Report Abuse

Stats

Comment

Tips Mengatasi Smartphone atau HP yang Terkena air

Post a Comment





1. Amankan Ponsel Dari Air Secepat Mungkin

Jika ponsel atau perangkat android anda jatuh dan terendam dalam air, maka hal pertama yang hurus anda lakukan adalah mengeluarkan posel sesegera mungkin dari air. Hal ini bertujuan agar air tidak terlalu masuk ke dalam komponen ponsel atau perangkat android anda. Secara umum beberapa casing ponsel atau gadget android memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal tersebut hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik. Air yang sempat masuk dapat merusak komponen/IC yang terdapat dalam Ponsel dan akan menjadi panas akibat hubungan singkat yang terjadi, Karena air sendiri adlah penghantar listrik yang sangat baik.

2. Segera Lepaskan Baterai

Jika Ponsel kecebur kedalam air dalam posisi masih menyala. Maka segera matikan ponsel dan lepaskan segera baterai dari ponsel. Baterai merupakan sumber daya bagi ponsel. Dengan melepaskan baterai, maka secara otomatis sumber daya akan terputus. Memutuskan aliran daya ke ponsel merupakan langkah utama meminimalisir kerusakan ponsel.

3. Keluarkan Kartu SIM Dan kartu SD

Simcard ataupun kartu MicroSD memang tidak terlalu berbahaya jika terkena air. Karena didalamnya tidak banyak terdapat komponen elektronik, tetapi hanya berupa chip. Namun sebaiknya keluarkan Simcard ataupun Kartu SD untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data akibat koslet komponen yang ada didalam ponsel.

4. Keringkan Ponsel atau HP
Gunakan tissue atau kain yang menyerap air untuk mengusap dan membersihkan air pada permkaan ponsel. Balut dengan tissue atau kain setiap komponen dari perangkat yang dibongkar tadi dengan untuk menyerap sisa air yang masih tertinggal. Hindari menggunakan hair dryer, karena hair dryer mengeluarkan panas yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen HP.

5. Rendam di dalam beras

Beras adalah benda yang sangat efektif dalam menyerap cairan. Cobalah rendam ponsel yang terkena air kedalam beras kelih kurang 30 menit. Cara ini bisa menyerap air di sela sela yang tidak bisa dijangkau oleh kain lap.  


Pencarian Populer :

Related Posts

Post a Comment