Report Abuse

Stats

Comment

Menerapkan Copywriting Pada Landingpage Blog

Post a Comment

Ngeblog itu identik dengan menulis. Supaya pembaca betah dan mengetahui apa isi tulisan yang kita sampaikan maka alangkah lebih baiknya kalau goresan pena tersebut memakai copywriting. 

Begitu juga dengan landing page. Semakin kaku dan kata-kata yang disusun maka untuk mendapatkan konversi yang tinggi akan susah dicapai. Maka dari itu kita mesti mempelajari copywriting.

Apa sih copywriting? 

Copywriting ialah teknik yang dipakai untuk merayu atau membujuk pembaca supaya mau melakukan sesuatu hal yang kita perintahkan dalam suatu goresan pena. Perintah apapun yang bertujuan untuk menciptakan konversi dari suatu goresan pena. 

Dalam hal ini misalkan landing page. Seperti berbelanja suatu produk, berlangganan layanan, mendaftar dan lain sebagainya.

Awalnya teknik ini dipakai hanya pada pengerjaan billboard, advertorial atau iklan secara offline saja. Tapi sebab dunia digital makin maju maka copywriting menjadi salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. 

Bahkan saat ini bukan hanya tulisan yang menggunakan copywriting. Video, podcast atau mengajar pribadi pun mampu menggunakan copywriting.

Contoh Copywriting AIDA 

Ada dua formula penulisan copywriting yang paling populer ketika ini. Yaitu AIDA dan FAB. Keduanya kita diskusikan di bawah ini.

1. AIDA ( Attention, Interest, Desire & Action)

Trik menulis artikel dari nol

2. FAB (Feature, Advantage, Benefit)

 Supaya pembaca betah dan memahami apa isi tulisan yang kita sampaikan maka alangkah lebih Menerapkan Copywriting pada Landingpage Blog

Membuat kalimat penawaran yang menarik kadang mudah-mudah susah. Makanya formula AIDA dan FAB ini dibentuk. Agar kita tahu rumus untuk menyusunnya. 

Nah pada formula yang kedua ini kita bisa membuat kalimat copywriting dengan menjelaskan apakah produk atau layanan yang kita tawarkan mampu menuntaskan problem yang diinginkan oleh target market atau tidak. 

Contohnya begini, saat kita membuat kalimat penawaran untuk iklan skincare kita fokus menerangkan fitur : 

● Produk yang dibuat dari bahan abc 

● Terdiri dari kandungan abc 

● dan lainnya 

Padahal yang sasaran market harapkan saat menggunakan skincare hanya satu.

Misalkan memakai serum maka faedah atau solusi yang diharapkan adalah : 

● Apakah bisa mencerahkan wajah dengan segera? 

● Apakah mampu menetralisir bekas bengkak atau tidak? 

Makara, sesederhana itu. Maka cara kerja formula yang kedua ini ialah : 

Feature : menerangkan spesifikasi produk atau layanan Kita ambil pola pada smartphone. 

Feature yang ada pada ponsel pintar lazimnya : 

- 5000mAh battery 

- Kamera 32 megapixel 

Advantage : menerangkan kelebihan dari fitur Keunggulan dari fitur di atas yakni : 

- 5000mAh battery : pemakain smartphone jadi lebih lama 

- Kamera 32 megapixel : gambar yang dihasilkan lebih cantik 

● Benefit : menjelaskan manfaat apa yang didapat Lalu manfaatnya apa ?

- (F) 5000mAh battery 

- (A) pemakain smartphone jadi lebih usang 

- (B) jadi, gak khawatir lagi datang-datang lowbat saat bepergian jauh dan tidak membaca charging 

- (F) Kamera 32 megapixel 

- (A) Gambar yang dihasilkan lebih elok 

- (B) Makara lebih PD bila posting foto di IG, hehe Begitulah cara kerjanya, jadi sebutkan fitur kemudian keunggulan dan manfaat apa yang ditemukan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

helmykediri.www.com 


Sumber http://www.helmykediri.com

Related Posts

Post a Comment