Untuk menolong Anda memahami dasar-dasarnya, kita akan membicarakan 2 alat analisis penting yang harus dimiliki setiap pemilik situs, adalah:
Google Search Console (GSC) ialah alat SEO gratis yang menolong webmaster melihat kinerja situs mereka di Google Penelusuran dan pengoptimalan visibilitas situs
(perlu dikenali: Untuk mempersiapkan GSC, Anda harus apalagi dahulu menyertakan situs dan memverifikasi kepemilikan situs.) datangi https://search.google.com/search-console untuk menambahkan situs dan ikti isyarat yanga ada.
GSC berisikan beberapa hidangan mulai dari rangkuman dari kinerja situs hingga laporan duduk perkara kristis yang mesti diperbaiki
• Performa – memberi pengetahuan wacana tampilan situs di hasil Google Penelusuran
• Inspeksi URL – memberi info ihwal indeks halaman Google dari setiap post
• Cakupan – Menunjukkan halaman yang diindeks dan melaporkan jika ada problem pengindeksan
• Peta Situs – memungkinkan pengguna untuk menyertakan peta situs baru dan menyaksikan kiriman URL atau persoalan yang ada
• Penghapusan – berfungsi untuk memblokir sementara atau menghapus halaman dari hasil penelusuran
• Penyempurnaan – memperlihatkan berita tentang penyempurnaan mirip AMP, tautan situs, news dll.
• Tindakan manual – Menunjukan apakah situs menerima penalti manual dari Google atau tidak
• Masalah keamanan – Melaporkan problem keselamatan yang terdekteksi, bengkak malware dsb
• Tautan – memperlihatkan gambaran umum tentang Internal link dan external yang terkait
Laporan kinerja situs
Laporan Kinerja menawarkan gambaran rinci ihwal kinerja situs di Google pencarian. Ini terdiri dari tiga fungsi utama yang dapat di analisis untuk menyaksikan data yang Anda butuhkan;
1. Filter teratas – memilih jenis pencarian, rentang tanggal, dan grafik
2. Metrik – 4 metrik utama; klik, tayangan, RKT, dan posisi rata-rata
3. Tab dengan tabel data – menentukan data menurut kueri, negara hadirin dll yang dikehendaki dalam tabel.


Selain data dasar perihal kueri pencarian dan halaman teratas, laporan kinerja adalah aspek penting dari berbagai pengetahuan yang lebih mendalam ihwal kinerja situs pada pencarian Google. Mari kita lihat beberapa fitur penggunaan khusus:
Memecahkan masalah penurunan kinerja
Saat menganalisis pergantian kinerja situs, coba peroleh akar masalahnya dengan menyelidiki berbagai hidangan untuk memperoleh apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya penurunan grafik. Terkadang kinerja situs secara keseluruhan mampu dipengaruhi oleh problem sepele; mengganti tag negara, penurunan peringkat dari beberapa kata kunci akibat isi konten sudah kadaluarsa atau error akhir tautan mati 404 pada struktur pembangun template
Buat perbandingan menurut kerangka waktu (Filter tanggal-bulan-tahun ) untuk menyaksikan pergantian terbesar jikalau dibandingkan kurun sebelumnya.
Temukan halaman yang membutuhkan pengoptimalan RKT
Lihat kueri yang berkinerja terburuk biasanya mempunyai rasio klik-tayangan rendah, ini dapat dilihat melalui metrik RKT rata-rata atau membandingkan jumlah tayangan dan klik.
Ada kemungkinan besara Anda mampu memajukan RKT dengan menulis tag judul dan deskipsi meta yang lebih baik untuk halaman yang diberi peringkat
Bandingkan kinerja situs di dekstop dan seluler
Difilter bagian atas, pilih sajian perangkat dan pilih sub Bandingkan. Anda akan menyaksikan perbandingan kinerja situs di dekstop dan seluler lalu ambil langkah yang sempurna untuk memaksimalkan situs
Temukan kata kunci yang dapat di rangking dengan gampang
Di tabel grafik, gunakan filter hanya untuk menampilkan kueri yang diperingkat pada posisi 20 atau kurang
Setelah menemukan kata kunci tersebut, alihkan ke tab "halaman" untuk menyaksikan halaman yang diberi peringkat untuk itu. Ini mungkin ialah halaman yang cuma memerlukan sedikit meningkatkan secara optimal untuk menerima peringkat #1
Lihat apakah Anda mampu mengembangkan halaman yang menargetkatkan keyword , atau menciptakan konten gres yang lebih baik.
Bandingkan pencarian bermerek dan yang tidak
Anda dapat menggunakan filter teratas untuk menampilkan kueri yang menyertakan nama merek (, Mas Badak, Suhu SEO Dua etc). Anda akan menyaksikan seberapa banyak trafik yang berasal dari keyword bermerek dan bagaimana kinerja kata kunci tersebut di Google Penelusuran.
2. Google Analytics (GA)
Ini adalah alat analisis situs gratis yang melacak dan melaporkan trafik serta sikap pengguna. Masalahnya, banyak pemula yang kebingungan saat membuka GA (padahal sederhana banget interfacenya), ini wajar dikarenakan ada banyak laporan, ada banyak metrik, banyak grafik yang berbeda dan navigasi yang terlihat rumit.
Jenis data apa yang mampu didapatkan di Google Analytics?
GA berisikan berbagai laporan. Pada beranda menampilkan rangkuman singkat wacana metrik kinerja dasar. Untuk menyaksikan lebih banyak, Anda mampu menavigasi ke laporan jelas.
Laporan dibagi menjadi 5 klasifikasi utama berdasarkan jenis data yang mereka berikan, Anda dapat menemukannya di menu navigasi sebelah kiri.
Kita jelaskan sedikit wacana hidangan navigasi
• Real-Time – kegiatan pengguna mirip yang terjadi secara real time
• Audiens – Semua yang perlu diketahui ihwal latar belakang hadirin
• Akuisisi – asal trafik dan halaman perujuk teratas
• Perilaku – wacana yang dikerjakan hadirin
• Konversi – detail perihal bagaimana pengunjung mengkonversi, misalnya pembelian, langganan, klik tautan dll.
Ringkasan data
Disetiap laporan. Anda mampu mensegmentasikan data lebih lanjut untuk melihat hasil terperinci berdasarkan kebutuhan spesifik. Segmentasi dan pemfilteran sangat penting dalam memilih data yang tepat untuk analisis Anda.
Rentang tanggal
Memilih kerangka waktu yang tepat yaitu hal pertama yang mesti Anda kerjakan dikala mengoptimasi dengan layanan analitik apapun. Anda dapat mengidentifikasi setiap laporan dengan menentukan rentang tanggal di kanan atas. Ini memungkinkan Anda untuk menyaksikan kemajuan data dalam kerangka waktu tertentu atau membandingkan dua era waktu.
Segmen
Segmen yakni sub-kumpulan banyak sekali data di GA. Anda dapat memilih salah satu segmen kriteria, contohnya trafik organik, trafik dari seluler atau membuat dan menyimpan yang baru untuk mempercepat pekerjaan Anda. Anda dapat membuat segmen tertentu yang hanya akan memperlihatkan trafik blog organik sehingga dapat menganalisis jangkauan organik postingan Anda secara terpisah dari halaman lain.
Berikut performa pengaturannya
Dimensi sekunder
Dimensi sekunder yakni dimensi embel-embel yang mampu disertakan ke dimensi utama dari laporan yang diberikan. Dalam semua laporan halaman yang menampilkan halaman teratas, Anda dapat menyertakan dimensi sekunder jenis pengguna untuk menyaksikan proposi pengunjung gres vs pengunjung kembali untuk setiap halaman.
Pencarian
Ada opsi penelusuran sederhana di atas setiap tabel untuk memfilter hasil.
Laporan yang paling memiliki kegunaan
Untuk menerangkan semua fitur dan laporan data yang ada di GA, mungkin Anda membutuhkan bimbingan komplemen. Tetapi pada kenyataannya, pengguna pemula akan baik-baik saja dengan tetap berpedoman pada beberapa laporan dasar.
Berikut beberapa yang harus diperhatikan;
1.Lihat halaman yang paling banyak dikunjungi
Perilaku-konten situs-semua halaman
Laporan semua halaman yaitu laporan paling dasar dan salah satu alasan utama kebanyakan orang memakai GA – untuk melihat berapa banyak trafik yang didapat halaman.
Ini sungguh menolong dalam menentukan apa yang disukai pengguna dikala mengunjungi situs Anda dan menciptakan keputusan wacana halaman apa yang perlu diperbaiki.
1.Lihat halaman pertama yang dikunjungi
Perilaku-konten situs-halaman kode
Laporan halaman kode sungguh mirip dengan laporan semua halaman, namun hanya memperlihatkan laman teratas yang dipakai pengunjung untuk masuk ke situs.
Ini juga merupakan laporan yang cantik untuk dipakai dikala menganalisis trafik organik dari Google (halaman yang dikunjungi dengan mengklik dari pencarian senantiasa ialah halaman instruksi).
2.Temukan sumber trafik
Akuisisi-semua trafik
Anda perlu juga mengenali darimana trafik berasal, laporan semua trafik mencakup aneka macam bagian;
•Saluran – lihat persentase trafik berdasarkan jalan masuk trafik paling biasa , mirip; organik, rujukan, medsos dll.
•Sumber/media – lihat asal trafik dan kategori sumber, misalnya; Google (organik), Bing (organik).
•Rujukan – lihat halaman teratas yang merujuk trafik ke situs Anda.
Misalnya, Anda melihat lonjakan trafik
Anda dapat membuka laporan Sumber/media, membandingkan dua abad waktu untuk melihatmkombinasi sumber media yang mempunyai peningkatan pengguna paling besar jika dibandingkan dengan era waktu sebelumnya.
Setelah Anda menemukannya, Anda dapat menambahkan bebagai dimensi sekumder untuk memperoleh gosip lebih lanjut, contohnya; sekunder halaman isyarat untuk melihat laman yang pertama dimasuki oleh pengunjung atau dimensi sekunder negara.
3.Kenali pengunjung
Audiens-Demografi;audiens-gender-lokasi
GA dapat memberi wawasan tentang audiens. Yang berguna adalah demografi; usia, jenis kelamin dan lokasi. Berikut performa laporan yang dimaksud:
Metrik yang paling memiliki kegunaan
GA hadir dengan aneka macam metrik yang mengukur tiga hal:
•Metrik akuisisi – berapa banyak trafik yang di peroleh
•Metrik perilaku – Bagaimana orang terlibat dengan situs
•Metrik konversi – pencapaian sasaran
Metrik akuisisi trafik
Metrik akuisisi trafik paling biasa dan sering membingungkan, jadi kita diskusikan sedikit perbedaan.
1.Pengguna
Pengguna yaitu hadirin individu ke situs Anda, lebih banyak kunjungan dari
pengguna yang serupa tidak memajukan jumlah pengguna.
2.Sesi
Sesi periode waktu ketika pengguna secara aktif menjelajahi situs.
3.Tampilan halaman
Tampilan halaman dihitung setiap kali pengguna mengunjungi halaman, bila halaman dikunjungi oleh satu pengguna, beberapa penampilan halaman akan dijumlah, sehingga tampilan halaman selalu lebih tinggi dsri pada jumlah sesi atau pengguna,
Metrik keteribatan yang mempesona yaitu presentase pengunjun yang kembali. Anda mampu menemukannya di ikhtisar audiens.
Tingkat Bouncing / rasio pentalan
Metrik rasio pentalan menawarkan presentase pengunjung yang meninggalkan situs tanpa langkah-langkah apapun. Rasio pentalan yang tinggi tidak senantiasa ialah hal yang jelek, namun secara umum yaitu baik jika rasio pentalan rendah.
Halaman per sesi
Metrik ini memberikan berapa banyak halaman yang dikunjungi penguna dalam satu sesi.
Metrik halaman per sesi mampu menjadi indikator yang baik dari keseluruhan keterlibatan. Untuk memajukan rasio, pikirkan perihal cara cara menciptakan pengunjung mengklik halaman lain.
•Tambahkan postingan produk (bila ada)
•Masukan kota “bacaan lebih lanjut”
•Buat tautan ke halaman yang berhubungan dalam teks jangkar
Waktu rata-rata/ durasi sesi
Kedua metrik berbasis waktu di GA memiliki problem dalam hal akurasi, jadi tutorial ini tidak menyarankan untuk mempesona kesimpulan besar menurut dua metrik ini. Jika Anda ingin memilih salah satunya, waktu rata-rata di halaman adalah indikator yang lebih baik tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda.
Pelacakan peringkat
Pelacakan peringkat ialah proses memantau kinerja situs di mesin pencari untuk kata kunci paling penting. Tidak seperti Google Search Console dan Google Analytics, pelacak peringkat lazimnya merupakan alat yang jauh lebih sederhana namun sungguh efektif
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan menuntaskan bab ini dengan beberapa tips wacana cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat pertumbuhan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu melihat citra yang lebih besar dibandingkan dengan terobsesi dengan setiap pergantian kecil saban hari. Disisi lain, Anda nyaris tidak pernah bisa mempesona kesimpulan dari laporan patokan jikalau ada pergantian yang tidak disangka-sangka.
Aturan analitik pertama yaitu selalu menggali sedalam mungkin untuk memperoleh akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap saat, tetapi ada baiknya untuk memiliki citra dasar untuk menghindari salah tafsir data.
Selalu berusaha untuk mengetahui konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja tetapi cari alasan mengapa Anda mesti melakukannya. Misalnya, saat menjajal memecahkan masalah penurunan peringkat, mungkin ada banyak sekali alasan, baik internal maupun eksternal;
•Perubahan modern di situs
•Pembaruan algoritma Google
•Masalah teknis atau penghentian situs
•Tindakan manual Google
•Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pemahaman yang lebih baik ihwal dilema ini – yang berarti Anda akan dapat menciptakan keputusan yang tepat dan mengambil langkah berikutnya.
Gunakan anotasi untuk menyertakan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan menolong Anda menciptakan anotasi untuk menyertakan kontek ke dhasbor analitik.
Anda mampu memberi anotasi ada tindakan atau peristiwa tertentu untuk melihat apakah langkah-langkah tersebut memengaruhi kinerja situs, sebagai teladan;
•Pembaruan algoritma Google
•Setiap pergeseran signifikan di situs
•Pembaruan artikel
•Memulai kampanye pemasaran
•Masalah dan penghentian situs
Siapkan peringatan untuk diberitahu ihwal pergeseran dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk menertibkan peringatan email yang akan memberitahu Anda bila keadaan tertentu terpenuhi. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap menerima informasi apabila ada perubahan dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menanti pada layar tabel data.
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan mengakhiri bab ini dengan beberapa tips wacana cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat perkembangan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu menyaksikan citra yang lebih besar daripada terobsesi dengan setiap perubahan kecil setiap hari. Disisi lain, Anda nyaris tidak pernah bisa menarik kesimpulan dari laporan tolok ukur jikalau ada pergantian yang tidak terduga.
Aturan analitik pertama yaitu senantiasa menggali sedalam mungkin untuk mendapatkan akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap dikala, tetapi ada baiknya untuk memiliki gambaran dasar untuk menyingkir dari salah tafsir data.
Selalu berupaya untuk memahami konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja namun cari argumentasi mengapa Anda mesti melakukannya. Misalnya, dikala mencoba memecahkan masalah penurunan peringkat, mungkin ada aneka macam alasan, baik internal maupun eksternal;
•Perubahan modern di situs
•Pembaruan algoritma Google
•Masalah teknis atau penghentian situs
•Tindakan manual Google
•Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pengertian yang lebih baik wacana problem ini – yang mempunyai arti Anda akan dapat membuat keputusan yang sempurna dan mengambil langkah berikutnya.
Gunakan anotasi untuk menyertakan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan membantu Anda menciptakan anotasi untuk menambahkan kontek ke dhasbor analitik.
Anda mampu memberi anotasi ada tindakan atau kejadian tertentu untuk melihat apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs, sebagai teladan;
•Pembaruan algoritma Google
•Setiap pergeseran signifikan di situs
•Pembaruan postingan
•Memulai kampanye penjualan
•Masalah dan penghentian situs
Siapkan perayaan untuk diberitahu ihwal pergantian dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk mengontrol perayaan email yang mau menginformasikan Anda kalau keadaan tertentu terpenuhi. Ini yakni cara yang bagus untuk tetap menerima gosip apabila ada perubahan dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menunggu pada layar tabel data.
www3.Helmykediricom,
Post a Comment
Post a Comment