Untuk membantu Anda mengetahui dasar-dasarnya, kita akan membicarakan 2 alat analisis penting yang harus dimiliki setiap pemilik situs, yakni:
Google Search Console (GSC) yaitu alat SEO gratis yang menolong webmaster menyaksikan kinerja situs mereka di Google Penelusuran dan pengoptimalan visibilitas situs
(perlu dikenali: Untuk mempersiapkan GSC, Anda harus apalagi dulu menyertakan situs dan memverifikasi kepemilikan situs.) datangi https://search.google.com/search-console untuk menambahkan situs dan ikti petunjuk yanga ada.
GSC berisikan beberapa sajian mulai dari rangkuman dari kinerja situs sampai laporan dilema kristis yang mesti diperbaiki
• Performa – memberi pengetahuan wacana tampilan situs di hasil Google Penelusuran
• Inspeksi URL – memberi gosip ihwal indeks halaman Google dari setiap post
• Cakupan – Menunjukkan halaman yang diindeks dan melaporkan jika ada problem pengindeksan
• Peta Situs – memungkinkan pengguna untuk menyertakan peta situs baru dan melihat kiriman URL atau duduk perkara yang ada
• Penghapusan – berfungsi untuk memblokir sementara atau meniadakan halaman dari hasil pencarian
• Penyempurnaan – memperlihatkan info tentang penyempurnaan mirip AMP, tautan situs, news dll.
• Tindakan manual – Menunjukan apakah situs menerima penalti manual dari Google atau tidak
• Masalah keselamatan – Melaporkan problem keamanan yang terdekteksi, bengkak malware dsb
• Tautan – memperlihatkan gambaran umum tentang Internal link dan external yang terkait
Laporan kinerja situs
Laporan Kinerja menawarkan gambaran rinci perihal kinerja situs di Google penelusuran. Ini terdiri dari tiga fungsi utama yang dapat di analisis untuk melihat data yang Anda perlukan;
1. Filter teratas – menentukan jenis pencarian, rentang tanggal, dan grafik
2. Metrik – 4 metrik utama; klik, tayangan, RKT, dan posisi rata-rata
3. Tab dengan tabel data – menentukan data menurut kueri, negara hadirin dll yang diharapkan dalam tabel.


Selain data dasar tentang kueri penelusuran dan halaman teratas, laporan kinerja adalah faktor penting dari banyak sekali pengetahuan yang lebih mendalam tentang kinerja situs pada pencarian Google. Mari kita lihat beberapa fitur penggunaan khusus:
Memecahkan duduk perkara penurunan kinerja
Saat menganalisis pergeseran kinerja situs, coba temukan akar masalahnya dengan mengusut berbagai menu untuk memperoleh apa sebenarnya yang menjadikan terjadinya penurunan grafik. Terkadang kinerja situs secara keseluruhan dapat dipengaruhi oleh masalah sepele; mengganti tag negara, penurunan peringkat dari beberapa kata kunci akibat isi konten telah kadaluarsa atau error akhir tautan mati 404 pada struktur pembangun template
Buat perbandingan berdasarkan kerangka waktu (Filter tanggal-bulan-tahun ) untuk melihat pergeseran terbesar bila dibandingkan abad sebelumnya.
Temukan halaman yang membutuhkan pengoptimalan RKT
Lihat kueri yang berkinerja terburuk biasanya memiliki rasio klik-tayangan rendah, ini mampu dilihat lewat metrik RKT rata-rata atau membandingkan jumlah tayangan dan klik.
Ada kemungkinan besara Anda dapat memajukan RKT dengan menulis tag judul dan deskipsi meta yang lebih baik untuk halaman yang diberi peringkat
Bandingkan kinerja situs di dekstop dan seluler
Difilter bab atas, pilih menu perangkat dan pilih sub Bandingkan. Anda akan melihat perbandingan kinerja situs di dekstop dan seluler lalu ambil langkah yang sempurna untuk memaksimalkan situs
Temukan kata kunci yang dapat di rangking dengan gampang
Di tabel grafik, gunakan filter hanya untuk menampilkan kueri yang diperingkat pada posisi 20 atau kurang
Setelah memperoleh kata kunci tersebut, alihkan ke tab "halaman" untuk melihat halaman yang diberi peringkat untuk itu. Ini mungkin ialah halaman yang hanya memerlukan sedikit meningkatkan secara optimal untuk mendapatkan peringkat #1
Lihat apakah Anda dapat mengembangkan halaman yang menargetkatkan kata kunci, atau menciptakan konten gres yang lebih baik.
Bandingkan pencarian bermerek dan yang tidak
Anda dapat memakai filter teratas untuk memperlihatkan kueri yang menyertakan nama merek (, Mas Badak, Suhu SEO Dua etc). Anda akan menyaksikan seberapa banyak trafik yang berasal dari kata kunci bermerek dan bagaimana kinerja kata kunci tersebut di Google Penelusuran.
2. Google Analytics (GA)
Ini ialah alat analisis situs gratis yang melacak dan melaporkan trafik serta sikap pengguna. Masalahnya, banyak pemula yang kebingungan ketika membuka GA (padahal sederhana banget interfacenya), ini wajar dikarenakan ada banyak laporan, ada banyak metrik, banyak grafik yang berlawanan dan navigasi yang terlihat rumit.
Jenis data apa yang mampu didapatkan di Google Analytics?
GA berisikan banyak sekali laporan. Pada beranda menampilkan rangkuman singkat tentang metrik kinerja dasar. Untuk melihat lebih banyak, Anda mampu menavigasi ke laporan terang.
Laporan dibagi menjadi 5 klasifikasi utama berdasarkan jenis data yang mereka berikan, Anda dapat menemukannya di sajian navigasi sebelah kiri.
Kita jelaskan sedikit ihwal hidangan navigasi
• Real-Time – acara pengguna seperti yang terjadi secara real time
• Audiens – Semua yang perlu dimengerti ihwal latar belakang hadirin
• Akuisisi – asal trafik dan halaman perujuk teratas
• Perilaku – perihal yang dikerjakan hadirin
• Konversi – detail perihal bagaimana pengunjung mengkonversi, contohnya pembelian, langganan, klik tautan dll.
Ringkasan data
Disetiap laporan. Anda mampu mensegmentasikan data lebih lanjut untuk melihat hasil terang berdasarkan kebutuhan spesifik. Segmentasi dan pemfilteran sangat penting dalam memilih data yang tepat untuk analisis Anda.
Rentang tanggal
Memilih kerangka waktu yang tepat yakni hal pertama yang harus Anda kerjakan ketika mengoptimasi dengan layanan analitik apapun. Anda dapat mengidentifikasi setiap laporan dengan menentukan rentang tanggal di kanan atas. Ini memungkinkan Anda untuk melihat perkembangan data dalam kerangka waktu tertentu atau membandingkan dua periode waktu.
Segmen
Segmen ialah sub-kumpulan banyak sekali data di GA. Anda dapat menentukan salah satu segmen kriteria, misalnya trafik organik, trafik dari seluler atau membuat dan menyimpan yang baru untuk mempercepat pekerjaan Anda. Anda dapat menciptakan segmen tertentu yang hanya akan memperlihatkan trafik blog organik sehingga dapat menganalisis jangkauan organik postingan Anda secara terpisah dari halaman lain.
Berikut tampilan pengaturannya
Dimensi sekunder
Dimensi sekunder yakni dimensi komplemen yang mampu ditambahkan ke dimensi utama dari laporan yang diberikan. Dalam semua laporan halaman yang memperlihatkan halaman teratas, Anda dapat menyertakan dimensi sekunder jenis pengguna untuk melihat proposi pengunjung baru vs hadirin kembali untuk setiap halaman.
Pencarian
Ada opsi penelusuran sederhana di atas setiap tabel untuk memfilter hasil.
Laporan yang paling memiliki kegunaan
Untuk menjelaskan semua fitur dan laporan data yang ada di GA, mungkin Anda memerlukan tutorial perhiasan. Tetapi pada kenyataannya, pengguna pemula akan baik-baik saja dengan tetap berpedoman pada beberapa laporan dasar.
Berikut beberapa yang harus diperhatikan;
1.Lihat halaman yang paling banyak dikunjungi
Perilaku-konten situs-semua halaman
Laporan semua halaman adalah laporan paling dasar dan salah satu alasan utama kebanyakan orang menggunakan GA – untuk melihat berapa banyak trafik yang didapat halaman.
Ini sungguh menolong dalam menentukan apa yang disenangi pengguna saat mengunjungi situs Anda dan membuat keputusan tentang halaman apa yang perlu diperbaiki.
1.Lihat halaman pertama yang dikunjungi
Perilaku-konten situs-halaman aba-aba
Laporan halaman kode sangat mirip dengan laporan semua halaman, tetapi cuma menampilkan laman teratas yang dipakai pengunjung untuk masuk ke situs.
Ini juga merupakan laporan yang bagus untuk digunakan ketika menganalisis trafik organik dari Google (halaman yang dikunjungi dengan mengklik dari pencarian senantiasa merupakan halaman instruksi).
2.Temukan sumber trafik
Akuisisi-semua trafik
Anda perlu juga mengetahui darimana trafik berasal, laporan semua trafik mencakup aneka macam bab;
•Saluran – lihat persentase trafik berdasarkan akses trafik paling umum, mirip; organik, tumpuan, medsos dll.
•Sumber/media – lihat asal trafik dan kategori sumber, misalnya; Google (organik), Bing (organik).
•Rujukan – lihat halaman teratas yang merujuk trafik ke situs Anda.
Misalnya, Anda menyaksikan lonjakan trafik
Anda mampu membuka laporan Sumber/media, membandingkan dua abad waktu untuk melihatmkombinasi sumber media yang memiliki kenaikan pengguna terbesar kalau dibandingkan dengan kala waktu sebelumnya.
Setelah Anda menemukannya, Anda mampu menyertakan bebagai dimensi sekumder untuk menemukan berita lebih lanjut, misalnya; sekunder halaman isyarat untuk melihat laman yang pertama dimasuki oleh pengunjung atau dimensi sekunder negara.
3.Kenali pengunjung
Audiens-Demografi;audiens-gender-lokasi
GA mampu memberi pengetahuan tentang audiens. Yang bermanfaat yaitu demografi; usia, jenis kelamin dan lokasi. Berikut tampilan laporan yang dimaksud:
Metrik yang paling berkhasiat
GA hadir dengan aneka macam metrik yang mengukur tiga hal:
•Metrik akuisisi – berapa banyak trafik yang di peroleh
•Metrik perilaku – Bagaimana orang terlibat dengan situs
•Metrik konversi – pencapaian sasaran
Metrik akuisisi trafik
Metrik akuisisi trafik paling umum dan sering membingungkan, jadi kita bahas sedikit perbedaan.
1.Pengguna
Pengguna yaitu pengunjung individu ke situs Anda, lebih banyak kunjungan dari
pengguna yang serupa tidak mengembangkan jumlah pengguna.
2.Sesi
Sesi kala waktu ketika pengguna secara aktif menjelajahi situs.
3.Tampilan halaman
Tampilan halaman dihitung setiap kali pengguna mendatangi halaman, jika halaman dikunjungi oleh satu pengguna, beberapa performa halaman akan dihitung, sehingga performa halaman senantiasa lebih tinggi dsri pada jumlah sesi atau pengguna,
Metrik keteribatan yang menarik yakni presentase pengunjun yang kembali. Anda bisa menemukannya di ikhtisar audiens.
Tingkat Bouncing / rasio pentalan
Metrik rasio pentalan memberikan presentase pengunjung yang meninggalkan situs tanpa tindakan apapun. Rasio pentalan yang tinggi tidak senantiasa merupakan hal yang jelek, namun secara umum yaitu baik kalau rasio pentalan rendah.
Halaman per sesi
Metrik ini memperlihatkan berapa banyak halaman yang dikunjungi penguna dalam satu sesi.
Metrik halaman per sesi dapat menjadi indikator yang baik dari keseluruhan keterlibatan. Untuk meningkatkan rasio, pertimbangkan tentang cara cara menciptakan pengunjung mengklik halaman lain.
•Tambahkan artikel produk (bila ada)
•Masukan kota “bacaan lebih lanjut”
•Buat tautan ke halaman yang relevan dalam teks jangkar
Waktu rata-rata/ durasi sesi
Kedua metrik berbasis waktu di GA mempunyai masalah dalam hal akurasi, jadi bimbingan ini tidak menyarankan untuk mempesona kesimpulan besar menurut dua metrik ini. Jika Anda ingin menentukan salah satunya, waktu rata-rata di halaman ialah indikator yang lebih baik tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda.
Pelacakan peringkat
Pelacakan peringkat yaitu proses memantau kinerja situs di mesin telusur untuk kata kunci terpenting. Tidak seperti Google Search Console dan Google Analytics, pelacak peringkat lazimnya merupakan alat yang jauh lebih sederhana namun sangat efektif
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan menyelesaikan bagian ini dengan beberapa kiat tentang cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat kemajuan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu menyaksikan citra yang lebih besar daripada terobsesi dengan setiap pergeseran kecil setiap hari. Disisi lain, Anda nyaris tidak pernah mampu menawan kesimpulan dari laporan kriteria jika ada pergantian yang tidak disangka-sangka.
Aturan analitik pertama adalah selalu menggali sedalam mungkin untuk menemukan akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap saat, namun ada baiknya untuk memiliki citra dasar untuk menghindari salah tafsir data.
Selalu berusaha untuk mengetahui konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja tetapi cari argumentasi mengapa Anda mesti melakukannya. Misalnya, saat mencoba memecahkan masalah penurunan peringkat, mungkin ada berbagai alasan, baik internal maupun eksternal;
•Perubahan modern di situs
•Pembaruan algoritma Google
•Masalah teknis atau penghentian situs
•Tindakan manual Google
•Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pengertian yang lebih baik wacana persoalan ini – yang mempunyai arti Anda akan mampu menciptakan keputusan yang tepat dan mengambil langkah berikutnya.
Gunakan anotasi untuk menambahkan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan membantu Anda menciptakan anotasi untuk menyertakan kontek ke dhasbor analitik.
Anda dapat memberi anotasi ada langkah-langkah atau peristiwa tertentu untuk menyaksikan apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs, selaku teladan;
•Pembaruan algoritma Google
•Setiap pergeseran signifikan di situs
•Pembaruan postingan
•Memulai kampanye pemasaran
•Masalah dan penghentian situs
Siapkan perayaan untuk diberitahu ihwal pergantian dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk mengatur perayaan email yang akan memberi tahu Anda bila kondisi tertentu terpenuhi. Ini yaitu cara yang elok untuk tetap mendapat isu apabila ada pergeseran dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menunggu pada layar tabel data.
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan menuntaskan bagian ini dengan beberapa tips tentang cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat pertumbuhan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu menyaksikan gambaran yang lebih besar dibandingkan dengan terobsesi dengan setiap pergeseran kecil setiap hari. Disisi lain, Anda nyaris tidak pernah mampu menarik kesimpulan dari laporan standar jikalau ada pergantian yang tidak terduga.
Aturan analitik pertama yaitu selalu menggali sedalam mungkin untuk mendapatkan akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap ketika, namun ada baiknya untuk memiliki citra dasar untuk menghindari salah tafsir data.
Selalu berusaha untuk mengetahui konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja namun cari argumentasi mengapa Anda harus melakukannya. Misalnya, saat menjajal memecahkan problem penurunan peringkat, mungkin ada banyak sekali alasan, baik internal maupun eksternal;
•Perubahan modern di situs
•Pembaruan algoritma Google
•Masalah teknis atau penghentian situs
•Tindakan manual Google
•Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pengertian yang lebih baik ihwal masalah ini – yang bermakna Anda akan mampu membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah berikutnya.
Gunakan anotasi untuk menambahkan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan membantu Anda membuat anotasi untuk menambahkan kontek ke dhasbor analitik.
Anda mampu memberi anotasi ada langkah-langkah atau peristiwa tertentu untuk menyaksikan apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs, selaku pola;
•Pembaruan algoritma Google
•Setiap perubahan signifikan di situs
•Pembaruan postingan
•Memulai kampanye penjualan
•Masalah dan penghentian situs
Siapkan perayaan untuk diberitahu perihal perubahan dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk menertibkan peringatan email yang akan memberi tahu Anda bila kondisi tertentu tercukupi. Ini ialah cara yang bagus untuk tetap mendapat gosip jika ada pergantian dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menanti pada layar tabel data.
www3.Helmykediricom,
Post a Comment
Post a Comment