tetap/selalu terhubung ke internet

Aplikasi penerima sinyal Internet yang tertanam di android akan selalu aktif untuk mencari/mendapatkan dan melakukan sinkronisasi kejaringan internet. Apalagi secara tidak langsung aplikasi-aplikasi yang di install dari pihak ketiga juga akan selalu terkoneksi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab ponsel Android boros baterai.

2.     Background process

Aplikasi yang berjalan di background juga banyak mengkonsumsi baterai. Akibatnya baterai cepat habis karena aplikasi yang berjalan “dibelakang layar”. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background dapat menggunakan aplikasi Task manager atau aplikasi pernghemat baterai seperti DU Battery.

3.     Theme & wallpaper

Aplikasi-aplikasi yang menampilkan animasi seperti launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena Prosesor akan bekerja extra untuk menampilkan animasi tersebut.

4.     Sinyal lemah

Kondisi sinyal telepon yang tidak menentu juga dapat mengakibatkan borosnya baterai Smarphone Android Anda. Jika sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut.

5.     Spesifikasi

Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dan lainnya.

6.     Waktu pemakaian

Perilkau User/pengguna sendiri merupakan faktor utama yang menyebabkan baterai perangkat cepat habis. Apalagi sekarang ini berbagai macam Aplikasi dan permainan canggih hadir di ponsel Android yang membuat pengguna tidak sadar akan cenderung menggunakannya secara terus menerus sehingga menguras baterai android.

Baca juga : 10 Tips cara merawat baterai Laptop yang baik dan benar


Pencarian Populer :


Related Posts

Post a Comment