Report Abuse

Stats

Comment

Optimasi Seo Onpage Pada Blog (Praktek Teknis)

Post a Comment

Tautan internal

- Tautan internal ialah praktik SEO yang sering diabaikan karena biasanya template bawaan sudah menyertakan fitur related post terkait

Backlink atau eksternal link sungguh penting dalam SEO, dan memiliki struktur Internal link juga sama pentingnya, sebab:

Tautan internal mengembangkan kesanggupan perayapan situs. Jika halaman Anda saling terkait dengan baik, crawler mesin telusur lebih mudah untuk memperoleh dan mengindeks semua halaman situs.

Tautan internal meningkatkan UX dan keterlibatan. Memiliki navigasi yang jelas menciptakan pengunjung lebih gampang menemukan apa yang mereka perlukan. Dengan tautan kontekstual yang berkaitan, mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan membaca konten di situs Anda.

Tautan internal dapat memajukan peringkat. Tautan internal juga melewati ekuitas tautan. Jika halaman memiliki banyak tautan internal yang relevan dengan anchortext deskriptif, Google akan memahami halaman tertaut dengan lebih baik, dan menganggapnya penting dalam struktur halaman dan membuatnya lebih menonjol.

Perhatikan gambar berikut ini:

1. Terapkan caching

Caching adalah proses di mana bab halaman di ingat oleh server Anda dan browser hadirin untuk menghemat pemuatan berikutnya agar lebih cepat.

Dua jenis caching:

• Caching browser – Cache dijalankan di segi pengguna, jikalau situs menggunakan WP, Anda dapat memakai salah satu dari banyak plugin seperti WP Rocket atau W3 Total Cache (gunakan salah satu).

• Caching sisi server – berlangsung pada tingkat yang lebih rendah dan lebih efektif, umumnya disediakan oleh layanan hosting.

2. Pertimbangkan AMP

Teknologi Accelerated Mobile Pages atau AMP memungkinkan konten diangkut lebih singkat di perangkat seluler. Dalam praktiknya, ini memiliki arti disajikan dalam versi halaman yang lebih sederhana di smartphone. Ini sangat berkhasiat situs yang penuhkonten mirip majalah, isu atau blog yang situs lebih besar. Untuk pengguna Wordpress, ada plugin AMP resmi untuk menolong dalam implementasi.

3. Batasi skrip pihak ketiga

Setiap skrip pihak ketiga yang dipakai disitus senantiasa menyertakan sementara waktu yang diharapkan untuk menampung halaman. Ini termasuk:

 Plugin Wordpress
 Skrip analisis dan SEO Engine
 Layanan komentar (contohnya Disqus)
 Widget obrolan

Itu bukan bermakna Anda tidak boleh menggunakannya, cukup ikuti aturan ini:

 Gunakan cuma yang betul-betul diharapkan. Ini sungguh penting dengan plugin WP. Jangan gunakan plugin khusus untuk setiap fitur kecil di situs Anda. Terlau banyak plugin dapat memperlambat pemuatan situs.

 Jika memungkinkan, tunda penggunaan skrip pihak ketiga sehingga skrip tersebut dimuat cuma sehabis beberapa detik atau saat hadirin menggulir halaman ke bawah. Ini mampu dipraktekkan pada layanan komentar serta widget obrolan.

4. Optimalkan Gambar

Baik di Worpress dan Blogger, file gambar besar adalah salah satu aspek paling biasa yang menyebabkan lambatnya pemuatan halaman.

Berikutbeberapapraktik pengoptimalan gambar yang harus Anda ikutiuntuk memastikan ukuran gambar tidak terlampau besar.
 
a. Gunakan jenis file yang sempurna
Menggunakan jenis file gambar yang tepat dapat membantu kualitas gambar tampaklebih baik dan menghemat ukuran file.

JPEG – foto
PNG – gambar garis, tangkapan layar, gambar yang berisi text GIF – gambar animasi
SVG – logo, ikon, gambaran sederhana *saran

Format yang lain ; WebP, JPEG 2000, JPEG XR. Namun, beberapa browser belum memperlihatkan pemberian sarat pada ketiga jenis file ini.

Lihatlah bimbingan sederhana ini untuk memilih jenis file gambar yang sempurna


c. Kompres gambar
Kompresi gambar yaitu proses yang menetralisir beberapa data gambar tidak butuhsambil mempertahankan kualitas.
 
Anda dapat melakukannya secara manual dan mencoba mendapatkan rasio terbaik antara mutu dan ukuran file atau mengotomatiskan seluruh proses dengan plugin (contohnya, Imagifi, ShortPixel dan Tiny PNG).

d. Pertimbangkan untuk memakai lazy load
Lazy Loads ialah proses sederhana di mana konten yang terlihat di header atas halaman diberi prioritas dan sisanya diangkut kemudian. Hali ini sungguh memiliki kegunaan untuk halaman berisi gambar berat.

Teks alternatif (alt) gambar

Teks alt gambar juga disebut tag alt adalah belahan teks dalam arahan HTML yang menerangkan gambar dan muncul jika gambar tidak mampu dimuat. Ini sangat penting alasannya dua alasan berikut;

 Dari sudut pandang UX – pembaca mampu membaca teks alternatif untuk hadirin dengan gangguan pandangan.

 Dari sudut pandang SEO – Teks alt memperlihatkan konteks yang lebih baik untuk perayap alasannya mereka tidak dapat melihat gambar.

Untuk menulis teks alternatif yang baik, harus;
• Deskriptif – Gambarkan gambar dengan cara terbaik
• Singkat – 5 sampai 10 kata diusulkan
• Hindari hanya isian kata kunci – Teks alt bukanlah tempat memasukan kata kunci secara tidak masuk akal.

 Tautan internal adalah praktik SEO yang sering diabaikan karena biasanya template bawaan  Optimasi SEO Onpage Pada Blog (Praktek Teknis)

Selain teks alt, gambar juga mesti menggunakan;
• Nama file gambar deskriptif
• Judul dan deskripsi gambar
• Keterangan (opsional)

Tag judul dan deskripsi meta

Tag judul dan deskripsi meta ialah elemen HTML yang mewakili judul dan deskripsi halaman. Ini ditampilkan pada hasil pencarian atau saat konten dibagikan ke media sosial.

 Tautan internal adalah praktik SEO yang sering diabaikan karena biasanya template bawaan  Optimasi SEO Onpage Pada Blog (Praktek Teknis)

Bagian ini sangat penting dari sudut pandang SEO. Tag judul dan deskripsi meta yang ditulis dengan baik yaitu satu-satunya potensi untuk menarik perhatian penggguna di halaman penelusuran.

Berikut tips menulis tag judul dan deskripsi meta yang baik:

1. Sertakan keyword fokus
Tag judul dan deskripsi meta halaman ialah tempat yang strategis untuk meletakan keyword konsentrasi. Praktik terbaik ialah menempatkan kata kunci konsentrasi di permulaan tag judul. Namun tidak wajib.

2. Hati-hati dengan panjangnya
Batas panjangnya adalah 600px untuk ukuran dan 960 untuk deskripsi meta. Jika terlalu panjang, akan dipotong oleh mesin penelusuran sehingga terlihat tidak terlampau manis dan mampu menurun rasio klik tayang. Jika Anda memakai Yoast SEO, maka panjang tag judul dan deskripsi meta yang direkomendasikan sudah tepat.

3. Menonjol dari kerumunan
Berikut beberapa unsur yang dapat dipakai untuk menciptakan tag judul dan deskripsi meta terlihat unik;
• Pertanyaan,
• Nomor,
• Tahun,
• Kata karakter besar semua,
• Tanda kurung,
• Nama merek.

Cuplikan unggulan

Cuplikan unggulan atau snippet rich adalah hasil pencarian terpilih yang muncul diatas 10 hasil kriteria dalam penelusuran Google. Tujuannya yaitu untuk menjawab pertanyaan pengguna secara pribadi di SERP.

 Tautan internal adalah praktik SEO yang sering diabaikan karena biasanya template bawaan  Optimasi SEO Onpage Pada Blog (Praktek Teknis)

Ada tiga jenis utama cuplikan unggulan:

• Paragraf – Biasanya merupakan jawaban singat wacana bagaimana, siapa, mengapa, kapan atau pertanyaan apa.

• Daftar – Sebagian besar isyarat atau tutorial langkah demi langkah

• Tabel – Sering ditampilkan sebagai grafik perbandingan, tabel data, dan sebagainya.

Dengan memiliki cuplikan unggulan, Anda dapat memenangkan pesaing meskipun halaman mempunyai poringkat yang rendah.

Banyak halaman yang muncul di cuplikan unggulan tidak menempati peringkat pertama.

Biasanya akan timbul di posisi ke dua atau seterusnya.

Lalu, bagaimana cara menerima cuplikan unggulan yang tepat?

1. Cari keyword dengan cuplikan unggulan
Lakukan observasi keyword berupa pertanyaan, contohnya; bagaimana cara, berapa..... Apa saja, dll.

2. Jawab dahulu pertanyaan
Kunci untuk timbul; di cuplikan unggulan yaitu menjawab pertanyaan sesegera mungkin di halaman. Gaya penulisan ini disebut ‘Piramida terbalik”.

 Tautan internal adalah praktik SEO yang sering diabaikan karena biasanya template bawaan  Optimasi SEO Onpage Pada Blog (Praktek Teknis)

Ini berarti menawarkan definisi apalagi dahulu dan melanjutkannya dengan rincian penunjang.

3. Ikuti jumlah kata yang maksimal
Tidak mungkin menandai teks persis seperti apa yang timbul dalam cuplikan unggulan. Google akan menentukan bab teks konten secara otomatis.
 
Namun, Anda harus mengoptimalkan panjang teks cuplikan yang diasumsikan biar sesuai dengan panjang cuplikan unggulan biasa. Sebagian besar cuplikan unggulan memiliki panjang 40 hingga 50 kata. Dan poin terakhir...

4. Lihat apa yang berhasil dari pesaing
Gunakan fakta dan dapatkan ide dari apa yang sukses pada pesaing Anda. Lihat hal-hal mirip;

• Jenis cuplikan ( paragraf, daftar atau tabel)
• Panjang teks
• Penempatan teks pada konten
• Kemunculan gambar

helmykediri,,,com

Sumber http://www.helmykediri.com

Related Posts

Post a Comment